PREDIKSI 3 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)

PREDIKSI 3 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)
PREDIKSI 3 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)

 SOAL NOMOR 31-50

(MOHON KOREKSI KUNCI JAWABAN JIKA KURANG TEPAT)


31. Cermatilah kutipan teks berikut!

Proses terjadinya fatamorgana berbeda dengan proses terjadinya pelangi, walaupun sama-sama merupakan fenomena alam yang terjadi karena adanya proses pembiasan cahaya. Awal terjadinya fatamorgana adalah adanya perbedaan kerapatan suhu antara suhu udara dingin dan suhu udara panas yang ada di lapisan atmosfer diatas kerak bumi. Suhu udara yang dingin memiliki kerapatan yang lebih rapat dan lebih berat dibandingkan suhu udara panas yang memiliki kerapatan yang lebih rendah dan lebih ringan. (Sumber https/mugeografi.com/fenomena alam/proses terjadinya-fatamorgana)


Berdasarkan struktur teks, kutipan tersebut merupakan bagian dari teks....

A. persuasi

B. eksposisi

C. tanggapan

D. eksplanasi

E. argumentasi


32. Ketika Ketua Kelas banyak diprotes oleh siswa warga kelas yang dipimpinnya, sebagai guru wali kelas perlu mengadakan musyawarah kelas untuk ....

A meminta pertanggungjawaban kepada Ketua Kelas

B meminta pergantian Ketua Kelas di akhir semester

C. mendengarkan protes siswa lain kepada Ketua Kelas

D. memberi sanksi siswa lain yang memprotes Ketua Kelas

E membahas permasalahan protes yang ditujukan kepada Ketua Kelas


33. Bacalah kutipan cerita berikut!

Di SMP, kamu juara puisi ketika aku menang lomba lukis; kita pun lulus dengan nilai yang sama. Di SMA, ketika aku juara kelas, kamu juga meraihnya di kelas yang lain. Sekelas di kelas tiga, aku berhasil menggesermu ke peringkat kedua, tapi Adit yang sudah dekat denganku sejak kelas dua malah memboncengmu pulang.

"Maaf, Kak," katamu dengan air muka bersalah. Kau memanggilku Kakak sebab kata ibu aku lebih dulu beberapa menit dilahirkan. "Aku sudah menolak, tapi Adit juga mau belajar sama Sensei Bata..

"Kami memang dekat, Jannah," potongku "Tapi, aku akan mencampakkan playboy itu di hari kau merebutnya. Kau percaya dia juga mau belajar membaca Huruf Kanji? Ingat, Jannah! Adit itu laki-laki sebagaimana ayah! "Kak?"

Tidak cukupkah kekerasan yang diterima ibu jadi pelajaran? Kau tahu, bukan, bulan depan ayah dan ibu resmi berpisah? Ayah tidak perlu lagi menjaga citranya sebab dia tidak berniat maju di pileg tahun depan.

(Sumber: https://lakonhidup.com/2020/09/27/saudara-yang-sempurna)


Konflik dalam kutipan cerita tersebut disebabkan oleh ....

A perbedaan kehidupan dua perempuan kembar sehingga memicu rasa ini

B kehidupan keluarga dengan status sosial tinggi

C kehidupan keluarga yang tidak seimbang sehingga menimbulkan konflik

D. kehidupan keluarga yang tidak utuh karena perceraian dan karir

E perasaan tidak beruntung karena peristiwa yang dialami tokoh


34. Rumus suku ke-n dari barisan 5, -2, -9, -16, adalah

A. Un = 11 - 6n

B. Un = 13 + 8n

C. Un = 13 - 8n

D. Un = - 12 + 17n

E. Un = 12 - 7n


35. Kompetensi Dasar kelas 4 di SD adalah sebagai berikut:

3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkannya dengan upaya pelestarian lingkungan

Indikator pencapaian kompetensi yang dapat disusun berdasarkan KD tersebut bagi pembelajaran di kelas 4 SD adalah

A peserta didik dapat membuat poster tentang kehidupan kupu-kupu dan katak

B peserta didik dapat menyebutkan alat gerak katak

C. peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis katak

D peserta didik dapat menjelaskan bagian-bagian tubuh kupu-kupu

E peserta didik mampu menyebutkan jenis-jenis kupu-kupu


Soal Prediksi Sebelumnya

PREDIKSI 1 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)

PREDIKSI 2 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)


36. Dalam sebuah proses pembelajaran membacakan puisi di kelas 4 SD, tampak beberapa permasalahan diantarnya siswa tidak mau menyimak pelajaran dan tampak enggan mengikuti pelajaran. Sang gurupun tetap berceramah saat menyampaikan materi, meski tampak sudah berusaha keras untuk selalu mengingatkan siswanya. Namun, tetap saja kelas menjadi tampak monoton.

Untuk membantu menyelesaikan permasalahan guru tersebut, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Tindakan dipilih adalah penggunaan metode inkuiri dengan bantuan media video pembacaan puisi.

Adapun tahapan tindakan dengan metode inkuiri tersebut adalah ....

A. Siswa diminta untuk mengidentifikasi bagaimana pembacaan puisi yang baik berdasarkan tayangan video.

B. Siswa melakukan perbandingan pembacaan puisi dari video dan melalui pemodelan.

C. Siswa mengamati video pembacaan puisi dan menanyakan hal-hal terkait konsep puisi.

D. Siswa membuat rancangan pembacaan puisi yang baik dan mendiskusikannya secara berkelompok

E Guru mencoba membacakan puisi sebagai stimulus.


37. Perhatikan beberapa kompetensi berikut ini 

(1) Menyusun perencanaan pembelajaran

(2) Membuat peta konsep materi esensial 

(3) Mengelola kelas dan lingkungan belajar

(4) Mengidentifikasi materi ajar yang memicu miskonsepsi

(5) Menjadi tokoh masyarakat sebagai rujukan informasi


Guru SD yang professional salah satunya ditandai dengan guru yang memiliki kompetensi pedagogik Kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan guru untuk...

A (2)dan (4)

B. (2) dan (5)

C (3)dan (5)

D (4)dan (5)

E (1) dan (3)


38. Bacalah kutipan teks berikut!

Sudah lebih dari enam bulan kami tak bicara langsung. Hanya saling bertukar pesan dengan penuh amarah, sampai kemudian WhatsApp-nya aku block dua bulan lalu. Ibu selalu mengirim pesan-pesan yang tak perlu yang membuatku semakin kehilangan rasa rindu. Aku selalu merasa Ibu tak pernah benar-benar mau tahu apa yang sedang aku kerjakan sekarang. Ia hanya mau aku segera pulang, segera mapan, seperti orang-orang. Terdengar sepele dan klise karena dialami juga oleh banyak orang? Memang begitulah kenyataannya.

Teleponku tak berhenti berdering. Tumben sekali Ibu menelepon-apalagi di siang hari seperti ini. Pasti mahal karena lintas negara. Dan pasti ada yang benar-benar penting... Tiba-tiba aku tergagap, seperti baru teringat sesuatu Buru-buru aku angkat telepon itu.

(Sumber https:/Makonhidup.com/2010/08/30 sendiri-sendiri)


Struktur teks fiksi yang tampak dalam kutipan cerita tersebut adalah

A konflik yang ditandai dengan dering telepon dari ibu tokoh Aku yang memberi kabar duka

B resolusi ditandai dengan penyelesaian masalah

C orientasi yang ditandai dengan pengenalan tokoh, waktu, dan awal terjadinya konflik

D klimaks ditandai dengan puncak masalah yang semakin rumit.

E koda yang ditandai dengan kalimat penutup


39. Pada muatan PPKn, sub tema Bangga pada Budaya Bangsaku seorang guru kelas IV menuliskan indikator siswa dapat mengidentifikasi berbagai budaya daerah. Media yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah adalah.....

A. peta persebaran suku bangsa di Indonesia

B. video tayangan indahnya taman laut di Raja Ampat dan Bunaken

C. video budaya daerah yang berbeda (misal: Ngaben, Ngayau)

D. gambar rumah adat

E. foto pahlawan berbagai daerah di tanah air


40. Pada tema Kewajiban dan Hakku, seorang guru kelas III akan mengembangkan keterampilan dalam menceritakan perasaan dan pikiran temannya jika mendapatkan perlakuan yang kurang baik. Guru mengandaikan anak berada pada posisi orang lain. Anak dilatih dengan unit "In Other People's shoes dengan mengemukakan pikiran dan perasaan anak yang berada pada posisi menerima perlakuan buruk. Setelah mengevaluasi perasaan dan memikirkan konsekuensi dan perilaku itu, anak diminta menceritakan sikap dan keputusan yang diambilnya. Berdasarkan kasus di atas, maka model pembelajaran berbasis PPK yang dinilai tepat untuk mengembangkan sikap kepedulian adalah

A. Jigsaw

B. Aksi Sosial Newman

C. Teknik Klarifikasi Nilai

D. Konsiderasi

E. Pembelajaran Berbasis Masalah


41. Metode Tabel dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah seperti berikut.


Pertanyaan yang relevan dan berorientasi HOTS berdasarkan materi tersebut antara lain ....

A. Hitunglah KPK dan FPB dari 42 dan 561

B. Manakah dari 30 dan 45 yang memiliki factor prima penyusun lebih banyak?

C. Ada berapakah factor prima penyusun bilangan 48?

D. Ubahlah bilangan 120 menjadi faktor prima penyusunnya.

E. Kelompokkanlah bilangan berikut berdasarkan banyaknya faktor prima yang menyusunnya. 6, 24, 30, 42, 45, 60, 72, 90


42. Hukuman yang diberikan kepada siswa, apabila diberikan pada saat yang tepat, dapat merupakan salah satu bentuk penguatan (reinforcement) dan memberikan pengaruh yang baik (positif). Pengaruh positif yang dimaksud, adalah dapat membantu siswa untuk....

A. mendorong siswa-siswa yang lain untuk berbuat baik

B. mengenali kekurangan dirinya yang perlu diperbaiki

C. mejadikan siswa selalu patuh pada aturan sekolah

D. mejadikan siswa takut untuk melakukan kesalahan

E. menjadikan siswa selalu patuh pada perintah guru


43. Suatu hani, orang tua siswa yang rumah tempat tinggalnya tidak begitu jauh dari sekolah meninggal dunia. Sebagai wali kelas, yang Anda lakukan adalah.....

A. memberi pengumuman agar para siswa memberi donasi pada temannya sebagai empati

B. melakukan kunjungan bersama tim guru ke rumah siswa dan menyampaikan bela sungkawa

C. memberi donasi yang dititipkan pada ketua kelas karena rumahnya berdekatan satu wilayah

D. meminta bantuan ketua kelas untuk mengumpulkan donasi sebagai rasa ikut berduka cita

E. melakukan kunjungan dengan perwakilan siswa dan memberikan donasi yang terkumpul


44. Memberikan kesempatan yang sama kepada kaum perempuan dalam berkarir di pekerjaan merupakan hal yang tidak terhindarkan dalam masyarakat global, di hadapan para siswa guru dapat menyampaikan pikiran dan sikapnya dalam wujud...

A ajaran tiap-tiap warga negara memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak

B. pandangan atas kesempatan yang sama sebagai pemenuhan hak dan kewajiban warga negara

C pekerjaan yang tepat untuk perempuan diperbanyak, sehingga dapat menampung mereka

D menyediakan lapangan kerja tidak didasarkan pada posisi gender, baik untuk laki-laki atau perempuan

E menjelaskan kewajiban pemerintah untuk menyiapkan lapangan kerja yang layak bagi kaum perempuan


45. Pak Puji baru saja menyelesaikan laporan PTK tentang penggunaan metode scramble. Beliau ingin menyusun sebuah artikel ilmiah dari hasil laporan tersebut. Salah satu yang harus dibuat adalah abstrak. Kalimat yang sesuai untuk abstrak adalah..

A Penelitian tindakan kelas akan dikatakan berhasil ditandai dengan adanya perubahan kearah perbaikan kemampuan menulis pada siswa kelas II.

B. Dari uraian para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa menulis adalah gagasan atau pikiran yang dimiliki seseorang yang kemudian dituangkan dalam bentuk goresan pena secara rapi sehingga dapat menarik perhatian pembacanya 

C Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Scramble pada siswa kelas II SD Negeri 1 Percobaan.

D. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Scramble sehingga dapat dijadikan sumber informasi yang dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan.

E Berdasarkan data dari guru keļas melalui daftar nilai Ulangan Harian mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II tentang menulis, menunjukkan bahwa banyak siswa memperoleh nilai kemampuan menulis di bawah KKM 70


46. Kesadaran berorganisasi yang diawali oleh Gerakan Kebangsaan tahun 1908 menjadikan motivasi guru dalam ....

A memajukan sekolah berprestasi secara akademik dan ekstrakurikuler

B, memperoleh imbalan penghasilan sesuai haknya sesuai aturan kerja

C membangun komitmen kerja yang bernutu sebagai guru profesional

D. memperjuangkan nasib guru honorer melalui organisasi profesi guru

E mengajar, mendidik, dan membimbing siswa secara profesional


47. Bu Sari berencana mengajarkan KD 3.6 kelas 5 di SD berikut: Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

Tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah: setelah mengikuti pembelajaran diharapkan peserta didik mampu menganalisis sifat-sifat bunyi dengan benar. Alat evaluasi yang dapat digunakan Pak Banu untuk mengukur kemampuan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didiknya adalah tes...

A. tertulis menyebutkan bagian-bagian telinga dan fungsinya

B. lisan tentang bagian-bagian telinga manusia dan namanya

C uraian tentang bagaimana suara gema dan gaung dapat terjadi

D praktik demonstrasi menirukan demonstrasi yang dilakukan Bu Sari di depan kelas

E menjodohkan pertanyaan gambar bagian telinga dan jawaban yang telah disediakan


48. Guru kelas III menuliskan indikator siswa dapat memilik sikap nasionalisme. Untuk mengukur sikap tersebut guru akan mengukur aspek kognisi, afeksi dan konası siswa yang berhubungan dengan makanan, minuman, pakaian, dan lagu-lagu/musik. Alat evaluasi yang sesuai adalah ....

A. wawancara

B. tes subyektif

C. observasi perilaku

D. skala sikap Likert

E. lembar jurnal hasil observasi sikap sosial


49. Seorang guru kelas 2 SD akan mengajarkan materi menulis buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat

Salah satu kegiatan pembelajaran yang mencerminkan 4C dan HOTS adalah..

A siswa bersama guru membahas materi yang telah dipelajari

B. siswa berkelompok dan melakukan kegiatan menulis serta mengedit bersama-sama

C siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru

D. semua kelompok saling mengomentari

E siswa menyimak penjelasan guru melalui tayangan power point


50. Adanya perubahan rute jalan menuju sekolah, menjadikan waktu tempuh menjadi sekitar 2 jam dari yang semula hanya 1 jam. Di sisi lain, kondisi kehidupan Anda masih diwarnai dengan keterbatasan. Sebagai guru, yang Anda akan lakukan adalah ....

A tetap menjalani semua tugas sebagai guru di sekolah dengan senang dan berangkat lebih awal

B. meminta jam mengajar yang lebih sedikit untuk pelajaran yang diampunya

C. tetap menjalani semua pekerjaan sebagai guru, dan berterus-terang menyampaikan keluhan ke pimpinan

D. meminta pimpinan memadatkan jadwal mengajar menjadi dua kali seminggu

E meminta pada guru lain menjadi rekan mengajar pada pelajaran yang sama


KLIK LINK BERIKUT UNTUK UPDATE SOAL PREDIKSI SELANJUTNYA

PREDIKSI 4 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)

12 komentar untuk "PREDIKSI 3 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)"

  1. Balasan
    1. Terimakasih Pak. d tunggu selanjutnya ke 5

      Hapus
    2. Baik ka, nanti akan saya postingkan ya, ditunggu saja ka

      Hapus
    3. Terima kasih atasp imponya

      Hapus
  2. Soalny hmpir sm dg soal up kmrin d tunggu soal brkuny pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicek ka
      https://bpiabad21.blogspot.com/2021/10/prediksi-4-soal-up-ukmppg-pgsd-2021-disertai-kunci-jawaban-untuk-retaker-dan-first-taker.html

      Hapus
    2. Terimakasih pak,sangat.membantu sekali..semoga berkah,aamiin

      Hapus
    3. Aamiin Ya Allah
      Semoga sukses dan lulus UP ya rekan2 semuanya

      Hapus
    4. Ya pk kayanya seperti itu mudah"an benar

      Hapus
  3. KUMPULAN PREDIKSI SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)

    https://bpiabad21.blogspot.com/2021/11/kumpulan-prediksi-soal-up-ukmppg-pgsd-2021-disertai-kunci-jawaban-untuk-retaker-dan-first-taker.html

    BalasHapus
  4. Terima kasih pk.di tunggu selanjutnya

    BalasHapus