SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL A BAGIAN 2

SOAL LATIHAN POSTEST MODUL A BAGIAN 2

1. Anak berusia 6-10 tahun memiliki sifat-sifat anak, kecuali memiliki sikap…
a. Kecenderungan memuji diri sendiri
b. Mematuhi peraturan
c. Suka membanding-bandingkan
d. Suka melawan
2. Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan berolahraga, tubuh selalu sehat dan prima sepanjang hari. Tubuh yang sehat akan membuat kita terhindardari penyakit sehingga kita bisa menjalani aktivitas tanpa halangan apaun. Tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit memudahkan mewujudkan mimpi-mimpi kita (Sumber : http://www.kelasindonesia.com)
Ide poko paragrafdi atas adalah…
a. Tubuh yang sehat akan memudahkan kita mewujudkan mimpi-mimpi kita
b. Bila berolahraga, tubuh kita akan selalu sehat dan prima sepanjanghari
c. Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita
d. Tubuh yang sehat akan membuat kita terhindardari penyakit
3. Perhatikan petikan puisi di bawah ini
Sepi menyanyi, malam dalam mendoa tiba
Meriak muka air kolam jiwa
Dan dalam dadaku memerdu lagu
Menarik menari seluruh aku
(Sumber : https//kelasmayaku wordpress.com)
Imaji yang terdapat dalam petikan puisi di atas adalah ….
a. Pendengaran
b. Perabaan
c. Penglihatan
d. Penciuman
4. Cermatilah paragraf berikut !
(1) Banyak obyek wisata yang terdapat di Indonesia
(2) Tempat obyek wisata di Indonesia banyak yang menarik
(3) Para pelajar banyak yang mengunjungi obyek wisata saat libur sekolah
(4) Mereka bergembira saat berwisata bersama teman-teman dan gurunya
Kalimat yang berpola SPOK adalah kalimat nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
5. Dalam mempelajari aspek moral, Hurlock menyebutkan ada 4 hal utama, kecuali …..
a. Mengembangkan hati nurani atau suara hati
b. Belajar mengalami perasaan bersalah dan rasa malu
c. Berinteraksi dengan teman-teman sebayanya
d. Mempelajari apa yang diharapkan kelompok sosial dari anggotanya
6. Pak Yusuf adalah guru kelas 5 SD Nusantara. Beliau selalu berupaya memfasilitasi siswa-siswanya mengembangkan prestasi terbaik sesuai dengan potensinya. Berikut ini beberapa hal yang dilakukan Pak yusuf, kecuali ….
a. Merancangstrategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman karakteristik peserta didik di kelasnya
b. Memahami dan memiliki catatan peserta didik yang perkembangannya lambat, normal atau cepat
c. Menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan pribadi peserta didik agar setiap individu dapat mengembangkan potensinya
d. Membebaskan peserta didik menguasai berbagai keterampilan dan kemampuan sesuai dengan tugas dan tahap perkembangannya
7. Kalimat yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang berikut adalah ….
Tanaman hias dapat diletakkan di dalam atau di luar ruangan, baik di rumah, di kantor atau di mana saja. Berbagai jenis tanaman hias dijual dengan harga bervariasi. Agar tanaman hias tampil indah, harus dirawat dengan baik. Sumber : htttp://nindaa17.blogspot.co.id/2013/10
a. Banyak jenis tanaman hias yang dapat kita tanam
b. Cara menananm tanaman hias sangat mudah
c. Saya sangat senang menanam tanaman hias
d. Tanaman hias merupakan tanaman yang berfungsi untuk menambah keindahan
8. Bu Fitri, guru kelas 5 SD ingin mengenalkan kosakata “menawan”, “tersanjung”, “terpikat”. Faktor yang harus diperhatikan Bu Fitri dalam penambahan kosakata tersebut adalah ….
a. Biologi
b. Intelegensi
c. Motivasi
d. Permainan
9. Berikut ini merupakan ciri-ciri peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, kecuali ….
a. Dalam batas waktu tertentu tidak mencapai ukuran tingkat keberhasilan atau penguasaan minimal yang telah ditetapkan
b. Tidak dapat mengerjakan atau mencapai prestasi yang semestinya (berdasarkan intelegensinya)
c. Tidak dapat berangkat ke sekolah karena tidak ada transportasi untuk pergi ke sekolah dari rumahnya
d. Tidak mewujudkan tugas-tugas perkembangan , termasuk penyesuaian sosial sesuai dengan pola organisme pada fase perkembangan tertentu
10. Berikut adalah faktor-faktor di uar diri siswa yang menjadi penyebab kesulitan belajar, kecuali ….
a. Penyesuaian
b. Materi
c. Kualifikasi guru
d. Pembelajaran
11. Pak Haryanto, guru kelas IV SD ingin mengenalkan kosakata “pengairan”, “berinteraksi”, “terpisahkan”. Faktor yang harus diperhatikan Pak Haryanto dalam penambahan kosakata tersebut adalah ….
a. Motivasi
b. Biologi
c. Intelegensi
d. Permainan
12. Sambil memegang mulutnya yang berdarah ia berdiri di mulut pintu rumahnya.
Kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut memiliki hubungan makna ….
a. homofon
b. homograf
c. polisemi
d. hiponim
13. perhatikan paragraf di bawah ini !
(1) mazdha siswa yang aktif
(2) aktivitasnya sangat padat dalam kegiatan akademik dan nonakademik
(3) ia selalu menyusun program kegiatan yang akan dilaksanakan dan berani menanggung resiko
(4) ia juga senang membantu temannya di ruangpraktek di sekolahnya
kata baku terdapat pada kalimat nomor ….
a. (2)
b. (3)
c. (4)
d. (1)
14. Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Menurut data yang beredarbahwa ada satu korban yang meninggal setiap harinya. Keganasan penyakit ini tak hanya menyerang orang tua dan dewasa saja, tetapi remaja bahkan anak-anak bisa menderita penyakit ini. Di Indonesia saja ada ribuan lebih penderita yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit ii. Penyakit jantung ini dikatakan sebagai pembunuh berbahaya karena penyakit ini menyerang korbannya secara tiba-tiba sehingga jika tidak ditolong sang korban akan kehilangan nyawanya.
(Sumber: http//www.kelasindonesia.com)
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
a. Penyakit jantung juga dapat menyerang remaja bahkan anak-anak
b. Penyakit jantung dikatakan sebagai pembunuh berbahaya
c. Penyakit jantung di Indonesia, ada ribuan lebih penderita yang berjuang untuk sembuh
d. Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia
15. Pernyataan di bawah ini yang merupakan prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan, kecuali ….
a. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor bawan, lingkungan, dan kematangan.
b. Perkembangan individeu berdasarkan latar belakang, jenis geografis, dan kultur
c. Perkembangan berlangsung secara progresif, sistemik, dan berkesinambungan
d. Perkembangan peserta didik dipengaruhi oleh faktor pengembangan materi ajar
16. Teks 1
Pergi sekolah pagi-pagi
Jangan lupa makan sarapan
Jika kamu tak mau rugi
Raihlah ilmu pendidikan
(Sumber: htttp://rejoasri5.mywapblog.com)
Teks 2
Sebagai murid haruslah rajin
Belajar keras haruslah yakin
Ulang hafalan haruslah rutin
Jalan dilewat semakin licin
(Sumber: http://marchsada.blogspot.co.id/ )
Persamaan kedua jenis sastra di atas adalah ….
a. Terdapat sampiran dan isi
b. Pola persajakan dan jumlah kata
c. Berisi nasihat
d. Jumlah suku kata
17. Bacalah teks berikut
Devi mulai menulis ketika duduk di kelas 6 SD. Pelajar SDN 01 Paseban ini gemar menulis cerita bertema persahabatan dan fantasi. Saat berlibur , “Inspirasi menulis bisa datang dari mana saja, terutama dari film, buku, pengalaman pribadi dan imajinasi,” ujar gadis ini. Dilihat dari pokok permasalahannya petikan paragraf di atas termasuk ke dalam ragam bahasa ….
a. Jurnalistik
b. Penelitian
c. Pendidikan
d. Resmi
18. Terdapat perbedaan peserta didik dalam penguasaan tugas-tugas perkembsngan. Ada yang cepat,, lambat, dan normal. Untuk kepentingan bimbingan dalam pembelajaran, guru perlu mengetahui ….
a. Tingkatpenguasaan materi tentang perkembangan siswa dalam berbagai aspek perkembangan
b. Tingkatpenguasaan tugas-tugas perkembangan pengetahuan siswa dalam berbagai aspek perkembangan
c. Tingkat penguasaan karakter perkembangan siswa dalam berbagai aspek perkembangan
d. Tingkat penguasaan tugas-tugas perkembangan siswa dalam berbagai aspek perkembangan
19. Berdasarkan teori perkembangan moral Kohlberg, hal yang terjadi padatahap penalaran prakonvensionaadalah ….
a. Anak menghargai kebenaran, kepedulian dan kesetiaan kepada orang lain sebagai landasan pertimbangan moral
b. Anak tidak memperlihatkan internalisasi nilai-nilai moral tetapi dikendalikan oleh hadiah dan hukuman eksternal
c. Terjadi internalisasi moral pada individu dan tidak berdasarkan pada standar moral orang lain
d. Anak patuh secara internal pada standar tertentu yang dasarnya ditetapkan oleh orang lain, seperti orang tua atau oleh aturan sosial
20. Amanat yang terdapat dalam petikan gurindam di bawah ini adalah ….
Kurang pikir kurangsiasat
Kelak dirimu pasti tersesat
Jika kena penyakit kikir
Sanak saudara akan menyingkir
Pikir dulu sebelum berkata
Supaya terelak silang sengketa
(Sumber:http://www.maribelajarbk.web.id/)
a. Nasihat supaya jangan hidup kikir
b. Nasihat supaya selalu berbuat baik
c. Nasihat supaya kita selalu berpikir
d. Nasihat supaya berpikir dulu sebelum bicara
21. Kalimat yang memiliki pola bersubjek nomina dan berpredikat adjektiva adalah ….
a. Panjang rumah itu dua puuh meter
b. Kami berpikir
c. Buku pelajaran ini memberikan saya kepintaran
d. Suku bunga bank sangat tinggi
22. Kalimat yang memiliki pola bersubjek nomina dan berpredikat numeralia adalah ….
a. Pekerjaannya sangat berat
b. Panjang meja ini satu meter
c. Saya mengajar
d. Surat kabar ini memberikan saya informasi
23. Guru dapat mengembangkan kecerdasan emosi dan keterampilan sosial peserta didik dengan cara ….
a. Memfasilitasi tumbuhnya kerjasama, misalnya cooperative learning dan pembelajaran berbasisi inkuiri
b. Melakukan pembedaan dan memperlakukan orang lain dengan berbeda
c. Mengajarkan jenis-jenis hubungan sosial dan mendorong peningkatan prestasi yang tinggi
d. Mengatasi masalah dengan teman yang nakal dan mendorong kompetisi
24. Kalimat yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang berikut adalah ….
Walaupun demikian kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan pada masyarakat kita sangat kurang. Kebiasaan-kebiasaan serba asal masih terlalu melekat dalam kehidupan.
(Sumber: http://www.smansax1-edu.com/)
a. Lingkungan yang bersih merupakan awal hidup sehat
b. Bayangkan jika kita sekolah di tempat yang super jorok kebersihan ruang dan sekitar
c. Selain untuk mendapatkan derajat kesehatan yang lebih baik, lingkungan sehat juga bisa melahirkan kreatifitas lebih
d. Bukan hanya daerah sekitar rumah tetapi meliputi lingkungan tempat bekerja
25. Cermatilah paragraf berikut!
(1) Kampung kami mayoritas penduduknya bertani
(2) Mereka sangat rajin bekerja
(3) Petani menanam palawija di kebunnya
(4) Hasil palawija mereka sangat baik
Berdasarkan paragraf di atas, kalimat yang berpola SPOK adalah kalimat nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
26. Bu Lina mendapat tugas dari Kepala Sekolah untuk ikut memajukan sekolah sehingga 1-2 tahun ke depan sekolah berprestasi akademik tingkat Kabupaten. Maka langkah yang dilakukan oleh Bu Lina adalah ….
a. Identifikasi faktor penyebab-identifikasi kasus-identifikasi masalah-alternatif penyelesaian-pemilihan tindakan
b. identifikasi masalah- identifikasi kasus- Identifikasi faktor penyebab- alternatif penyelesaian- pemilihan tindakan
c. identifikasi kasus- identifikasi masalah- Identifikasi faktor penyebab- alternatif penyelesaian- pemilihan tindakan
d. identifikasi kasus- identifikasi masalah- Identifikasi faktor penyebab- alternatif penyelesaian- pemilihan tindakan
27. Bu Elin guru SD Damai Sejahtera mengajar kelas III. Siswanya berjumlah 17 orang, beberapa siswanya terlihat sangat pendiam, pandai menggambar, sementara ada juga siswa yang sangat aktif. Sebagai guru di Semester satu, Ibu Julien ingin mengakomodir keragaman potensi peserta didik yang ada di kelasnya, agar dapat memberikan pelayanan yang optimal.
Apakah yang harus dilakukan Ibu Julien agar keragaman potensi peserta didik yang ada di kelas dapat diakomodir dengan baik ….
a. Menciptakan iklim belajar yang kondusif untuk pertumbuhan dan pengembangan diri peserta didik
b. Mengidentifikasi kemampuan intelektual atau kecerdasan umum, kecerdasan majemuk, dan bakat peserta didik
c. Merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan perbedaan kecerdasan intelektual peserta didik
d. Menganalisis prestasi belajar, tugas, dan karya peserta didik untuk menidentifikasi aspek kecakapan dan kepribadian peserta didik

Posting Komentar untuk "SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL A BAGIAN 2"