SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL A BAGIAN 1


SOAL LATIHAN POSTEST MODUL A GURU SD KELAS ATAS BAGIAN 1

1.    Pak Basuki, guru SD kelas IV, meminta siswanya untuk mengucapkan kata-kata yang mengandung kluster misalnya /pasrah/, /klinik/, /pleonasme/.
Faktor bahasa yang diperoleh peserta didik Pak Basuki adalah....
a.      Biologis (dipengaruhi otak, alat dengar, dan alat ucap )
b.      Motivasi
c.       Intelegensi (daya atau kemampuan anak dalam berpikir atau bernalar )
d.      pembelajaran
2.    masa Sekolah dasar (anak usia 6,0 smpai dengan 12,0 tahun) meliputi masa kelas rendah (usia 6/7 tahun sampai dengan 9/10 tahun) dari masa kelas tinggi (usian 9/10 sampai dengan 12/13).
Ciri-ciri yang nampak pada masa kelas tinggi adalah....
a.      Memiliki minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkret ( Hal 20 )
b.      Terdapat kecenderungan memuji diri sendiri (menyebut nama sendiri)
c.       Sikap mematuhi kepada peraturan permainan tradisional
d.      Suka membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain
3.    Karena kalah mental terlebih dahulu, petinju itu langsung mental ke luar ring setelah terkena pukulan dari lawan. Kata yang tercetak miring pada kalimat tersebut memiliki hubungan makna....
a.       Polisemi (banyak makna )
b.      Homopon ( dibaca sama, penulisan dan arti berbeda) hal 85
c.       Homograf ( penulisan sama, dibaca dan makna berbeda ) hal 85
d.      Homonim ( homofon dan homograf )
4.    Guru dapat mengembangkan kecerdasan emosi dan keterampilan sosial peserta didik dengan cara... (.hal 78)
a.       Mengajarkan jenis-jenis hubungan sosial dan mendorong peningkatan prestasi yang tinggi
b.      Melakukan perbedaan dan memperlakukan orang lain dengan berbeda
c.       Mengatasi masalah dengan teman yang nakal dan mendorong kompetensi
d.      Memfasilitasi tumbuhnya kerja sama, misalnya cooferative learning dari pembelajaran berbasis inkuiri
5.    Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan berolahraga, tubuh selalu sehat dan prima sepanjang haru. Tuuh yang sehat akan membuat kita terhindar dari penyakit sehingg akita menjalani aktivitas tanpa halangan apapun. Tubuh yang sehat dan tebebas dari penyakit memudahkan muwejudkan mimpi-mimpi kita
(sumber:http://www.kelasindonesia.com/)
Ide pokok paragraf di atas adalah....
a.       Tubuh yang sehat akan memudahkan kita mewujudkan mimp-impi kita
b.      Bila berolahraga tubuh kita akan selalu sehat dan prima sepanjang hari
c.       Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita
d.      Tubuh yag sehat akam membuat kita terhindar dari penyakit
6.    Kegiatan pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan bagi peserta didik adalah....
a.       Membuat soal berbeda-beda untuk setiap kemampuan peserta didik
b.      Menggunakan sistem bintang untuk mencapai tujuan pembelajaran bagi peserta didik sesuai dengan kecepatan belajarnya
c.       Peserta didik yang cepat belajar membantu yang lambat
d.      Belajar berkelompok dengan laporan hasil belajar satu laporan setiap kelompok
7.    Kalimat yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang berikut ini adalah....
Walaupun demikian kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan pada masyarakat kita sangat kurang. Kebiasaan-kebiasaan seba asal masih terlalu melekat dalam kehidupan.
(sumber:http://www.smansax1-edu.com/)
a.       Bayangkan jika kita sekolah di tempat yang super jorok kebersihan ruang dan sekitar
b.      Lingkungan yang bersih merupakan awal hidup sehat
c.       Selain untuk mendapatkan derajat yang lebih baik, lingkungan sehat juga bisa melahirkan kreatifitas lebih
d.      Bukan hanya daerah sekitar rumah tetapi meliputi lingkungan tempat bekerja
8.    Amanat yang terdapat dalam petikan gurindam di bawah ini adalah....
Kurang pikir kurang siasat
Kelak dirimu pasti tersesat

Jika kena penyakit kikir
Sanak saudara akan menyingkir

Pikir dulu sebelum berkata
Supaya terelak silang sengketa

(sumber:http://www.maribelajar.we.id/)
a.       Nasihat supaya berpikir dulu sebelum bicara
b.      Nasihat supaya selalu berbuat baik
c.       Nasihat supaya selalu berpikir
d.      Nasihat supaya jangan hidup kikir
9.    Cermati paragraf berikut!
(1)   Siang yang panas ini, matahari membakar bumi
(2)   Ibu Anis mengajar bahasa Indonesia di sekolah
(3)   Sekolah tempat Ibu Anis mengajar ada di kampungku
(4)   Ibu Anis sangat sayang kepada murid-muridnya
Berdasarkan paragraf di atas  kalimat yang berpola SPOK yaitu....
a.       (3)
b.      (4)
c.       (1)
d.      (2)
10.              Cermati paragraf berikut!
(1)   Banyak obyek wisata yang terdapat di Indonesia
(2)   Tempat obyek wisata di Indonesia banyak yang menarik
(3)   Para pelajar yang mengunjungi obyek wisata saat libur sekolah
(4)   Mreka bergembira saat berwisata bersama teman-teman dan gurunya
Berdasarkan paragraf di atas  kalimat yang berpola SPOK yaitu....
a.       (4)
b.      (2)
c.       (1)
d.      (3) .......>  tolong di kaji lagi
11.                   Dalam mempelajari aspek moral, Hurlock menyebutkan ada 4 hal utama, kecuali...( hal.88/89 )
a.      Berinteraksi dengan teman-teman sebayanya
b.      Belajar mengalami perasaan bersalah dan rasa malu
c.       Mengembangkan hati nurani atau suara hati
d.      Mempelajari apa yang diharapkan kelompok sosial dari anggotanya 
12.    Bacalah teks berikut.
Devi mulai menulis ketika duduk di kelas 6 SD. Pelajar SDN 01 Paseban ini gemar menulis cerita bertema persahabatan dan fantasi saat berlibur. “Inspirasi menulis bisa datang dari mana saja, terutama dari film, buku, pengalaman pribadi dan imajinasi.” Ujar gadis ini
Dilihat dari pokok permasalahannya petikan paragraf di atas termasuk ke dalam ragam bahasa....
a.       Pendidikan
b.      Resmi
c.       Jurnalistik
d.      Penelitian         
13.              Kalimat yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang berikut adalah...
Untuk menambah wawasan bagi yang bekerja di sektor pendidikan, membaca beberapa contoh artkel pendidikan menjadi pilihannya. Apalagi kemajuan teknologi saat ini telah membawa kemudahan untuk kita mencari informasi termasuk juga masalah di dunia pendidikan....
(sumber:http://smansax1-edu.com/)
a.       Menikmati ulasan artikel pendidikan yang berkaitan dengan masalah pendidikan di Indonesia
b.      Karena kebanyakan dari mereka merasa pendidikan saat ini sangat berbeda dengan pendidikan di zaman mereka
c.       Banyak topik  yang dibahas di beberapa contoh artikel pendidikan
d.      Tidak hanya para pendidik, orang tua murid pun kini juga membutuhkan pengetahuan tersebut
14.              Perbedaan karateristik dalam kemampuan awal antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainya dalam satu kelas harus menjadi dasar dalam menentukan....
a.       Teknik pembelajaran
b.      Perencanaan pembelajaran
c.       Media pembelajaran
d.      Metode pembelajaran
15.              Berikut ini merupakan ciri-ciri peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, kecuali....
a.       Tidak dapat mengerjakan atau mencapai prestasi yang semestinya (berdasarkan intelegensinya)
b.      Tidak mewujudkan tugas-tugas perkembangan, termasuk penyesuaian sosial sesuai dengan organisme pada fase perkembangan tertentu
c.       Tidak dapat berangkat ke sekolah karena tidak ada transportasi untuk pergi ke sekolah dari rumahnya
d.      Dalam batas waktu tertentu tidak mencapai ukuran tingkat keberhasilan atau penguasaan minimal yang telah ditetapkan
16.              Anak berusis 6-10 tahun memiliki sifat-sifat anak, kecuali memiliki sikap....( Hal. 19 )
a.       Mematuhi peraturan
b.      Suka melawan
c.       Suka membanding-bandingkan
d.      Kecenderungan memuji diri sendiri
17.    Perhatikan teks berikut!
Teks 1:
Sungguh agama telah berkabar
Menjadi guru haruslah sabar
Kasih dan syang dibuka lebar
Dilatih keras membuka nalar
(sumber:http://marchsada.blogspot.co.id/)

Teks2:
Doa
Karya: Chairil Anwar
Kepada pemeluk teguh

Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut nama-Mu
Biar susah sungguh
Mengingat Kau penuh seluruh

Caya-Mu panas suci
Tinggal kerlip lilin di kelam sunyi

Tuhanku

Aku hilang bentuk
Remuk
....
(sumber:http://mjbrigaseli.blogspot.co.id/)
Berdasarkan petikan teks di atas pernyataan yang benar adalah.... ( hal.131 )
a.      Teks pertama syair, teks kedua hymne (berisi pujian untuk Tuhan) .  Syair bersajak : a-a-a-a
b.      Teks pertama syair, teks kedua ode(sanjungan untuk orang, benda, atau peristiwa yang memuliakan )
a.       Teks pertama pantun, teks kedua hymne
b.      Teks pertama pantun, teks kedua ode
18.    Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada si sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati.benda hidup sepert manusia, binatang, dan tumbuhan perlu makanan dan berkembang biak. Benda mati anatar lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jka terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tentram, lahir dan batin.
Kata berawalan (prefiks) yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah....
a.       Berhubungan
b.      Lingkungan
c.       Berkembang
d.      Menciptakan    
19.    Saat umur 2 tahun Anis mengucapkan /nauju/ untuk setuju. Namun dia menolak ketika bunda mengucapkan/nauju/ untuk setuju.
Faktor yang mempengaruhi perolehan bahasa Anis adalah....
a.      Intelegensi
b.      Lingkungan
c.       Biologis
d.      Motivasi          
20.    perhatikan petikan Novel berikut
Amelia
“ hanya lihat, kak. Boleh kan?” Amelia memasang wajah polos itu. Membujuk dengan mata bundar hitam sambil memperbaiki letak rambutnya yang panjang sepinggang
“ janji hanya lihat, kak. Sebentar saja kok.” Amelia mulai merajuk
Watak tokoh Amelia pada kutipan novel di atas adalah
a.    ramah
b.   manja
c.    Mandiri
d.    Tegas
21.    Roda bajanya terus menjejak batangan rek. Lokomotif tersengal melangkahi bukit.
( sumber: novel serial anak-anak mamak/”Pukat”, tere Liye;2013:9)
Kalimat di atas mengandung majas
a.    Metonomia (kiasan pengganti nama yang dekat dengan objjek yang diganti ) hal. 142
b.    hiperbola
c.    personifikasi (mempersamakan benda dengan manusia) hal. 141
d.    pleonasme
22.    Rumah anggi beralamat dijalan  percetakan Negara I. Teman temannya senang bermain di rumah Anggi.
Morfem/ ber - / pada kata bergaris bawah dikalimat di atas memiliki….
a.    bentuk yang berbeda dan arti yang sama
b.   bentuk yang sama dan arti yang berbeda
c.    bentuk dan arti sama
d.    bentuk dan arti berbeda
23.    Berikut adalah diluar diri siswa yang menjadi penyebab kesulitan belajar. Kecuali
a.    pembelajaran
b.   penyesuaian
c.    kualifikasi guru
d.    materi
24.    Ibu Hasan merupakan seorang guru baru dan mendapat tugas mengajar kelas 3, beberapakali kegiatan tatap muka ibu hasan selalu menyuruh anak – anak mengerjakan tugas secara kelompok di kelas maupun diluar kelas. Hal itu dilakukan ibu hasan untuk…
a.    mengetahui kemampuan, bekerja sama , rasa toleransi dan kepercayaan diri tiap anak
b.    mengetahui rasa toleransi dan kepercayaan diri tiap anak
c.    mengetahui kemampuan kerjasama dan kepercayaan diri tiap anak
d.   mengetahui kemampuan bekerjasama, rasa toleransi dan kepercayaan diri tiap anak

25.    Perhatikan petikan teks dibawah ini!
Kerajaan yang mana berita  tentang Galuh Candra Kirana yang mana putri dari Baginda raja Nata yang amat taklim dan hormat kepada orang tuanya akan bertunanngan dengan Raden Inu. Kini telah terdengar beritanya oleh Galuh Ajeng. Mendengar berita ini Galuh Ajenng sangat teriris hatinya dan menangislah ia melihat keadaan ini. Melihat hal ini paduka Liku yang tak lain adalah ayah dari Galuh Ajeng sangat menyayangkan hal tersebut.
Berdasarkan jenisnya karya sastra  petikan diatas berjenis…. ( hal. 136 )
a. cerita legenda (menceritakan asal mula suatu tempat, benda peninggalan sejarah)
b. cerita hikayat (kehidupan para dewa, pangeran, atau putri kerajaan, dan raja-raja)
c. cerita hikayat
d. cerita mitos (cerita yang dipercaya turun tumurun)

26.    bacalah teks dibawah ini!
Hewan adalah mamalia yang menyandang predikat hewan terbesar dibumi. Ya, hewan ini adalah ikan paus. Berat badan paus jauh lebih berat dibandingkan dengan seekor Dinosaurus yang hidup diera Mesozoik yang beratnya hanya sekitar 60 ton. Ikan ini sekali makan per hari  membutuhkan ikan krill (ikan kecil) sebanyak 90 ton.
(sumber:suara merdeka, 4 desember 2009)
Ide pokok paragraph diatasa adalah…
a.    hewan ini adalah lebih besar dibandingkan dinosaurus
b.    paus adalah hewan mamalia yang sangat besar
c.    paus adalah mamalia terbesar dibumi
d.    hewan ini adalah mamalia terbesar dibumi

27.    Ibu Lina mendapat tugas dari kepala sekolah untuk ikut memajukan sekolah sehingga 1-2 tahun ke depan sekolah memiliki anak berprestasi akademik tingkat kabupaten maka yang harus dilakukan ibu Lina adalah….
a.    identifikasi masalah,-identifikasi kasus-identifikasi factor penyebab-alternatif penyelesaian-pemilihan tindakan
b.    identifikasi factor penyebab-identifikasi kasus-identifikasi masalah, alternative penyelesaian-pemilihan tindakan
c.    identifikasi kasus-identifikasi  masalah-identifikasi faktor penyebab-alternative penyelesaian-pemilihan tindakan ( halaman 110 -113 )
d.   identifikasi kasus-identifikasi  masalah-identifikasi faktor penyebab-alternative penyelesaian, pemilihan tindakan


28.    bacalah teks berikut
Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk polong – polongan ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari – hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan posfor
Dilihat dari pokok permasalahannya petikan paragraph diatas termasuk kedalam ragam bahasa
a.      ilmiah
b.      jurnalistik
c.       akrab
d.      resmi
29.    bacalah teks berikut.
Puluhan pengungsi letusan gunung merapi, dibarak pengungsian desa umbul harjo, kecamatan cangkringan kabupaten sleman daerah istimewa Yogyakarta, mulai terserang penyakit termasuk hipertensi. “setelah lebih satu minggu warga berada dibarak pengungsian, mereka mulai mengeluhkan sejumlah serangan penyakit dan pada umumnya dan beusia diatas  40 tahun mulai terserang hipertensi, “ kata petugas kesehatan dari puskesman cangkringan . retno Diah
Dilihat dari pokok permasalahannya, petikan paragraph diatas termasuk kedalam  ragam bahasa ….
a. resmi
b. akrab
c. ilmiah
d. jurnalistik

30.  masa lalu biarlah berlalu
masa depan teruslah kau pacu
apabila anak tak diajari ilmu agama
pastilah anak menjadi tercela
lestarikan alam kita
sebelum alam menjadi murka
belajarlah demi masa depan
untuk mencapai semua harapan
berdasarkan jenisnya petikan karya sastra diatas berjenis...
a.         gurindam ( a-a, b-b, c-c) hal. 133 bawan
b.         syair
c.         ode
d.         pantun

31.  bacalah teks dibawah ini!
Hewan adalah mamalia yang menyandang predikat hewan terbesar dibumi. Ya, hewan ini adalah ikan paus. Berat badan paus jauh lebih berat dibandingkan dengan seekor Dinosaurus yang hidup diera Mesozoik yang beratnya sekitar 60 ton. Ikan ini sekali makan perhari  membutuhkan ikan krill atau ikan kecil sebanyak 10 ton.
Ide pokoko paragraph diatasa adalah…
a. hewan ini adalah mamalia terbesar dibumi
b. hewan ini adalah lebih besar dibandingkan dinosaurus
c. paus adalah hewan mamalia yang sangat besar
d. paus adalah mamalia terbesar dibumi

32.  Suara nenek kiba memang kencang,apalagi kalau sedang marah,terdengar tajam hingga menusuk jantung.kalimat yg menggunakan majas seperti kalimat diatas adalah...
1.      Pekerja-pekerja kasar yang banjir peluh,tubuh mereka menghitam terbakar matahari
2.      Tapi hujan tak kunjung turun hingga siang merangkak naik
3.      Situasi kelas berubah menjadi lebih hangat meski gerimis diluar menderas
4.      “jangan hina bapakku”. Suaraku mendesis, bagai ular marah

33.    Saat umur 3 tahun, Malihah mengucapkan/emut/ untuk semut.namun dia menolak saat orang dewasa mengucapkan /emut/ untuk semut. Faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa Malihah adalah..
a.         Intelegensi
b.         Motivasi
c.         Biologis
d.         Lingkungan

34.    Prinsip perkembangan tentang variasi dalam tempo dan irama perkembangan antar-individudan  kelompok tertentu (menurut latar belakang, jenis geografis dan kultural) yang sesuai dengan imflikasi pendidikan adalah...
a.        Program dan strategi belajar mengajar,sampai batas tertentu,diorganisasikan agar memungkinkan belajar secara individual disamping secara kelompok(misal dengan sistem pengajaran modula atau SPM) ( hal. 22 )
b.        Program dan strategi pembelajaran seyoginya dikembangkan dam diorganisasikan agar merangsang,mempercepat, dan menghindari ekses memperlambat laju perkembangan anak didik
c.         Memperhatikapengembangan(penyusunan,pemilihan,penggunaan)materi,strategi,metodologi,sumber,evaluasi belajar mengajar
d.        Lingkungan hidup dan taman Kanak-kanak(TK) amat penting untuk memperkaya pengalaman dan mempercepat laju perkembangannya.

35.    Guru dapat mengembangkan kecerdasan emosi dan keterampilan sosial peserta didik dengan cara...
a.         Melakukan pembedaan dan memperlakukanorang lain dengan berbeda
b.        Memfasilitasi tumbuhnya kerjasama,misalnya cooperativ learning dan pembelajaran berbasis inkuiri
c.         Mengatasi masalah dengan teman yang nakal dan mendorong kompetensi
d.        Mengajarkan jenis-jenis hubungan sosial dan mendorong peningkatan prestasi yang tinggi

36.    Menurut Garner (Syaodih,2011:95)tingkat intelegensi atau IQ bukan satu-satunya kecerdasan yang dapat meramalkan kesuksesan, tetapi ada kecerdasan dalam spektrum yang lebih luas yaitu...
a.         Kecerasan majemuk (multiple intelligence)
b.        Bakat sekolah ( scholastik aptitude)
c.         Bidang pekerjaan (vocatonal aptitude)
d.        Potensi bawaan (potential ability)

37.    Dua remaja sedang bermain catur.keduanya duduk...diteras rumah.
Kata berimbuhan untuk melengkapi kalimat diatas adalah...
a.        Berhadapan
b.        Menghadap
c.         Dihadapkan
d.        Menghadapkan

38.    Perhatikan karya berikut!
Bapak tani menanam tebu
Pembeli datang bertanya harga
Wahai anak hormti ibu
Karena ibu jalan kesurga

Berdasarkan jenisnya,karya sastra petikan diatas berjenis...
a.         Syair ( a-a-a-a )
b.        ode  ( sanjungan pada benda,orang, peristiwa /pahlawan atau tokoh yang berpengaruh)
c.         gurindam
d.        pantun ( sajak : a-b-a-b  dan a-a-a-a) 2 sampiran 2 isi hal 131

39.         ibu Yuli mengajar dikelas IV SD Dwi Waran. Dikelas tersebut ada peserta didik yang bermasalah (lambat dalam mengikuti pembelajaran) namun, bu Yuli tetap berusaha memfasilitasi semua siswanya untuk mencapai prestasi belajar secara optimal. Berikut ini beberapa hal yang dilakukan ibu Yuli,kecuali...
a.         memberikan berbagai tugaas,latihan, dan PR sesegera mungkinsaat pemahaman masih segar
b.        menepatkan siswa tersebut duduk di bangku deretan depan atau dekat gru sehingga guru mudah memantau dan memberi bantuan
c.         mengingatkan untuk mencoba/berlatih dan memotivasi untuk tidak takut salah karena itu bagian dari belajar
d.        meminta temannya yang lebih pandai untuk membantu dengan cara yang santun

40.    kalimat yeng tepat untuk mengisi pargraf rumpang berikut adalah...
(1)..(2)sekali saja mereka menggigit,maka anda akan terkena penyakit demam berdarah yang sangat berbahaya (3). Apa itu demam berdarah?(4). Demam berdarah adalah penyakit menurunnya trombosit atu sel darah merah dalam tubuh akibat virus dengueyang dibawa oleh nyamuk aedes aegpty.
a.         kita harus dapat  menjaga kebersihan rumah agar seluruh keluarga sehat dan terlindungi dari berbagai macam penyakit
b.        hewan pengganggu yang saat ini  memang berukuran kecil,tetapi jangan diremehkan dampak gigitannya
c.         demam berdarah dapat mengakibatkan menurunnya trombosit dalam tubuh dan mengakibatkan penderita semakin parah
d.        sakit demamb berdarah sangat berbahaya, banyak penderita demam berdarah bila tidak segera ditanganiakan meninggal dunia

41.    perkembangan intelektual anak sangat tergantung pada berbagai faktor utama,antara lain kesehatan gizi ,kebugaran jasmani,pergaulan, dan pembinaan orang tua. Akibat terganggunya perkembangan intelektual tersebut anak kurang dapat...
a.         berfikir, gangguan kecemasan, rasa takut, dan faktor-faktor eksternalyang sering kali tidak dikenal sebelumnya oleh anak yang sedang tumbuh
b.        berfikir, adanya perbedaan jenis kelamin, usia, pergaulan, lingkungan, dan pembinaan orang tua maupun guru disekolah dan lingkungan masyarakat sekitar
c.         berfikir oprasiona,tidak memiliki keampuan mental, dan kurang aktif bergaul maupun berkomunikasi dengan teman-temannya
d.        berfikir, frustasi, dan ketidakhadiran orang tua, kurang perhatian orang tua,keadaan ekonomi orang tua,keamanan dan kekacauan yang sering timbul

42.    secara keseluruhan, kota ini sangat menarik untuk dijadikan tempat berlibur keluarga.
Kata berimbuhan keseluruhan pada kalimat di atas memiliki kata dasar...
a.         seluruhan
b.        seluruh
c.         keseluruh
d.        luruh
43.     Analisa puisi dibawah ini adalah

Senja disore hari
Karya : Mei Rukmana

Oh indahnya melihat senja disore hari
Memancarkan sinar merah berderai
Menandakan pergantian alam
Dari siang dan malam

Oh indahnya senja disore hari
Kilaunya menerangi siang sebelum malam
Menandakan kekuasan Tuhan penguasa alam
Oh, indahnya senja disore hari

Tema yang terdapat dalam puisi di atas adalah....
a. Senang
b. riang
c. kekecewaan
d. Takjub
44.    Bu Rahmi seorang guru SD kelas 2.Dia sudah bekerja di SD tersebut selama 10 tahun. Anak-anak selalu senang dekat dengan ibu Rahmi . Bu Rahmi disenagi anak-anak dan koleganya karena...
a.    Penampilannya,mudah bergaul,santun,sesekali marah,sopan,rajin,cerdas,dan pintar
b.    Penampilannya, santun gaul,sering marah,sopan, rajin,cerdas,dan guru teladan
c.    Kebiasaannya, berpenampilan,mudah bergaul,santun,tidak pernah marah,sopan,rajin,cerdas,dan berprestasi
d.    Kebiasaanya, berpenampilan, mudah bergaul,santun,sering marah,sopan,rajincerdas,cukup pintar

45.    Tek 1
untuk masa depan mu
Karya : gina hayana

Dengar wahai anak kanda
Rajinlah belajar sepanjang masa
Ilmu tiada pernah habis di eja
Sebai bekal sepanjang usia

Dengan ilmu engkau terjaga
Dari suramnya waktu dan masa
Cemerlang akan senantiasa
menyinari dirimu dimasa dewasa

teks 2
generasi sekarang
karya asmara hadi

generasi sekarang
diatas puncak gunung fantasi
berdiri aku dan dari sana
mandang ke bawah, ketempat berjuang

generasi sekarang dipanjang masa
menciptakan kemegahan baru
 pantun keindahan Indonesia
yang jadi kenang – kenagan
pada jaman dalam dini

berdasarkan petikan teks diatas, pernyataan yang benar adalah.
a. teks pertama syair, teks ke dua ode
b. teks pertama syair, teks ke 2 balada
c. teks pertama pantun, teks ke 2 ode
d. teks pertama pantun, teks ke 2 balada

46.    Perhatikanlah teks berikut!
Teks 1
Tanda bejalan sepi pedati
Bunyi geretak pada rodanya
Tanda orang yang baik hati
Murah senyum ramah orangnya

Teks 2
Puisi untuk guru
Karya :Muhammad Yanuar

Engkau bagaikan cahaya
Yang menerangi jiwa
Dari segala gelap dunia
Engkau adalah setetes embun
Yang menyejukan hati
Hati yang ditikam kebodohan
Sungguh mulia tugas mu guru
Tugas yang sangat besar
Guru engkau adalah pahlawan

Berdasarkan petikan teks diatas pernyataan  yang benar adalah...
a.        Tek 1 pantun,teks 2 ode
b.        Teks 1 syair,teks 2 ode
c.         terks pertama syair, teks ke dua ode
d.        teks pertama syair, teks ke 2 balada

47.    perhatikan petikan Novel berikut
mamak: Sana, bergegas ambil wudhu,salat subuh. Lepas itu bantu bapak kalian menyiapkan karung-karung Sabit padi ,peralatan. nanti tetangga akan datang mengambilnya.
Watak tokoh mamak pada kutipan teks novel diatas adalah...
a.         mandiri
b.        tegas
c.         demawan
d.         rajin
48.    Jati adalah siswa kelas 2 SD Bumi Putra., ia malas belajar karena faktor kesulitan belajar yang bukan bersifat potensial.Faktor tersebut adalah...
a.         Motivasi
b.         Intelegensi
c.         Keterampilan
d.         Potensi
49.    Kalimat yang memiliki pola bersubjek nomina ( kt benda ) dan berpredikat  numeralia ( bilangan ) adalah...
a.         Pekerjaannya sangat berat
b.        Panjang meja itu satu meter ( hal 60 )
c.         Surat kabar ini memberikan saya informasi
d.        Saya mengajar

50.    Temanku berambut panjang. Hobinya setiap hari berolahraga renang.Mprfem /ber-/ pada kalimat diatas memiliki...
a.        Bentuk dan arti berbeda
b.        Bentuk yang sama dan arti yang berbeda
c.         Bentuk dan arti sama
d.        Bentuk yang berbeda dan arti sama

51.    Perhatikan faragrap dibawah ini!
1.Sekarang zaman sudah maju
2.tehnologi semakin canggih
3.banyak sistem elektronika yang canggih
4.cara penggunaan alat elektronika dijelaskan secara detil agar dapat digunakan dengan mudah
Kata baku terdapat pada kalimat nomor...
a.        1
b.        2
c.         3
d.        4
52.    Suara nek Kiba memang kencang,apalagi saat ia marah, terdengar tajam hingga menusuk jantung.kalimat yang menggunakan majas seperti kalimat diatas adalah...
a.        Pekerja-pekerja kasar yang banjir peluh,tubuh mereka menghitam terbakar matahari
b.        Tapi hujan tak kunjung turun hingga siang merangkak naik
c.         Situasi keals berubahmenjadi lebih hangatmeski gerimis diluar menderas
d.        “jangan hina bapakku”. Suaraku mendesis, bagai ular marah

53.    bu Meyke sedang merancang program dalam pembelajaran beberapa peserta didiknya yang mudah marah, cengeng, kurang tekun saat mengerjakan tugas dan mau menang sendiri.
Dari hasil pengumpulan data sementara diketahui anak – anak ini berasal dari keluarga yang terlalu memanjakan anak dan selalu mengikuti semua kemauan anak.
Alternative solusi bu Meyke pada saat melakukaan pembelajaran adalah
a.    menempatkan peserta didik dekat guru dan teman yang emosianya lebih matang, member perhatian lebih, menjelaskan bersikap jika ada hal yang tidak disukai, member conto cara mengingatkan teman secara santun
b.    menempatkan peserta didik dekat guru dan teman yang lebih matang emosinya, member perhatian yang sama dengan teman lainnya, menjelaskan cara bagaimana sebaiknya berbicara
c.    menempatkan peserta didik  dengan  teman yang dapat menjadi tutor, member perhatian yang lebih dari peserta didik lainnya, member dukungan agar mereka lebih mudah menguasai emosinya
d.    menempatkan peserta dekat guru dan teman – teman sebaya, memberi dukungan agar mereka lebih mudah menguasai emosinya dan memberi contoh mengingatkan dan menerima peringatan teman secara santun.
54.    Kalimat yang memiliki  pola bersubjek nomina dan berpredikat adjektiva adalah...
a.         Panjang rumah itu dua puluh meter
b.        Suku bunga bank sangat tinggi
c.         Buku pelajaran ini memberikan saya kepintaran
d.        Kami berpikir
55.    Bantuan yang dapt diberikan kepada peserta didik dalam mengoptimalkan prestasi  belajarnya adalah sebagai berikut,kecuali...
a.         Meningkatkan kepercayaan diri
b.        Memotivasi semangat belajar
c.         Memberi tambahan pelajaran
d.        Menumbuhkan minat belajarnya

56.    Pak yusuf adalah guru kelas V SD Nusantara. Belaiu selalu berupaya memfasilitasi siswa-siswanya mengembangkan prestasi terbaik sesuai dengan potensinya.Berikut ini beberapa hal yang dilakukan Pak Yusup, Kecuali...
a.         Menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan peribadi peserta didik agar setiap individu dapat mengembangkan potensinya secara optimal
b.        Memahami dan memiliki catatan peserta didik yang perkembangannya lambat, noraml,atau cepat
c.         Membebaskan peserta didik menguasai berbagai keterampilandan kemampuan sesuaidengan tugas dan tahap perkembangannya
d.        Merancang setrategi pembelajaran yang sesuai dengan kaeragaman karakteristik peserta didik di kelasnya

57.    Ibu Azizah guru SD kelas V,meminta siswanya untuk mengucapkan kata-kata yang mengandung kluster misalnya/khianat/,/grafik/,/frustasi/
Faktor pemeroleh bahasa yang diperoleh peserta didik Ibu Azizah adalah...
a.         Pembelajaran
b.        Motivasi
c.         Biologi
d.        Intelegensi

58.    Karakteristik atau ciri individual adalah keseluruhan perilaku dan kemampuan individu sebagai ahsil pemabwaan dan lingkungan.Pembawaan yang bersifat alamiah (nature) adalah...
a.        Karakteristik individu yang dibawa sejak lahir(diwariskan dari keturunan)
b.        Faktor-faktor lingkunagn yang mempengaruhi individu sejak mengalami masa pendidikan
c.         Faktor-faktor lingkunagn yang mempengaruhi individu sejak masa pembuahan sampai selamjutnay
d.        Karakteristik individu yang dibawa sejak lahir dan lingkungan pembelajaran yang dialami masing-,asing individu
59.    Teks 1
Beras kisar mudik kehulu
Tanak pulut santan durian
Tak ada orang menyesal dahulu
Banyak orang menyesal kemudian
Teks 2
Doa
Karya Taufik Ismail
Tuhan kami

Telah nista kami dalam dosa bersama
Bertahun membangun kultus ini
Dalam pikiran yang ganda
Dan menutupi hati nurani
Ampunilah kami
Ampunilah
Amin
Berdasrkan petikan teks diatas pernyataan yang benar adalah...
a.        Teks 1 pantun,teks 2 hymne
b.        Teks 1 pantun,teks 2 ode
c.         Teks 1 syair,teks 2 ode
d.        Teks 1 syair,teks 2 hymne
60.    Bunga mawar adalah bunga yang indah.Bunga ini bahkan menjadi lambang cinta karena keindahannya.Tak jarang banyak yang menghadiahi bunga mawar untuk pasangannya.setangkai bunga mawar terlihat sangat romantis bahkan jika dalam bentuk karangan bunga mawar,keindahannya taakan tertandingi oleh apapun.
Ide pokok paragraf diatas adalah...
a.         bunga mawar terlihat sangat romantis
b.        bunga mawar menjadi hadiah untuk pasangannya
c.         bunga mawar mwnjadi lambang cinta
d.        bunga mawar adalah bunga yang indah











Posting Komentar untuk "SOAL LATIHAN POSTEST/UKG GURU SD KELAS ATAS MODUL A BAGIAN 1"