SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL F
1. Saat pembelajaran guru memberikan pertanyaan yang dijawab beberapa siswa, salah satu siswa menjawab salah atau berbeda dengan siswa lainnya.
Cara guru dalam memberikan tanggapan yang efektif, empati dan santun yaitu …..
a. Mengapa kamu menjawab begitu ? Coba berikan alasanmu !
b. Menurut yang lain, mana jawaban yang benar?
c. Coba kamu pelajari lagi materinya, mengapa jawaban kamu bias berbeda?
d. Coba kita degar bersama, mengapa jawaban teman kamu, berbeda dengan yang lain
2. Menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia, terjadi peristiwa Rengasdengklok yang mempertentangkan tentang………
a. Tempat Proklamasi
b. Tokoh proklamasi
c. Waktu proklamasi
d. Naskah proklamasi
3. Ibu Defitianur menjelaskan materi pelajaran kepada siswa kelas 6 SD. Ibu Defitianur memberikan kesempatan kepada para siswa untuk memnerikan tanggapan terhadap materi pelajaran yang diterima. Tanggapan yang diberikan para siswa terhadap materi pelajaran yangtelah diterima dalam proses komunikasi merupakan unsur….
a. Receiver
b. Response
c. Encoding
d. Decoding
4. Pertempuran yang disemangati oleh Bung Tomo untuk menolak agresi militer Belanda adalah…..
a. Medan Area
b. Bandung Lautan Api
c. Pertempuran 10 November 1945 Surabaya
d. Pertempuran Ambarawa
5. Siti Nurbaya dan hikayat Malin Kundang merupakan contoh keberagaman…..
a. Suku Bangsa
b. Upacara Adat
c. Bahasa
d. Kesusastraan
6. Globalisasi memiliki beberapa saluran atau jalan yang disebut juga agen globalisasi, Pernyataan berikut yang tidak termasuk agen globalisasi….
a. Religi yang menjadi keyakinan sebagian besar masyarakat yang mendukungnya
b. Adanya kontak kebudayaan
c. Adat istiadat setempat
d. Berbagai peralatan teknologi
7. Berikut ini adalah bangsa yang pernah menjajah Indonesia, kecuali….
a. Jerman
b. Belanda
c. Spanyol
d. Portugal
8. Perubahan memberi pengaruh besar pada masyarakat. Misalnya perubahan rezim pemerintahan yang akan mempengaruhi seluruh kebijakan masyarakat secara langsung merupakan…
a. Perubahan social budaya cepat
b. Perubahan social budaya besar
c. Perubahan social budaya kecil
d. Perubahan social budaya lambat
9. Salah satu sikap yang dapat menghambat terjadinya perubahan adalah….
a. Sistem masyarakat yang terbuka
b. Kontak dengan kebudayaan lain
c. Penduduk yang heterogen
d. Sikap Masyarakat yang tradisional
10. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari…….
a. Nilai
b. Ruang
c. Waktu
d. Norma
11. Kerajaan yang pernah mempunyai armada laut yang paling kuat dan menguasai daerah paling luas adalah kerajaan…..
a. Majapahit
b. Mataram
c. Gowa – Tallo
d. Kutai
Ada soal lain seperti ini yang merupakan kerajaan
maritim sekaligus merupakan pusat perdagangan di Asia Tenggara (Sriwijaya)
Baca juga tentang Kesultanan Aceh Darussalam
12. Pak Hamzah menyetujui permintaan peserta didiknya dengan menganggukan kepalanya tanpa kata – kata. Berdasarkan kasus di atas, Pak Hamzah telah menerapkan fungsi komunikasi nonverbal…..
a. Substitusi
b. Repetisi
c. Aksentuisi
d. Kontradiksi
13. Faktor – factor positif yang mempengaruhi jalnnya proses perubahan antara lain adalah….
a. Mempertahankan kelompok tertentu
b. Perkembngan ilmu pengetahuan yang terlambat dan sikap masyarakat yang tradisional
c. Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan – keinginan untuk maju
d. Prasangka terhadap hal – hal baru / asing dan hambatan ideologis
14. Tentara sekutu datang ke Indonesia untuk melucuti jepang. Semula rakyat Indonesia menyambut dengan senang hati kedatangan Sekutu, karena mereka mengumandangkan perdamaian. Akan tetapi, mereka diboncengi oleh….
a. AFNEI
b. KNIL
c. PPKI
d. NICA
15. Pak Yono guru kelas V, saat mulai proses belajar mengajar Pak Yono memberikan pertanyaan tahap pra- instruksional kepada para siswanya. Pertanyaan prainstruksional yang tepat dismapaikan Pak Yono kepada para siswanya adalah…..
a. Bertanya mengenai bahan pelajaran yang belum dikuasai dari pengajaran yang telah dilaksanakan sebelumnya.
b. Bertnya materi mana yang paling sulit untuk pengajaran hari ini.
c. Bertanya sampai dimana soal yang sudah dikerjakan pada hari ini
d. Bertanya sampai dimana praktik yang telah dilakukan
16. Pernyataan manakah di bawah ini yang bukan merupakan pengaruh globalisasi yang didorong oleh perkembangan IPTEK?
a. Mempercepat arus inpormasi
b. Memudarnya nilai – nilai local
c. Terbukanya lapangan pekerjaan
d. Manusia menjadi indivisualisme
17. Proses pembelajaran yang menggunakan komunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dapat kita tunjukan dengan strategi…..
a. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai apersepsi
b. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon
c. Menanggapi respon peserta didik apabila sesuai dengan materi pelajaran
d. Memberikan teguran dan hukuman kepada peserta didik yang melakukan kesalahan
18. Sumber daya di Indonesia yang berfungsi sebagai tanaman budidaya pangan, sandang, bahan baku kayu bahan dan obat – obatan adalah sumber daya alam…..
a. Nabati
b. Biologi
c. Hewani
d. Hayati
19. Berikut ini nama – nama Kerajaan di Indonesia
1) Demak
2) Tarumanegara
3) Samudra Pasai
4) Ternate
5) Sriwijaya
Berdasarkan data di atas, yang temasuk kerajaan Islam adalah….
a. 1,2 dan 4
b. 1,3 dan 4
c. 2,3 dan 4
d. 3,4 dan 5
20. Sikap masyarakat yang tradisional dan adanya kepentingan – kepentingan yang telah tertanam dengan kuat ( vested interest ) merupakan salah satu……
a. Bentuk perubahan social budaya
b. Bentuk yang mempengaruhi jalannya proses perubahan
c. Factor penyebab perubahan social budaya
d. Faktor yang mempengaruhi jalanya proses perubahan
21. Berikut ini merupakan pernyataan yang mencerminkan nilai moral kebulatan tekad dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika, Kecuali……
a. Terwujudnya semangat kekeluargaan dan gotong royong
b. Terpeliharanya kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang majemuk
c. Terlaksanya prinsip musyawarah mufakat
d. Memajukan kesehjatraan masyarakat sesuai golongannya
22. Berikut adalah kegiatan pembelajaraan yang dapat meningkatkan keterampilan dasar IPS, kecuali…..
a. Bekerjasama membuat peta
b. Mempraktikkan proses fotosintesis
c. Mengintergrasikan grafik kependudukan
d. Berdiskusi memecahkan masalah social.
23. Bu Meida mengajar di kelas V dengan cara berkomunikasi secara langsung kepada para siswanya. Sehingga terjadi komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa. Komunikasi yang digunakan bu Meida menggunakan komunikasi…..
a. Nonverbal
b. Satu arah
c. Personal
d. Verbal
24. Pak Darman memberikan materi pelajaran matematika di kelas VI. Saat menyampaikan materi tersebut ada kesalahan yang dilakukannya, iamendapatkan kriktik dari salah seorang siswanya. Pak Darman mau mendengar dan menerima kritik tersebut. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Pak Darman sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu…..
a. Humble
b. Clarity
c. Respect
d. Audible
25. Pak Abdulah menyetujui permintaan peserta didiknya dengan mengiyakan lalu diikuti dengan menganggukan kepala. Berdasarkan kasus di atas, Pak Abdullah telah menerapkan fungsi komunikasi nonverbal….
a. Aksentuasi
b. Subsitusi
c. Komplemen
d. Repetisi
26. Kemajuan IPTEK membuat manusia mengalami ketergantungan terhadap teknologi. Berikut adalah contohnya, kecuali….
a. Akses internet setiap saat
b. Belanja online
c. Penggunaan alat komunikasi canggih
d. Makanan siap saji
27. Pernyataan yang sesuai untuk konsep modernisasi adalah…
a. Segala sesuatu yang diaanggap up to date
b. Modernisasi memiliki arti yang sama dengan westernisasi
c. Segala perilaku atau budaya yang sesuai dengan perkembangan jaman
d. Proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dari tradisional ke modern
28. Saat ibu sukaesih memberikan pembelajaran di kelas V, banyak siswanya yang membutuhkan perhatian khusus dari ibu sukaesih karena kurang bisa mengikuti materi pelajran yang diberikan. Cara ibu Sukaesih memberikan tanggapan yang efektif, empati dan santun agar peserta didik merasa senang, bergairah dan berinisiatif adalah….
a. Ibu Sukaesih berusaha untuk menyamakan pendapat dari beberapa siswa yang saling mengemukakan jawaban untuk mencapai pemahaman yang sama
b. Ibu Suakesih meminta siswa tertentu untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan benar
c. Ibu Sukaesih meminta kepada siswanya unuk memberikan argument terhadap jawaban yang dikemukakan
d. Ibu sukaesih terus memotivasi siswa untuk dapat menjawab pertanyaan yang diberikan sampai mendapatkan jawaban yang tepat.
29. Salah satumanfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah….
a. Mempelajari budaya baru dari bangsa asing dalam menghadapi era global
b. Meninggalkan budaya sendiri yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman
c. Memahami kebhinekaan sebagai satu kekayaan budaya bangsa
d. Lebih memperhatikan budaya suku bangsa sendiri
30. Factor – factor positif yang mempengaruhi jalannya proses perubahan antara lain adalah….
a. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat dan sikap masyarakat tradisional
b. Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan – keinginan untuk maju
c. Prasangka terhadap hal – hal baru/ asing dan hambata ideologis
d. Mempertahankan kepenyingan kelomok tertentu
31. Sikap terbuka akan membuat kita akan lebih dinamis dan lebih mudah menerima perubahan dalam era globalisasi, untuk itu perlu memiliki strategi dan era globalisasi dengan…
a. Ketergantungan’
b. Antisipatif dan selektif
c. Adaptif
d. Penerimaan secara terbuka
32. Berikut ini yang tidak termasuk peristiwa perlawanan terhadap penjajah adalah…
a. Pertempuran 10 november Surabaya
b. Peristiwa rengas dengklok
c. Medan area
d. Bandung lautan api
33. Pendudukan Jepang di Indonesia berakhir karena jatunya bom ato di dua kotapenting diJepang dengan waktu sebagai berikut…
a. Nagasaki 6 agustus 1945 dan Hirosima 9 Agustus 1945
b. Hirosima 6 agustus 1945 dan Nagasaki 9 Agustus 1945
c. Hirosima 9 agustus 1945 dan Nagasaki 16 Agustus 1945
d. Nagasaki 9 agustus 1945 dan Hirosima 16 Agustus 1945
34. Bangsa yang menjajah Indonesia dalam durasi waktu yang tidak lama akantetapi memberikan dampak penderitaan yang sangat besar bagi rakyat adalah….
a. Belanda
b. Spanyol
c. Jepang
d. Portugis
35. Ilmu yang mempelajari manusia dan kebudayaan yang dikembangkan adalah….
a. Psikologi
b. Sosiologi
c. Geografi
d. Ekonomi
36. Ibu Ratna memberikan pertanyaan kepada Heri, siswanya dikelas V. Heri belum mampu menjawab dengantepat. Ibu Ratna mengatakan jawaban Heri belum tepat, sambil menggeleng-gelengkan kepala . Berdasarkan kasus di atas, Ibu Ratna telah menerapkan fungsi nonverbal…..
a. Repetisi
b. Aksentuasi
c. Subsitusi
d. Komplemen
37. Dari berita televise, akhir – akhir ini sering terjadi sengketa antar suku / anta desadi suatu daerah. Hal itu terjadi karena….
a. Rasa saling memiliki
b. Rendahnya sifat kesukuan
c. Tidak saling mengenal
d. Rendahnya rasa persatuan dan kesatuan
38. Keragaman suku budaya dan agama sering menimbulkan konflik social. Melalui pendidikan multicultural sebagai sarana alterative penyelesain konflik social maka harus mampu…
a. Memandang perbedaan sebagi sumber perpecahan
b. Memecahkan masalh social
c. Mengolah perbedaan menjadi suatu aset
d. Mengembangkan jati diri
39. Saat pembelajaran Pa Ubay memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk mengetahui apakah materi diterima dan dipahami. Salah satu siswa yang bernama Tuti menjawab salah.
Cara Pak Ubat memberikan tanggapan terhadap respons siswa tersebut dengan empati dan santun adalah …
a. “Jawaban kamu salah, coba Tuti tanyakan kepada temanmu!”
b. “Siapa di dalam kelas ini yang dapat menjawab dengan benar!”
c. “Bapak mohon, Tuti memperhatikan saat guru menjelaskan!”
d. “Mari kita bandingkan jawaban atau pendapat dari teman yang lain!”
40. Pak Rakhmat guru kelas VI, saat awal pembelajaran iamemberikan pertanyaan kepada para siswanya. Nandar memberikan jawaban yang salah terhadap pertanyaan yang diberikan oleh Pak Rakhmat.
Cara Pak Rakhmat merespons untuk menggali lebih dalam pemahaman siswa tersebut adalah ……..
a. Coba pahami lagi lebih jelas pertanyaan pak guru
b. Jawaban kamu salah, kamu perlu lebih banyak belajar dengan tekun
c. Mengapa jawaban kamu seperti itu? Coba berikan alasanmu!
d. Jawaban yang diberikan Nandar salah. Siapa yang dapat menjawab dengan benar?
41. Penyebab kemunduran kerajaan Demak adalah terjadinya …
a. Pembagian harta di antara putera-putera kerajaan
b. Perebutan kekuasaan dan pembagian harta di antara kerabat kerajaan
c. Perebutan kekuasaan di antara kerabat kerajaan
d. Perebutan pembagian harta di antara pejabat kerajaan
42. Indonesia memiliki kekayaan yang sangat beraneka ragam, baik suku, Bahasa maupun budaya. Dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” diharapkan masyarakat Indonesia tetap menjunjung persatuan. Kompetensi dan pengembangan nilai yang ditanamkan dalam pembelajaran IPS kepada peserta didik adalah …
a. Kompetensi emosional
b. Kompetens social
c. Kompetensi multikultural
d. Kompetensi pendidikan karakter
43. Isu LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) begitu marak akhir-akhir ini, sehingga menimbulkan pertentangan dimana-mana. Hal ini merupakan dampak negative dari interaksi IPTEK dengan …
a. Budaya dan agama
b. Tingkah laku
c. Pendidikan
d. Seni
44. Berikut ini yang bukan merupakan perundingan dalam usaha pengakuan kedaulatan adalah ..
a. Konferensi Inter Indonesia
b. Perjanjian Roem-Royen
c. Konferensi Meja Bundar
d. Perjanjian Renville
45. Salah satu aktivitas pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan IPS adalah …
a. Mengamati contoh kebudayaan daerah
b. Membaca buku tentang kebudayaan daerah
c. Melakukan wawancara dan membuat laporan tentang kebudayaan daerahnya
d. Mendengarkan cerita tentang kebudayaan daerah
46. Perubahan social di era digital terasa begitu cepat. Globalisasi melanda hamper di seluruh aspek kehidupan yang tidak mengenal territorial suatu negara. Hal-hal di bawah ini merupakan factor penyebab terjadinya globalisasi, yaitu …
a. Keterbukaan system social, migrasi penduduk dan kekayaan sumber daya alam
b. Migrasi penduduk, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta lapangan pekerjaan
c. Keterbukaan system social, migrasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
d. Keterbukaan system social, konflik kepentingan di masyarakat dan bencana alam
47. Salah satu pengaruh perkembangan IPTEK di bidang pertanian adalah …
a. Lokasi terpencil semakin mudah diakses
b. Penjualan barang melalui online
c. Harga barang susah dikendalikan
d. Terciptanya alat pemotong padi
48. Setiap orang tidak bias memenuhi kebutuhan sendiri tanpa bantuan orang lain, terutama jika dipisahkan oleh jarak/tempat yang berjauhan. Dukungan IPTEK yang dibutuhkan terutama di bidang …
a. Informasi
b. Industry
c. Transportasi
d. Farmasi
49. Pengaruh Hindu-Budha di Indonesia pada segi pemerintahan adalah ….
a. Adanya arca pada candi
b. Munculnya system pertanian subak
c. Pudarnya kepercayaan animism
d. Munculnya system kerajaan
50. Apakah yang menjadi alasan perlunya disampaikan di kelas bahwa manusia adalah makhluk social?
a. Manusia dapat mengandalkan dirinya sendiri tanpa orang lain
b. Manusia membutuhkan manusia lain untuk memenuhi kebutuhannya
c. Manusia menyukai sesamanya
d. Manusia dapat bertahan hidup sendiri
kelas bawah mana boss?
BalasHapus