SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL H
Kerjakan soal-soal berikut secara teliti dengan memilih satu jawaban yang paling tepat!
1. Setiap orang memiliki kedudukan yang sama. Menurut hak asasi manusia perbuatan berikut yang melanggar hak asasi manusia adalah....
a. Membantu korban bencana alam
b. Melecehkan orang dimuka umum
c. Memberikan penghargaan kepada sang juara
d. Menjatuhkan hukuman kepada penjahat
2. Perhatikan data nilai keterampilan berikut!
Nama siswa | Praktek | Proyek | |||
Dina | 80 | 76 | 74 | 78 | - |
Berdasarkan data di atas, maka nilai keterampilan adalah....
a. 80
b. 77
c. 78
d. 79
3. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan guru sebelum menetapkan pembelajaran remedial dan pengayaan, kecuali....
a. Mengidentifikasi materi sesuai tujuan pembelajaran
b. Informasi dari berbagai pihak terkait eserta didik
c. Catatan observasi selama proses pembelajaran
d. Melakukan analisis terkait dengan hasil ulangan harian
4. Salah satu contoh pelaksanaan Hak Asasi manusia di bidang politik adalah....
a. Mendapatkan pengajaran dalam mengembangkan ilmu politik
b. Ikut serta dalam kampanye politik
c. Mengunakan haknya dalam memahai anggran dasar suatu partai
d. Menjadi pemilih pada pemilihan umum setiap 5 tahun sekali
5. Perhatikan tabel di bawah ini!
Nama | T1 | T2 |
Ratna | 65 | 77 |
Aqila | 73 | 77 |
Hanif | 75 | 75 |
Ananda | 68 | 83 |
Aldo | 65 | 81 |
Jika KKM ditetapkan 75, maka kelompok peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar adalah....
a. Ratna, Hanif, Aldo
b. Aqila, Hanif, Aldo
c. Aqila, Hanif, Ananda
d. Ratna, Aqila, Hanif
6. Prinsip hak dasar yang dimiliki oleh manusia, sebagaimana yang tercantum dalam Piagam PBB berikut ini, kecuali....
a. Hak hidup
b. Hak untuk mendapat perlindungan hukum
c. Hak menjadi pejabat negara
d. Hak untuk kemerdekaan hidup
7. Perhatikan data nilai pengetahuan Lila berikut
Nilai PH : 75, 90, 75
Nilai PTS : 70
Nilai PAS : 70
Jika peniaian harian memiliki bobot 2, penilaian tengah semester bobot 1, penilaian akhir semester bobot 1. Berapakah nilai akhir (NA) Lila?
a. 100
b. 80
c. 70
d. 75
8. Pelaksanaan hak asasi manusia pada dasarnya tidak dapat dilaksanakan dengan mutlak, karena....
a. Melanggar hak asasi orang lain
b. Melanggar kewajiban orang lain
c. Tidak disertai dengan kewajiban
d. Bertentangan dengan peraturan
9. Pernyataan berikut ini yang merupakan hak asasi manusia menurut sila kemanusian yan Adil dan Beradab, adalah....
a. Mengembangkan sikap toleransi
b. Mengembangkan sikap takwa kepada Tuhan YME
c. Mengembangkan musyawarah untuk mufakat
d. Sikap mengutamakan kepentingan bangsa
10. Hak asasi manusia dalam kebersamaan dan keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dasar dan motivasi dalam enerapkan hak asasi manusia yang diwujudkan untuk....
a. Terbentuknya masyarakat adil dan makmur
b. Terwujudnya pembangunan nasional yang adil dan merata
c. Terciptanya kerukunan dalam pembangunan nasional
d. Semangat dalam bekerja demi kemakmuran bersama
11. Selain menjalankan tugas pembelajaran di kelas, guru dituntut untuk memiliki kompetensi sosial dalam beriteraksi dengan siswanya. Aplikasi dari kompetensi tersebut adalah....
a. Mengunjungi siswa setiap hari Minggu
b. Memberikan bantuan pembayaran SPP untuk semua siswa
c. Tidak menuntut siswa untuk memiliki buku
d. Tidak diskriminasi terhadap siswanya
12. Berikut ini adalah contoh hak asasi di bidang politik, kecuali....
a. Hak mendirikan parta politik
b. Hak memiliki suatu
c. Hak memilih dalam pemilu
d. Hak dipilih dalam pemilu
13. Piagam Hak Asasi manusia sedunia tercantum dalam....
a. Bill of Right
b. Magna Charta
c. Universal Declarations of Human Right
d. Declarations on Independence
14. Hak asasi manusia yang menyangkut hak hidup, hak kemerdekaan dan hak meiliki sesuatu tidak boleh diganggu gugat, karena....
a. Merupakan hasil perjuangan individu
b. Dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan
c. Diturunkan dari orang tua kandung
d. Merupakan eksintensi manusia
15. Laporan capaian kompetensi pngetahuan pada akhir semester dari ketuntasan minimal diterapkan berdasarkan....
a. Optimum
b. Mediun
c. Rerata
d. Modus
16. Pembelajaran remdial perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran dan metode penilaian yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal ini merupakan prinsip pembelajaran remedial....
a. pemberian umpan balik
b. fleksibel
c. adaptif
d. interaktif
17. Contoh pelanggaran berat hak asasi manusia yang merupakan tindak kejahatan terhadapa manusia adalah...
a. Pembunuhan
b. Perbudakan
c. Pemalsuan dokumen
d. Penipuan
18. Contoh hak asasi manusia dalam penerapan keputusan bersama di lingkungan sekolah di antaranya adalah ....
a. Melaksanakan tugas-tugas sekolah sendiri
b. Memimpin diskusi siswa di sekolah
c. Melaksanakan tugas piket sesuai hasil musyawarah
d. Membayar iuran sekolah tepat waktu
19. Setiap orang berhak memperjuangkan hak pengembangan dirinya, baik secara pribadi maupun kolektif untuk membnagun masyarakat bangsa dan negaranya. Hal ini terdapat di dalam UU....
a. N0 39 tahun 1998
b. No 38 tahun 1999
c. No 39 tahun 2004
d. No 39 tahun 1999
20. Pada pembelajaran pengayaan, guru memberikan project, pengembangan minat dan aktivitas-aktivitas menggugah (playful). Hal tersebut termasuk prinsip....
a. Memperbaiki kompetensi
b. Inovasi
c. Merencanakan metodologi yang luas dan bervariasi
d. Kegiatan yang memperkaya
21. Upaya perlindungan anak perlu dilaksanakan sedini mungkin, yakni....
a. Sejak dari lahir dalam kandungan sampai anak berusia 18 tahun
b. Sejak dari janin dalam kandungan sampai anak berusia 18 tahun saat anak ada di SLTA
c. Sejak dari janin dalam kandungan sampai anak berusia 18 tahun
d. Sejak dari janin dalam kandungan sampai anak akhil baligh
22. Pernyataan berikut ini yang termasuk dalam Hak Asasi Politik adalah....
a. Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan
b. Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi
c. Hak mendapatkan layanan dan perlindungan hukum
d. Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil/PNS
23. Hambatan dalam penegakan hak asasi manusia di negara kita dari proses penuntutan anatara lain adalah ....
a. Semua orang yang peduli terhadap hak asasi manusia berambisi ingin menjadi jaksa
b. Sangat sedikit jaksa yang berpengalaman dalam penuntutan
c. Tidak ada aturan yang tegas dalam hukum acara pelanggaran hak asasi manusia
d. Rekrutmen jaksa adalah hanya orang yang berpengalaman
24. Orang tua, keluarga, dan masyarakat bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara hak asasi manusia sesuai dengan kewajiban yang dibebankan oleh hukum. Hal ini merupakan salah satu....
a. Penjelasan dari Undang-Undang RI No 39 tahun 2002 tentang perlindungan anak
b. Penjelasan dari Undang-Undang RI No 33 tahun 2002 tentang perlindungan anak
c. Penjelasan dari Undang-Undang RI No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak
d. Penjelasan dari Undang-Undang RI No 32 tahun 2002 tentang perlindungan anak
25. Sebelum melaksanakan pembelajaran remedial, guru perlu melakukan identifikasi masalah pembelajaran. Keragaman individu, termasuk permasalahan pada....
a. Keunikan peserta didik
b. Strategi pembelajaran
c. Tenaga pendidik
d. Materi ajar
26. Hak dalam masyarakat yang hanya dapat dinikmati bersama orang lain. Seperti, hak penentuan nasib sendiri, hak memperoleh ganti rugi bagi dan kebebasan yang dilanggar metupakan penggolongan hak asasi dilihat dari aspek....
a. Hak ekonomi
b. Hak kolektif
c. Hak sipil
d. Hak individu
27. Pada penilaian sikap, semua siswa adalah baik. Catatan guru berisi hal-hal yang menonjol. Bagaimana menginterpretasikan data Lila pada sikap peduli, disiplin, dan percaya diri?
Waktu | Catatan perkembangan sikap | Aspek sosial |
15-4-2016 | Lila membantu teman merapihkan bukunya yang berjatuhan | Peduli |
Zarin terlambat masuk sekolah | Disiplin | |
Lea menyanyikan lagu dengan suara nyaring dan penuh penghayatan | Percaya diri |
a. Lila sangat baik untuk sikap peduli. Baik untuk sikap disiplin dan percaya diri
b. Lila baik untuk sikap peduli, disiplin dan percaya diri
c. Lila sangat baik untuk sikap peduli. Perlu bimbinga untuk sikap peduli dan percaya diri
d. Lila baik untuk sikap peduli. Perlu bimbingan untuk sikap disiplin dan percaya diri
28. Pembelajaran remedial adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai....
a. Ketuntasan satu tema
b. Ketuntasan satu subtema
c. Ketuntasan satu pembelajaran (PB)
d. Kompetensi minimal dalam satu KD tertentu
29. Hak untuk memperoleh keadilan (misalnya hak kepastian hukum, persamaan di depan hukum) merupakan jaminan Hak Asasi Manusia dalam UUD 1945 yang di jabarkan dalam....
a. UU RI nomor 40 tahun 1999
b. UU RI nomor 38 tahun 1999
c. UU RI nomor 39 tahun 1999
d. UU RI nomor 49 tahun 1999
30. Landasan ideal pelindungan hak asasi manusia di negara kita adalah ...
a. Pancasila
b. TAP MPR XXVII/1998
c. UUD 1945
d. UU HAM no 39/1999
31. Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau merendahkan derajat dan martabat manusia. Merupakan isi substansi hak asasi manusia yang berkaitan dengan hak ...
a. Kemerdekaan
b. Keadilan
c. Kesejahteraan
d. keamanan
32. Inti dari demokrasi pancasila adalah ...
a. Kedaulatan di tangan rakyat
b. Kemanusiaan yang berkeadilan
c. Hukum yang berkeadilan
d. Kebenaran dan keadilan
33. Laporan capaian kompetensi keterampilan pada akhir semester dari ketuntasan minimal ditetapkan berdasarkan ....
a. Medium
b. Rerata
c. Modus
d. optimum
34. Perhatikan data nilai pengetahuan Lila berikut
Nilai PH : 85, 70, 85
Nilai PTS : 70
Nilai PAS : 70
Jika peniaian harian memiliki bobot 2, penilaian tengah semester bobot 1, penilaian akhir semester bobot 1. Berapakah nilai akhir (NA) Lila?
a. 80
b. 75
c. 85
d. 100
35. Materi X diajarkan dalam beberapa kali pertemuan (pembelajaran). Hal ini menjadi pertimbangan guru dalam menentukan metode pembelajaran remedial sesuai ...... kesulitan belajar.
a. Jenis
b. Tujuan
c. Latar belakang
d. sifat
36. Bentuk perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan hak asasi manusia adalah ...
a. Memasukkan pendidikan khusus hak asasi manusia di sekolah
b. Mengembangkan kebebasan pers seluas-luasnya
c. Memasukkan pendidikan kewarganegaraan di sekolah
d. Membentuk komnas hak asasi manusia dan pengadilan hak asasi manusia
37. Contoh perilaku perlindungan HAM antara lain dengan adanya pelaksanaan hak asasi manusia di bidang politik. Dalam kenyataan empirik ditemukan indikator ....
a. Hak dipilih dalam pemilu
b. Hak mendirikan partai politik
c. Hak memilih dalam pemilu
d. Hak memilih sesuatu
38. Contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi pada lingkungan sekolah, adalah ...
a. Tidak ikut upacara karena merasa kelelahan
b. Merusak sarana dan fasilitas umum di sekolah karena merasa kesal
c. Siswa tidak mengerjakan pekerjaan rumah karena tidak memiliki fasilitas di rumah
d. Guru membeda bedakan siswa di kelas (berdasarkan kepintaran dan/ perilakunya)
39. Pada penilaian sikap, semua siswa adalah baik. Catatan guru berisi hal-hal yang menonjol. Bagaimana menginterpretasikan data Lea pada sikap peduli, disiplin, dan percaya diri?
Waktu | Catatan perkembangan sikap | Aspek sosial |
15-4-2016 | Lila membantu teman merapihkan bukunya yang berjatuhan | Peduli |
Zarin terlambat masuk sekolah | Disiplin | |
Lea menyanyikan lagu dengan suara nyaring dan penuh penghayatan | Percaya diri |
a. Lea sangat baik untuk sikap peduli, disiplin dan percaya diri
b. Lea sangat baik untuk sikap percaya diri. Perlu bimbingan untuk sikap peduli dan disiplin
c. Lea sangat baik untuk sikap percaya diri. baik untuk sikap peduli dan disiplin
d. Lea baik untuk sikap peduli, disiplin dan percaya diri
40. Pernyataan berikut merupakan variasi kegiatan pembelajaran remedial, kecuali ....
a. Remedial bukan mengulangi tes dengan materi yang sama
b. Pengulangan materi untuk perbaikan nilai
c. Sesuai dengan sifat, jenis dan latar belakang kesulitan belajar
d. Kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai kompetensi minimal
41. Di bawah ini merupakan hak peserta musyawarah, kecuali ....
a. Memperoleh kesempatan berbicara
b. Mengajukan pendapat dalam musyawarah
c. Menolak pendapat peserta musyawarah
d. Melaksanakan keputusan musyawarah
42. Setiap orang harus selalu bertanggung jawab atas semua sikap dan perilakunya (tindakan). Karena itu berbagai upaya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih diutamakan adalah mengakui dan melindungi hak ....
a. Tertuang dalam konstitusi
b. Asasi orang
c. Masyarakat/bangsa
d. Setiap manusia
43. Berikut ini merupakan tantangan nyata bagi bangsa indonesia untuk penegakan hak asasi manusia sehubungan dengan masih sering terjadinya “kejahatan terhadap kemanusiaan” ....
a. Memaksa anggota kelompok tertentu
b. Memindahkan penduduk secara paksa
c. Membuat menderita kelompok tertentu
d. Memindahkan secara paksa kelompok tertentu
44. Pembelajaran remedial hendaknya melibatkan keaktifan guru untuk secara intensif berinteraksi dengan peserta didik, memberikan monitoring dan pengawasan untuk mengetahui kemajuan belajar peserta didik. Hal ini merupakan prinsip pembelajaran remedial ...
a. Adaptif
b. Pemberian umpan balik
c. Interaktif
d. fleksibel
45. Sikap merendahkan suara saat berbicara dengan orang lain adalah dengan suara yang lembut. Hal ini merupakan ....
a. Kewajiban dan tanggung jawab anak kepada orang tua dan orang yang lebih tua
b. Kewajiban dan tanggung jawab anak kepada orang tua
c. Kewajiban dan tanggung jawab anak kepada sesama teman sebaya dan orang yang lebih tua
d. Kewajiban dan tanggung jawab anak kepada kakak, ayah dan ibu
46. Perhatikan data nilai keterampilan berikut!
Nama siswa | Praktek | Proyek | |||
Dina | 70 | 76 | 74 | 80 | - |
Berdasarkan data di atas, maka nilai keterampilan adalah....
a. 75
b. 76
c. 78
d. 80
47. Setiap orang berhak memperjuangkan hak pengembangan dirinya. Baik secara pribadi maupun kolektif untuk membangun masyarakat bangsa dan negaranya merupakan HAM di dalam UU No 39 Tahun 1999 tentang ...
a. Hak memperoleh keadilan
b. Hak atas kebebasan pribadi
c. Hak atas rasa aman
d. Hak mengembangkan diri
48. Memberikan tambahan/perluasan pengalaman atau kegiatan peserta didik yang teridentifikasi melampaui ketuntasan belajar yang ditentukan oleh kurikulum disebut ...
a. Perbaikan
b. Pengulangan
c. Pengayaan
d. remedial
49. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan keputusan bersama, kecuali ...
a. Hasil keputusan bersama harus dipatuhi dan dilaksanakan serta dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Pelaksanaan hasil keputusan bersama dilandasi dengan nilai-nilai kebenaran dan keadilan
c. Pelaksanaan keputusan bersama harus dipertanggungjawabkan kepada kelompok mayoritas
d. Pelaksanaan hasil keputusan bersama dengan menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia
50. Konsep perlindungan kepada anak dilakukan berdasarkan asas-asas sebagai berikut, kecuali ...
a. Hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan
b. Kepentingan yang terbaik bagi anak
c. Bersifat diskriminasi
d. Penghargaan terhadap pendapat anak
51. Pada pembelajaran pengayaan, guru mengembangkan kegiatan yang menyenangkan, membangkitkan minat, merangsang pertanyaan dan sumber-sumber bervariasi serta memperkaya. Hal tersebut termasuk prinsip ...
a. Inovasi
b. Metode yang bervariasi
c. Kegiatan yang memperkaya
d. Merencanakan metodologi yang luas
52. Sebelum melaksanakan pembelajaran remedial, guru perlu melakukan identifikasi permasalahan pembelajaran. Perbedaan gaya belajar peserta didik menjadi perhatian guru dalam memilih teknik mengajar. Hal ini termasuk permasalahan pada ....
a. Strategi pembelajaran
b. Keunikan peserta didik
c. Tenaga pendidik
d. Materi ajar
53. Prinsip penegakan hukum yang adil dan benar didasarkan pada pemikiran yang melandasi pembentukan undang-undang tentang hak asasi manusia yaitu ...
a. Banyaknya pelanggaran HAM di Indonesia
b. Hak asasi manusia harus dijaga sampai akhir jaman
c. Manusia yang kuat dilarang menindas manusia yang lemah
d. Hak asasi manusia harus dihormati, dilindungi dan ditegakkan
54. Prinsip penegakan hukum yang adil dan benar antara lain yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945 yaitu menjunjung tinggi hak asasi manusia, artinya negara ....
a. Menjamin hak asasi manusia
b. Perjuangan hak asasi manusia
c. Melindungi hak asasi manusia
d. Mengakui dan menghormati hak asasi manusia (ada soalserupa, option nya yg D)
55. Pembelajaran remedial hendaknya memungkikan peserta didik untuk belajar sesuai dengan daya tangkap, kesempatan dan gaya belajar masing-masing. Hal ini merupakan prinsip pembelajaran remedial ...
a. Pemberian umpan balik
b. Interaktif
c. Fleksibel
d. adaptif
56. Pasal 28 UUD 1945 memberikan jaminan tentang ...
a. Kebebasan berpendapat dan berorganisasi
b. Memperoleh kehidupan yang layak
c. Kebebasan memperoleh pendidikan
d. Kebebasan menganut agama
57. Fungsi penegakan hukum di negara kita adalah sebagai sarana untuk ....
a. Mewujudkan hukum yang masih abstrak menjadi konkrit
b. Memahami hukum dan undang-undang dengan baik
c. Menjunjung tinggi pelaksanaan hukum dan undang-undang
d. Menghayati pengertian hukum yang berkeadilan
58. Andik kesulitan menguasai kompetensi bahasa daerah, karena berasal dari daerah lain. Hal ini menjadi pertimbangan guru dalam menentukan metode pembelajaran remedial sesuai ..... kesulitan belajar.
a. Latar belakang
b. Jenis
c. Tujuan
d. sifat
59. Perhatikan data nilai pengetahuan Lila berikut
Nilai PH : 70, 80, 90
Nilai PTS : 70
Nilai PAS : 90
Jika peniaian harian memiliki bobot 2, penilaian tengah semester bobot 1, penilaian akhir semester bobot 1. Berapakah nilai akhir (NA) Lila?
a. 85
b. 90
c. 70
d. 80
60. Contoh perilaku yang terdapat dalam masyarakat yang melanggar hak asasi manusia adalah ....
a. Setiap orang berhak membentuk satu keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang tidak diakui oleh negara
b. Setiap orang berhak untuk membentuk satu keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah
c. Setiap orang berhak untuk melakukan pemungutan dengan mengatasnamakan negara
d. Setiap orang berhak untuk tidak menyekolahkan anaknya
61. Contoh sikap menghormati pelaksanaan hak asasi manusia yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila antara lain ....
a. Selalu bekerja keras
b. Melakukan musyawarah untuk mufakat
c. Menikmati hasil karya orang lain
d. Cinta tanah air dan bangsa
62. Kegiatan yang dilakukan untuk mengukur seluruh tema dalam satu semester disebut ....
a. Penilaian harian
b. Penilaian akhir semester
c. Penilaian tengah semester
d. Ujian sekolah
63. Berbagai instrumen hak asasi manusia yang dimiliki negara republik indonesia adalah sebagai berikut, kecuali ...
a. Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998
b. UUD 1945 pasal 28
c. Undang-undang nomor 39 tahun 1999
d. Undang-undang dasar 1945 pasal 1 ayat 1
64. Prinsip penegakan hak asasi manusia antara lain berlaku adil terhadap sesama. Maknanya adalah ....
a. Menegakkan kebenaran
b. Menghargai sesama manusia sesuai harkatnya
c. Memberi hak dan kebebasan yang sama
d. Tidak main hakim sendiri
65. Norma hukum memiliki keunggulan dibanding norma-norma yang lain, terletak pada ....
a. Kekuatan mengikatnya
b. Hukumannya yang bersifat fisik
c. Luasnya ruang lingkup berlakunya norma itu
d. Kepatuhan manusia terhadap norma itu
66. Perhatikan data nilai keterampilan berikut!
Nama siswa | Praktek | Proyek | |||
Dina | 70 | 80 | 80 | 82 | - |
Berdasarkan data di atas, maka nilai keterampilan adalah....
a. 78
b. 81
c. 82
d. 80
67. Berikut yang tidak termasuk kegiatan upaya perlindungan hak asasi manusia dalam masyarakat sekitar adalah ...
a. Berdiam diri karena masalah HAM adalah tanggung jawab Komnas HAM
b. Menyampaikan usulan mengenai perumusan kebijakan yang berkaitan dengan HAM
c. Menyampaikan laporan apabila terjadi praktik pelanggaran HAM
d. Menyebarluaskan informasi mengenai HAM kepada masyarakat sekitar
68. Upaya untuk melindungi anak dari kegiatan pelanggaran hak asasi manusia dilakukan dengan cara ...
a. Menanggung semua biaya pengobatan korban
b. Merehabilitasi korban untuk mengembalikan nama baiknya
c. Memberi denda besar besar sesuai perbuatannya
d. Memberikan hukuman seberat-beratnya bagi pelanggar
69. Perhatikan tabel di bawah ini!
Nama | T1 | T2 |
Abi | 81 | 65 |
Boby | 83 | 68 |
Caca | 74 | 78 |
Didin | 77 | 73 |
Fajar | 68 | 80 |
Jika KKM ditetapkan 75, maka kelompok peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar adalah....
a. Boby, Caca dan Fajar
b. Abi, Boby dan Caca
c. Abi, Boby dan Didin
d. Boby, Caca dan Didin
70. Contoh penerapan hak asasi manusia antara lain bahwa keputusan bersama akan lebih baik daripada keputusan pribadi dalam kehidupan masyarakat, karena ...
a. Meninggalkan kepentingan individu
b. Berorientasi pada kepentingan mayoritas
c. Berorientasi pada kepentingan minoritas
d. Mengakomodasi kepentingan seluruh pihak
Posting Komentar untuk "SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL H"