SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL I

SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL I

1.     Kompetensi  membaca, menulis, menghitung, menggambar, mengarang merupakan ….

a.     Kompetensi domain keterampilan subyek

b.     Kompetensi domain keterampilan obyek

c.      Kompetensi domain keterampilan konkrit

d.     Kompetensi domain keterampilan abstrak

2.     Untuk pelajaran materi Ips Organisasi dan Sistem Sosial yang sesuai dengan perkembangan peserta didik jenjang SD, guru dapat memilih materi pembelajaran tentang ….

a.     Organisasi kemasyarakatan yang ada di tingkat desa dan kecamatan

b.     Organisasi politik

c.      Lembaga-lembaga negara

d.     Sistem pemerintahan di tingkat pusat

3.     Pada Mata Pelajaran Matematika terdapat Kompetensi Dasar “ Memecahkan masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut”. Pengalaman belajar yang sesuai dengan materi di atas adalah ….

a.     Menghapalkan rumus bangun ruang berupa kerucut, si;inder dan piramida

b.     Melakukan percobaan Matematika

c.      Menyaksikan demonstrasi oleh guru

d.     Mendiskudikan permasalahan matematika bersama kelompok

4.     Berikut ini merupakan karakteristik mata pelajaran PPKn di sekolah dasar, kecuali ….

a.     Mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan NKRI

b.     Kehidupan yang demokratis di dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat

c.      Penghargaan terhadap hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, dan tanggung jawab sosial

d.     Di masa yang akan datang peserta didik menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan

5.     Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah…

a.     Berperan serta dalam permainan logika

b.     Mulai menyukai teman sebaya sesama jenis

c.      Dapat ekerja dalam durasi waktu yang lama

d.     Menyukai teman sebaya lawan jenis

6.     Berikut merupakan software untuk mebuat video pembelajaran ….

a.     Audio maker

b.     Movie maker

c.      Power DVD

d.     Windows media player

7.     Peserta didik mempunyai kompetensi berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis merupakan tujuan mata pelajaran ….

a.     IPS

b.     Bahasa Indonesia

c.      IPA

d.     Pendidikan Kewarganegaraan

8.     Dalam pembelajaran, Ibu Arini meminta siswa mengumpulkan data berat badan seluruh siswa dan menyajikannnya dalam bentuk tabel atau grafik yang sesuai.

Kompetensi Dasar yang diajarkan adalah ….

a.     Melakukan percobaan mengumpulkan data

b.     Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian

c.      Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik sederhana, tabel, dan grafik

d.     Mengumpulkan data menggunakan kuosioner sederhana, mengolah, dan memparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai

9.     Pada Ms. Word, ketika akan menuliskan suatu bilangan dalam bentuk akar, maka template yang dipilih pada Structures adalah ….

a.     Script

b.     Function

c.      Radical

d.     Fraction

10.Dalam proses pembelajaran Matematika, khususnya ketika mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan sehari-hari, maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….

a.     Pekerjaan

b.     Kesehatan

c.      Status

d.     Penampilan

11.Materi ajar yang tidak sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.3 “Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam” adalah ….

a.     Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku

b.     Menentukan besar sudut dengan satuan baku

c.      Menentukan besar sudut antara dua jarum jam

d.     Menyebutkan jenis-jenis sudut

12.Berikut ini adalah KD pada KI 4 di Kelas Tinggi Sd.

“Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku”.

Materi ajar yang sesuai dengan KD di atas adalah ….

a.     Jenis-jenis campuran dan larutan

b.     Bagian-bagian teks laporan investigasi

c.      Perbedaan campuran dan larutan

d.     Ciri khusus makhluk hidup

13.Untuk mencapai pengalaman belajar berdimensi sikap, yaitu “Pribadi yang percaya diri dan bertanggung jawab” dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan” materi tepat yang dipilih adalah ….

a.     Kebersamaan dalam masyarakat

b.     Gotong-royong

c.      Musyawarah-mufakat

d.     Cinta tanah air

14.Variasi dalam kombinasi gerak dasar atletik terdiri dari :

1.     Jalan

2.     Lari

3.     Lompat

4.     Lempar

5.     Jongkok

Yang tidak termasuk kombinasi gerak dasar adalah ….

a.     2

b.     2

c.      1

d.     5

15. 

Tombol no 2 pada kotak dialog Record Sound di atas digunakan untuk ….

a.     Menyimpan hasil rekaman

b.     Menghentikan rekaman

c.      Membatalkan rekaman

d.     Memulai rekaman

16.Bu Rita akanmembuat media untuk membelajarkan peserta didiknya mengenai gradien, sehingga tampilan visualnya juga akan berubah sesuai dengan nilai gradien yang diberikan. Software yang paling sesuai digunakan Bu Rita untuk membuat media tersebut adalah ….

a.     Ms Acces

b.     Ms Word

c.      Ms PowerPoint

d.     Geogebra

17.Bu Rani mengajarsiswa kelas VI dengan menggunakan alat peraga berupa penyajian data dalam diagram batang dan garis. Siswa kemudian diminta menginterpretasikan data pada grafik menggunakan tabel.

Kompetensi Dasar yang ingin dicapai Bu Rani adalah….

a.     Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian

b.     Jawaban A,B dan C benar

c.      Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik sederhana, tabel, dan grafik

d.     Mengumpulkan data menggunakan kuosioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai

18.Berikut ini merupakan komponen perangkat keras/hardware dari komputer, kecuali ….

a.     RAM

b.     Hard Disk

c.      Prosesor

d.     DOS

19.Ketika menyiapkan bahan ajar di Ms Word, untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan. Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah ….

a.     Klik gambar

b.     Klik ikon Picture

c.      Klik ikon Crop

d.     Klik tab Format

20.Mata pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan ….

a.     Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global

b.     Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan

c.      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global

d.     Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah

21.Pada anak usiaSekolah Dasar sering disebut “usia berkelompok”. Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….

a.     Sosial

b.     Moral

c.      Intelektual

d.     Emosional

22.Untuk mengajarkan materi IPS (Organisasi dan Sistem Sosial) yang sesuai dengan perkembangan peserta didik jenjang SD, guru dapat memilih materi pembelajaran tentang ….

a.     Sistem pemerintahan di tingkat pusat

b.     Lembaga-lembaga negara

c.      Organisasi kemasyarakatan yang ada di tingkat desa dan kecamatan

d.     Organisasi politik

23.Jika pengalaman belajar yang ditentukan adalah “ Siswa mampu berpikir logis dan sistematis, serta berinteraksi secara santun dengan orang lain secara langsung dan tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi”. Maka integrasi 3 mata pelajaran yang tepat untuk mewujudkan pengalaman tersebut adalah ….

a.     Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan dan Matematika

b.     Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam

c.      Mata Pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial

d.     Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika

24.Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat merupakan komponen kemampuan ….

a.     Membaca

b.     Mendengarkan

c.      Menulis

d.     Berbicara

25.Gambar berikut merupakan tampilan dari PowerPoint .

Gambar yang ditunjukkan oleh nomor 1 adalah ….

a.     Slide Pane

b.     Area Kerja

c.      Ribbon

d.     Toolbar 

26.Pembelajaran kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….

a.     Merngsang siswa lebih aktif belajar

b.     Membangkitkan minat siswa

c.      Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan

d.     Memberi kesempatan siswa berkreasi

27.Bu Ruri akanmengajar di kelas V dengan subtema “Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan”. Di tempatnya bertugas terkadang terjadi pemadaman listrik. Untuk mengatasi hal tersebut, Bu Ruri dapat menggunakan media ….

a.     Gambar, buku, majalah, foto, surat kabar, dan lingkungan

b.     Gambar, buku, peta, film, dan globe

c.      Gambar, buku, internet, dan surat kabar

d.     Gambar, buku, video, diorama, dan surat kabar

28.Materi pembelajaran IPA SD dikembangkan berbasis pada SKL< karakteristik, dan ruang lingkup mata pelajaran. Tabel berikut menggambarkan hubungan kelompok mata pelajaran IPA dengan jenis materinya.

A.    Makhluk hidup dan proses kehidupannya

Manusia, hewan, dan tumbuhan dan iteraksinya dengan lingkungan serta kesehatan

B.     Benda, kegunaan, dan sifat-sifatnya

Benda bumi, benda angkasa, benda air

C.     Energi dan sifat-sifatnya

Bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana

D.    Bumi dan alam semesta

Tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya

 

Hubungan antara kelompok materi dan jenis materinya yang tepat adalah ….

a.     A, B, dan D

b.     A, B, dan C

c.      A, C, dan D

d.    

29.Manakah materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar Matematika kelas VI, “Mengenal unsur-unsur lingkaran?”

a.     Luas dan volume lingkaran

b.     Menyajikan data mengguanakan diagram lingkaran

c.      Menentukan letak pusat ligkaran

d.     Menntukan jari-jari lingkaran dari diameter yang telah diketahui

 

3 komentar untuk "SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL I"