GAMBAR SAMPUL MODUL PKB SD KELAS TINGGI KK D |
SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL D
1. Dalam tekak atau faring terdapat organ tubuh yang berfungsi untuk menjaga agar makanan tidak masuk ke dalam saluran pernafasan. Organ tubuh tersebut bernama…
B. Alveolus
C. Lobus
D. Epiglottis
2. Dalam suatu ekosistem kolam, terdapat beberapa komponen, antara lain:
1. Bakteri pengurai
2. Zat organic
3. Ikan herbivore
4. Fitoplankton
5. Ikan karnovora
Dari beberapa komponen-komponen tersebut, dapat disusun suatu makanan. Susunan rantai makanan yang benar adalah …
A. 1 – 2 – 4 – 3 – 5
B. 2 – 4 – 3 – 5 – 1
C. 4 – 2 – 3 – 5 – 1
D. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
3. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar tersebut merupakan keterpaduan pendekatan tematik model ….
A. Jarring laba-laba
B. Terpadu
C. Keterhubungan
D. Fragmented
4. Jaringan yang berasal dari pembelahan sel-sel meristem dan telah mengalami diferensiasi adalah …
A. Xilem
C. Permanen
D. Floem
5. Jaringan tumbuhan mampu melakukan pembelahan diri terus-menerus adalah …
A. Floem
B. Xylem
C. Meristem
D. Permanen
6. Berikut ini yang termasuk sumber daya alam non hayati adalah …
A. Ayam
B. Mutiara
C. Kapas
D. Minyak bumi
7. Unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti: tanah, air, udara, meja kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan lainnya. Berbagai benda tidak hidup yang ada di sekitar kita, disebut unsur ….
A. Lingkungan
B. Abiotic
C. Biotik
D. Alam
8. Dibawah ini yang bukan merupakan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative alami adalah …
A. Stolon
B. Rhizoma
C. Tunas
D. Setek
9. Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ pencernaan kita ialah…
A. Makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak, menggunakan peralatan yang bersih untuk makan dan minum
B. Mengkonsumsi makanan siap saji, menghangatkan makanan yang masih layak makan,menggunakan peralatan dari plastic hasil daur ulang
C. Mencuci buah-buahan dan sayuran, menggunakan detergen, menggunakan peralatan makan dari bahan plastic hasil daur ulang
D. Mencuci tangan sebelum makan, makan teratur, mencuci buah-buahan dan sayuran, menggunakan peralatan yang bersih untuk makan dan minum
10. Berikut ini merupakan kegiatan pengolahan sumber daya dengan menggunakan teknologi, kecuali …
A. Pembuatan bahan pakaian
B. Pengolahan kertas
C. Sawah tadah hujan
D. Aktivitas daur ulang
11. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar di atas merupakan pola pembelajaran tematik model …
A. Model Kombinasi
B. Model Terpadu (Integrated)
C. Model Jaring Laba-laba (Spider Webbed)
D. Model Keterhubungan (Connected)
A. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang tidak bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan
B. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya
C. Guru mengkomunikasikan informasi baru tidak sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik
D. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi.
13. System peredaran darah besar adalah peredaran darah yang dimulai dari …
A. Bilik kiri – aorta – seluruh tubuh – vena cava – serambi kanan
B. Bilik kiri – paru-paru – pembuluh balik paru-paru – serambi kanan
C. Bilik kanan – pembuluh nadi – paru-paru – seluruh tubuh – serambi kiri
D. Bilik kanan – pembuluh nadi paru-paru – paru-paru – pembuluh balik paru-paru – serambi kiri
14. Saat ini di daerah perbukitan dan lahan miring banyak ditanami oleh pepohonan. Hal ini penting dilakukan berkaitan dengan peran tumbuhan, yaitu …
a. Pencegah terjadinya longsor ketika hujan
b. Sebagai penyaring udara
c. Penghasil oksigen untuk manusia
d. Sebagai penyimpan air
15. Seorang guru kelas akan mengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi peranan tumbuhan hijau dalam kehidupan. Model pembelajaran yang sebaiknya dipilih agar peserta didik mampu membedakan bagian-bagian tanaman adalah ….
A. Problem Based Learning
B. Eksperimen
C. Discovery Learning
D. Inquiry Learning
16. Salah satu prinsip pembelajaran sebagai implikasi dari teori konstruktivisme dari Piaget adalah …
A. Pembelajaran hendaknya berfocus pada upaya untuk memahami cara manusia menciptakan perasaan sikap dan nilai-nilai
B. Dalam proses pembentukan pengetahuan, kebermaknaan merupakan interprestasi individual siswa terhadap pengalaman yang dialaminya
C. Siswa akan melupakan informasi, kecuali mereka berlatih atau berfikir mengenai informasi itu
D. Tujuan terpenting dalam pembelajaran adalah membantu siswa menjadi pemecahan masalah yang lebih baik
17. Kegiatan mengamati dalam pembelajaran ditempuh dengan langkah-langkah berikut …
A. Mencari objek, dokumentasi, laporan
B. Observasi, dokumentasi, evaluasi
C. Dokumentasi, laporan, tindak lanjut
D. Menentukan objek, pedoman observasi, tempat objek, melakukan pencatatan
18. Salah satu dari kegiatan 3R adalah recyle, yaitu kegiatan mendaur ulang. Contoh kegiatan recyle adalah....
a. Melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos
b. Menggunakan produk yang dapat diisi ulang
c. Memilih produk dengan pengemas yang dapat didaur ulang
d. Mengurangi penggunaan bahan sekali pakai
19. Perhatikan gambar berikut!
Bagian yang berfungsi sebagai alat kelamin jantan terdapat pada nomor....
a. 2
b. 3
c. 1
d. 4
20. Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ pencernaan ialah....
a. mengkonsumsi makanan siap saji, menghangatkan makanan yang masih layak makan, menggunakan peralatan dari plastik hasil daur ulang
b. Mencuci buah-buahan dan sayuran, menggunakan detergen, menggunakan peralatan makan dari bahan plasti daur ulang
c. Makan makanan yang bnayak menggandung karbohidrat dan lemat, menggunakan peralatan yang bersih untuk makan dan minum
d. Mencuci tangan sebelum makan, makan teratur, mencuci buah-buahan dan sayuran, menggunakan peralatan yang bersih untuk makan dan minum
21. Pada elajaran tematik yang menggabungkan kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran agar terait satu sama lain disebut....
a. Inter-disipliner
b. Trans-disipliner
c. Intra-disipliner
d. Multi-disipliner
22. Perhatikan gambar berikut ini. Organ yan berfungsi untuk menyerap air yang tidak terserap di usus halus, ditunjukan oleh nomor....
a. 9
b. 7
c. 5
d. 8
23. Berikut ini merupakan berapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, kecuali....
a. Minum air putih secukupnya
b. Menghindari tempat berasap
c. Minun minuman dingin
d. Menjaga berat badan ideal
24. Saat ini di daerah perbukitan dan lahan miring banyak ditanami oleh pepohonan. Hal ini penting dilakukan berkaitan dengan peran tumbuhan, yaitu....
a. Pencegah terjadinya longsor ketika hujan
b. Sebagai penyiman air
c. Penghasil oksigen untuk manusia
d. Sebagai penyaring udara
25. Cara perkembangbiakan tumbuhan yang melibatkan proses peleburan gametjantan dan gamet betina termasuk reproduksi....
a. Polinasi
b. Vegetatif
c. Generatif
d. Fertilasi
26. Seorang guru mapel akan mengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi sistem pencernaan pada manusia. Model pembelajaran yang sebaiknya dipilih agar peserta didik mampu membedakan organ pencernaan manusia adalah....
a. Discovery learning
b. Problem based learning
c. Inquiry learning
d. Demonstrasi
27. Jaringan yang pada daun membentuk mesofil atau daging daun, berfungsi dalam fotoosintesis dan penyimpanan cadangan makanan adalah....
a. Parekim
b. Sklerenkim
c. Kolenkim
d. Epidermis
28. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar tersebut merupakan bentuk keterpaduan pendekatan tematik model....
a. Terpadu
b. Jaring laba-laba
c. Berbagi
d. Terhubung
29. Pada pendekatan saintifik, kegiatan yang termasuk proses mengamati adalah....
a. Menggumpulkan angket dan mnegembangkan
b. Mengasosiasi dan menghitung
c. Membaca, mendengar, menyimak, melihat
d. Mendemonstrasi dan membuat pertanyaan
30. Kambium menyebabkan pertumbuhan membesar pada bagian batang, merupakan jaringan....
a. Kolenkim
b. Meristem
c. Epidermis
d. Vaskuler
31. Keseimbangan lingkungan dapat menjadi rusak jika....
a. Terjadi perubahan yang tidak melebihi daya dukung dan daya lenting
b. Terjadi perubahan yang melebihi daya dukung dan daya lenting
c. Terjadinya perubahan daya lenting lingkungan sekitar
d. Terjadi perubahan daya dukung lingkungan sekitar
32. Pebagian tumbuhan berdasar morfologi ada 3 yaitu....
a. Bertalus, alga, dan berkomus
b. Berkomus, tumbuhan luut, dan berbiji
c. Bertalus, berkomus, dan berbiji
d. Tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan berbiji
33. Pengertian ekosistem yang benar adalah....
a. Lingkungan alam sekitar dan sumber daya alam
b. Hubungan timbal balik anatara makhluk hidup dengan lingkungannya
c. Hubungan saling menguntungkan antara sesama makhluk hidup
d. Hubungan antara populasi dan komunitas
34. Timbunan lemak pada dinding pembuluh darah dapat mengakibatkan penyakit....
a. Jantung dan stroke
b. Anemia dan stroke
c. Jantung dan hepatitis
d. Hepatitis dan koroner
35. Aktivitas pembelajaran di kelas berikut menunjukan dilaksanakannya prinsip-prinsp pembelajaran yang mendidik adalah....
a. Guru mengkomunikasikan informasi baru tidak sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik
b. Guru melaksanakn aktivitas pembelajaran yang tidak bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan
c. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebaga tahapan proses pembelajaran, semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi
d. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara engkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya
36. Salah satu contoh kegiatan guru menerapkan tematik terpadu dengan model discovery learning, pada tema “selamatkan makhluk hidup”. Subtema “tumbuhan” utamanya pada kegiatan inti fase 4 pengolahan data adalah....
a. Siswa dalam kelompok kecil menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku tentan perkembangbiakan tanaman jagung
b. Siswa mencari tahu isi teks laporan investigasi melalui wawancara, pengamatan, dan studi pustaka tentang perkembangbiakan tanaman jagung
c. Siswa membuat pertanyaa mengenai tanaman sebagai sumber kehidupan berdasarkan gabar lingkungan sekitar yang telah mereka amati
d. Siwa membandingkan hasil bagian-bagian bunga yang digambarkan dengan gambar teman yang lain untuk mencari persamaan dan perbedaannya
37. Komponen rancangan pembelajaran yang berisi tentang perubahan perilaku siswa, dirumuskan secara operasional, serta dapat diukur dan diamati keterapaiannya, adalah....
a. Evaluasi pembelajaran
b. Materi pembelajaran
c. Kegiatan belajar mengajar
d. Tujuan pembelajaran
38. Penyerbukan merupakan peristiwa pertemuan....
a. Serbuk sari dengan kepala putik
b. Serbuk sari dengan biji
c. Serbuk sari dengan tangkai putik
d. Tangkai sari dengan kepala putik
39. Pernyataan berikut ii yang bukan merupakan keuntungan dari mencangkok adalah....
a. Tanamannya kokoh
b. Sifatnya sama dengan induk
c. Tanaman cepat berbuah
d. Batang tidak terlalu tinggi
40. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun bentk hasil belajar pada langkah pembelajaran mengamati adalah....
a. Jumlah dan kualitas sumber yag dikaji, kesabaran dan waktu yang digunakan
b. Jumlah dan kualitas sumber yang dikaji, kelengkapan informasi dan validasi informasi
c. Perhatian pada mengamati suatu objek, argmentasi da istrumen yang digunakan
d. Perhatian pada mengamati suatu objek, kesabaran, dan wkatu yang digunakan
41. Perhatikan fungsi organ pernapasan di bawah ini!
a. Tempat awal masuk udara
b. Merupakan alat pernapasan utama
c. Merupakan percabangan dari bronkus
d. Merupakan percabangan dari trakea, satu enuju paru-paru kanan, dan yang lain menuju paru-aru kiri
Organ pernapasan yang memiliki fungsi seperti di atas secara berurut, yaitu....
a. Hidung, paru-paru, bronkiolus, bronkus
b. Hidung, paru-paru, bronkus, bronkiolus
c. Hidung, paru-paru, bronkiolus, alveolus
d. Hidung, paru-paru, bronkus, trakea
42. “Mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengumngkapkan perndapat dengan singkat, jelas serta mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar”, merupakan kompetensi yang dikembangkan dalam tahapan kegiatan pembelajaran....
a. Mengkomunikasikan
b. Menalar
c. Mengamati
d. Mengumpulkan informasi
43. Salah satu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah: “Dengan membaca, siswa mampu menemukan informasi dan menjawab pertanyaan dari teks laporan investigasi tentang manfaat tumbuhan dengan teliti. “hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru untuk mencapai tujuan tersebut adalah adanya....
a. Ketersediaan alat dan bahan
b. Kesesuaian jumlah siswa denga kondisi ruangan
c. Kecukupan waktuu untuk belajar
d. Ketersediaan sumber-sumber bahan bacaan yang relevan
44. Berdasarkan sifatnya, batu bara termasuk dalam suber daya alam....
a. Hayati
b. Non hayati
c. Yang dapat diperbaharui
d. Yang tidak dapat diperbaharui
45. Bagian tubuh manusia yang berfugsi mengangkut dan mengedarkan oksigen setta sari-sari makanan ke seluruh tubuh adalah....
a. Darah
b. Jantung
c. Paru-paru
d. Usus
46. Unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti: tanah, air, udara, meja, kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan lainnya. Berbagai benda tidak hidup yang ada di sekitar kita, disebut unsur....
a. Abiotik
b. Biotik
c. Lingkungan
d. Alam
47. Berikut ini adalah KD pada KI 4 di kelas tinggi SD
“mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.”
Materi ajar yang sesuai dengan KD di atas adalah ....
a. Jenis jenis campuran dan larutan
b. Perbedaan campuran dan larutan
c. Bagian-bagian teks laporan investigasi
d. Ciri khusus makhluk hidup
48. “Mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar” merupakan kompetensi yang dikembangkan dalam tahap pembelajaran ....
a. Mengkomunikasikan
b. Menalar
c. Mengamati
d. Mengumpukan informasi
49. Untuk dapat membuat karya/model dengan memanfaatkan sifat-sifat cahaya, sesuai kompetensi dasar IPA kelas IV SD maka siswa harus mengetahui ...
a. Sifat-sifat cahaya
b. Gejala cahaya dan penerapannya
c. Difraksi cahaya
d. Pembiasan dan pemantulan cahaya
50. Salah satu contoh kegiatan guru menerapkan tematik terpadu dengan model Discovery learning pada tema “Selamatkan Makhluk Hidup”, Subtema “Tumbuhan” utamanya pada kegiatan inti Fase 4. Pengolahan Data adalah …
A. Siswa membuat pertanyaan mengenai tanaman sebagai sumber kehidupan berdasarkan gambar lingkungan sekitar yang telah mereka amati
B. Siswa mencari tahu isi teks laporan investigasi melalui wawancara , pengamatan, dan studi pustaka tentang perkembangbiakan tanaman jagung
C. Siswa dalam kelompok kecil menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku tentang perkembangbiakan tanaman jagung
D. Siswa membandingkan hasil bagian-bagian bunga yang digambarnya dengan gambar teman yang lain untuk mencari persamaan dan perbedaannya.
51. Pengertian ekosistem yang benar adalah …
A. Lingkungan alam sekitar dan sumber daya alam
B. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
C. Hubungan saling menguntungkan antara sesame makhluk hidup
D. Hubungan antara populasi dan komunitas
52. Jaringan yang pada daun membentuk mesofil atau daging daun, berfungsi dalam fotosintesis dan penyimpanan cadangan makanan adalah …
A. Kolenkim
B. Sklerenkim
C. Parenkim
D. Epidermis
53. Gambar tersebut merupakan bentuk keterpaduan pendekatan tematik model …
A. Jarring laba-laba
B. Terpadu
C. Keterhubungan
D. Berbagi
54. Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan. Manusia bernafas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. Manusia makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi 3, yaitu …
A. Ekosistem, biotik, social
B. Abiotic, social, ekosistem
C. Ekosistem, abiotic, biotik
D. Biotik, abiotic dan social
55. Alat perkembangbiakan tumbuhan secara generative adalah …
A. Tunas
B. Biji
C. Daun
D. Akar
56. Perhatikan gambar berikut ini!
Bagian yang berfungsi untuk melindungi mahkota saat masih kuncup terdapat pada nomor ….
A. 3
B. 2
C. 4
D. 5
57. Guru dalam merespon rencana pembelajaran, mempertimbangkan kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat motivasi belajar, kemampuan social, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan peserta didik. Prinsip penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan guru tersebut adalah …
A. Mendorong parsitipasi aktif peserta didik
B. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
C. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu
D. Memperhatikan perbedaan peserta didik
58. Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ pencernaan kita ialah …
A. Mencuci tangan sebelum makan, makan teratur, mencuci buah-buahan dan sayuran, menggunakan peralatan yang bersih untuk makan dan minum
B. Mengkonsumsi makanan yang siap saji, menghangatkan makanan yang masih layak makan, menggunakan peralatan dari plastic hasil daur ulang
C. Makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak, menggunakan peralatan yang bersih untuk makan dan minum
D. Mencuci buah-buahan dan sayuran, menggunakan detergen, menggunakan peralatan makan dari plastic hasil daur ulang
59. Keseimbangan lingkungan dapat menjadi rusak jika …
A. Terjadinya perubahan yang melebihi daya dukung dan daya lenting
B. Terjadi perubahan yang tidak melebihi daya dukung dan daya lenting
C. Terjadi perubahan daya dukung lingkungan sekitar
D. Terjadi perubahan daya lenting lingkungan sekitar
60. Pada pendekatan sintifik, kegiatan belajar yang termasuk proses mengamati adalah …
A. Mendemonstrasi dan membuat pertanyaan
B. Membaca, mendengar, menyimak, melihat
C. Mengumpulkan angket dan mengembangkan
D. Mengasosiasi dan mengubungkan
61. Perhatikan gambar berikut ini. Organ yang mempunyai utama untuk menyimpan makanan sekaligus mencerna makanan ditunjukkan oleh nomor …
A. 6
B. 8
C. 7
D. 5 (lambung)
62. Berikut ini adalah pola hidup sehat yang meningkatkan kesehetan alat peredaran darah, kecuali …
A. Pola makan yang sehat dan teratur
B. Beristirahat sesuai kebutuhan
C. Berolahraga sesuai kebutuhan
D. Makan makanan yang enak dan teratur
63. Dibawah ini yang bukan merupakan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative alami adalah …
A. Setek
B. Tunas
C. Rhizome
D. Stolon
64. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, kecuali …
A. Menjaga berat badan ideal
B. Menghindari tempat berasap
C. Minum air putih secukupnya
D. Minum minuman dingin
65. Pendekatan dalam penentuan tema yang mengaitkan berbagai kompetensi dari mata pelajaran dengan permasalahan yang ada di sekitarnya adalah…
A. Intra-disipliner
B. Multi-disipliner
C. Inter-disipliner
D. Trans-disipliner
66. Perhatikan rumusan Kompetensi Dasar IPA Kelas VI berikut: “KD 5.1 membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.” Guru merancang pembelajaran dengan materi penghantar panas dari berbagai bentuk benda, perumusan tujuan pembelajaran yang tepat adalah ….
A. Melalui percobaan guru siswa dapat membedakan kelompok benda konduktor dan isolator panas
B. Siswa dapat menyebutkan kelompok benda konduktor dan isolator
C. Siswa dapat membedakan kelompok benda konduktor dan isolator panas
D. Melalui percobaan siswa dapat membedakan kelompok konduktor dan isolator panas dengan tepat.
67. Urutan jalannya udara pernafasan dari luar ke dalam tubuh yang benar adalah …
A. Ronggan – trakea – laring – alveolus – bronkus
B. Ringga hidung – laring – trakea – bronkus – alveolus
C. Rongga hidung – trakea – laring – bronkus – alveolus
D. Rongga hidung – trakea – alveolus – laring – bronkus
68. Dalam ekosistem persawahan terdapat jarring makanan sebagai berikut
Bila dalam ekosistem tersebut ular habis diburu manusia, maka yang dapat diupayakan manusia agar hama tikus tidak mengganggu pertanian padi adalah …
A. Membasmi hama belalang dengan pestisida
B. Mengusir burung pemakan padi
C. Menjaga kelestarian elang
D. Menjaga kelestarian katak
69. Bentuk hasil belajar yang sesuai dengan langkah mengamati dalam pendekatan saintifik adalah …
A. Instrument atau alat yang digunakan untuk mengumpulkan data
B. Jenis kualitas dan jumlah pertanyaan yang diajukan peserta didik
C. Perhatian pada waktu mengamati objek atau membaca tulisan
D. Jumlah dan kualitas sumber yang dikaji atau digunakan
70. “mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berfikir sistematis, menggunakan pendapat dengan singkat, jelas, serta mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar”, merupakan kompetensi yang dikembangkan dalam tahapan kegiatan pembelajaran …
A. Menalar
B. Mengumpulkan informasi
C. Mengamati
D. Mengkomunikasikan
71. Seorang guru kelas akan mengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi peranan tumbuhan hijau dalam kehidupan. Model pembelajaran yang sebaiknya dipilih agar peserta didik mampu membedakan bagian tanaman adalah …
A. Eksperimen
B. Inquiry Learning
C. Discovery Learning
D. Problem Based Learning
72. Proses peleburan antara inti sperma dengan sel telur pada tumbuhan di sebut …
A. Polinasi
B. Peleburan
C. Penyerbukan
D. Pembuahan
73. Salah satu contoh kegiatan reduce dalam upaya mengurangi limbah adalah …
A. Melakukan pengolahan sampah menjadi barang bermanfaat
B. Memilih produk yang dapat didaur ulang
C. Mengolah sampah organic menjadi kompos
D. Menggunakan wadah yang dapat digunakan berulang-ulang
74. Cara yang digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung disebut…
A. Teknik pembelajaran
B. Strategi pembelajaran
C. Pendekatan pembelajaran
D. Metode pembelajaran
75. Contoh pemanfaatan energy altenatif adalah …
A. Mengerikan ikan asin dengan oven
B. Menggunakan alat pemanas air energy matahari
C. Memasak dengan kompor inyak tanah
D. Menggunakan solar untuk bahan bakar mobil
76. System peredaran darah besar adalah peredaran darah yang dimulai dari …
A. Bilik kiri - paru-paru – pembuluh balik paru-paru – serambi kanan
B. Bilik kiri – aorta – seluruh tubuh – vena cava – serambi kanan
C. Bilik kanan – pembuluh nadi paru-paru – paru-paru – pembuluh bilih paru-paru – serambi kiri
D. Bilik kanan – pembuluh nadi paru-paru – seluruh tubuh – serambi kiri
77. Jaringan tumbuhan yang mampu melakukan pembelahan diri terus-menurus adalah …
A. Floem
B. Xilem
C. Meristem
D. Permanen
Posting Komentar untuk "SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL D"