Berikut adalah kumpulan soal Tugas Akhir Modul (TAM) Modul Profesional PPG Dalam Jabatan Kementerian Agama Tahun 2025 untuk Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SD, lengkap dengan kunci jawaban dan penjelasannya.
Soal 1
Al-Qurβan memiliki fungsi utama sebagai petunjuk bagi umat manusia. Ayat mana yang menegaskan hal ini?
A. Al-Baqarah: 185
B. Al-Maidah: 3
C. Al-Ikhlas: 1β4
D. Al-Fatihah: 2
E. Al-Kahfi: 110
β Jawaban: A. Al-Baqarah: 185
Penjelasan:
Al-Baqarah ayat 185 menyatakan bahwa Al-Qurβan diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia, serta penjelasan atas petunjuk itu dan sebagai pembeda antara yang hak dan batil. Inilah fungsi utama Al-Qurβan.
Soal 2
Mengapa mempelajari Al-Qurβan menjadi kewajiban bagi setiap Muslim?
A. Karena merupakan sumber hukum Islam yang utama
B. Karena menjadi syarat untuk menjadi seorang ulama
C. Karena harus dihafalkan oleh semua Muslim
D. Karena tidak boleh diterjemahkan ke dalam bahasa lain
E. Karena menjadi tradisi turun-temurun dalam masyarakat Islam
β Jawaban: A. Karena merupakan sumber hukum Islam yang utama
Penjelasan:
Al-Qurβan adalah sumber utama ajaran Islam, mencakup seluruh aspek kehidupan. Maka, setiap Muslim wajib mempelajarinya agar bisa menjalani hidup sesuai petunjuk Allah.
Soal 3
Salah satu dalil yang menunjukkan kewajiban mengajarkan Al-Qurβan adalah sabda Rasulullah SAW berikut ini:
A. "Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan."
B. "Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qurβan dan mengajarkannya."
C. "Al-Qurβan adalah cahaya bagi orang-orang yang beriman."
D. "Bacalah Al-Qurβan, karena ia akan menjadi syafaat bagi pembacanya."
E. "Barang siapa yang tidak membaca Al-Qurβan, maka ia bukan bagian dari umatku."
β Jawaban: B. "Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qurβan dan mengajarkannya."
Penjelasan:
Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari dan menjadi landasan utama kewajiban belajar dan mengajarkan Al-Qurβan dalam Islam.
Soal 4
Apa yang membedakan ayat muhkam dan ayat mutasyabih?
A. Ayat muhkam memiliki makna yang jelas dan tegas, sedangkan ayat mutasyabih memiliki makna yang samar
B. Ayat muhkam berisi kisah para nabi, sedangkan ayat mutasyabih berisi hukum-hukum syariat
C. Ayat muhkam hanya ada dalam surat Makkiyah, sedangkan ayat mutasyabih ada dalam surat Madaniyah
D. Ayat muhkam bisa ditafsirkan siapa saja, sedangkan ayat mutasyabih hanya bisa ditafsirkan oleh para nabi
E. Ayat muhkam hanya ada dalam Juz Amma, sedangkan ayat mutasyabih dalam surat lain
β Jawaban: A. Ayat muhkam memiliki makna yang jelas dan tegas, sedangkan ayat mutasyabih memiliki makna yang samar
Penjelasan:
Ayat muhkam adalah ayat yang maknanya jelas dan tidak perlu penafsiran tambahan, sedangkan mutasyabih membutuhkan pemahaman mendalam karena sifatnya yang samar dan bisa ditafsirkan berbeda.
Soal 5
Ayat mutasyabih sering kali menimbulkan berbagai penafsiran. Apa langkah yang tepat dalam memahami ayat mutasyabih?
A. Menggunakan tafsir atau takwil ulama yang kredibel dan kaidah ilmu tafsir
B. Memahami secara harfiah tanpa mempertimbangkan makna kiasan
C. Menghindari pembahasan karena hanya Allah yang mengetahui maknanya
D. Mengikuti pendapat mayoritas tanpa mengkaji lebih lanjut
E. Menyesuaikan makna ayat mutasyabih dengan perkembangan zaman tanpa batasan
β Jawaban: A. Menggunakan tafsir atau takwil ulama yang kredibel dan kaidah ilmu tafsir
Penjelasan:
Ayat mutasyabih harus dipahami dengan metode tafsir yang benar dan tidak sembarangan, agar tidak menimbulkan pemahaman yang menyimpang.
Soal 6
Salah satu ayat yang menjelaskan bahwa dalam Al-Qurβan terdapat ayat muhkam dan mutasyabih adalah...
A. Al-Baqarah: 2
B. Al-Ikhlas: 1β4
C. Al-Maidah: 3
D. Ali Imran: 7
E. Al-Kahfi: 110
β Jawaban yang benar: D. Ali Imran: 7
Penjelasan:
Ali Imran ayat 7 menyebutkan secara langsung bahwa dalam Al-Qurβan terdapat ayat-ayat yang muhkamat dan ayat-ayat yang mutasyabihat. Ayat ini menjadi dasar klasifikasi ayat dalam ilmu tafsir.
Soal 7
Mengapa hadis yang bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar Islam atau Al-Qurβan dianggap sebagai hadis daif?
A. Karena sanad hadis tidak bersambung
B. Karena perawi hadis tidak memenuhi syarat-syarat tertentu
C. Karena matan hadis menyimpang dari nilai-nilai Islam yang sudah disepakati
D. Karena hadis tersebut tidak pernah diterima oleh sahabat Nabi
E. Karena hadis tersebut hanya ditemukan dalam satu riwayat
β Jawaban yang benar: C. Karena matan hadis menyimpang dari nilai-nilai Islam yang sudah disepakati
Penjelasan:
Salah satu kriteria hadis daif adalah jika isi atau matan hadis bertentangan dengan pokok-pokok ajaran Islam yang sudah jelas. Hadis yang menyelisihi Al-Qurβan atau akidah Islam tidak bisa dijadikan hujjah.
Soal 8
Dalam konteks hadis sahih, mengapa sanad yang muttashil sangat penting?
A. Agar hadis dapat digunakan untuk menjelaskan hukum-hukum fiqih
B. Agar dapat memastikan bahwa hadis tersebut tidak ada perubahan dalam perawi dari awal hingga akhir
C. Agar hadis dapat diterima dalam ajaran syariat tanpa pengecualian
D. Agar hadis lebih mudah dipahami oleh masyarakat umum
E. Agar dapat dipastikan bahwa hadis tersebut berasal dari seorang sahabat tertentu
β Jawaban yang benar: B. Agar dapat memastikan bahwa hadis tersebut tidak ada perubahan dalam perawi dari awal hingga akhir
Penjelasan:
Sanad yang muttashil (tersambung) menunjukkan bahwa semua perawi dalam rantai transmisi hadis menerima langsung dari perawi sebelumnya. Ini penting untuk menjamin keaslian dan validitas hadis.
Soal 9
Apa fungsi utama hadis dalam menjelaskan ayat-ayat Al-Qurβan yang bersifat umum?
A. Sebagai tafsir terhadap ayat-ayat yang tidak dapat dipahami langsung oleh umat Islam
B. Sebagai tambahan hukum yang tidak dijelaskan dalam Al-Qurβan
C. Sebagai pengganti ayat yang tidak ada dalam Al-Qurβan
D. Sebagai pernyataan yang lebih tegas daripada Al-Qurβan
E. Sebagai penjelasan yang mengurangi pentingnya Al-Qurβan
β Jawaban yang benar: A. Sebagai tafsir terhadap ayat-ayat yang tidak dapat dipahami langsung oleh umat Islam
Penjelasan:
Hadis menjelaskan ayat-ayat Al-Qurβan, terutama yang bersifat global atau umum. Rasulullah ο·Ί memberikan contoh konkret penerapan ayat melalui perkataan dan perbuatan beliau.
Soal 10
Apa yang menjadi alasan pentingnya peran guru PAI dalam mengajarkan hadis sahih kepada peserta didik?
A. Untuk memperkenalkan berbagai riwayat hadis
B. Untuk menghindari pengajaran ajaran yang tidak sahih atau tidak sesuai dengan syariat Islam
C. Untuk memberikan pengetahuan tentang sejarah Nabi Muhammad ο·Ί
D. Untuk meningkatkan minat peserta didik dalam sejarah Islam
E. Untuk memastikan peserta didik dapat menghafal hadis dengan baik
β Jawaban yang benar: B. Untuk menghindari pengajaran ajaran yang tidak sahih atau tidak sesuai dengan syariat Islam
Penjelasan:
Guru PAI harus mengajarkan hadis yang sahih agar peserta didik tidak terjebak pada ajaran yang menyimpang atau palsu. Ini penting untuk menjaga kemurnian ajaran Islam.
Soal 11
Hadis berperan sebagai sumber hukum Islam setelah Al-Qurβan. Salah satu fungsi hadis adalah sebagai bayan at-tafsir, yaitu...
A. Menjelaskan hukum-hukum yang tidak terdapat dalam Al-Qurβan secara eksplisit
B. Menghapus hukum yang telah ditetapkan dalam Al-Qurβan
C. Menambah ayat-ayat dalam Al-Qurβan dengan wahyu baru
D. Mengganti hukum Al-Qurβan yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman
E. Menjadikan Al-Qurβan sebagai sumber sekunder dalam Islam
β Jawaban yang benar: A. Menjelaskan hukum-hukum yang tidak terdapat dalam Al-Qurβan secara eksplisit
Penjelasan:
Bayan at-tafsir adalah peran hadis dalam menjelaskan ayat-ayat Al-Qurβan yang bersifat global atau umum. Contohnya, Al-Qurβan memerintahkan salat, dan hadis menjelaskan tata cara pelaksanaannya secara rinci.
Soal 12
Dalam memahami hadis, seorang Muslim perlu mengetahui perannya dalam kehidupan beragama. Salah satu urgensi hadis adalah...
A. Hadis menjadi satu-satunya sumber dalam memahami Islam
B. Hadis memberikan pemahaman yang lebih fleksibel dibandingkan Al-Qurβan
C. Hadis memperjelas, menguatkan, dan melengkapi ajaran yang terdapat dalam Al-Qurβan
D. Hadis hanya digunakan ketika ada kebingungan dalam memahami Al-Qurβan
E. Hadis hanya menjadi pedoman dalam aspek ibadah, bukan dalam kehidupan sosial
β Jawaban yang benar: C. Hadis memperjelas, menguatkan, dan melengkapi ajaran yang terdapat dalam Al-Qurβan
Penjelasan:
Hadis menjelaskan maksud ayat-ayat Al-Qurβan dan memberikan contoh implementasinya dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, hadis dan Al-Qurβan tidak bisa dipisahkan dalam ajaran Islam.
Soal 13
Apa yang dimaksud dengan iman kepada Hari Akhir dalam konteks kehidupan sehari-hari?
A. Keyakinan bahwa kehidupan setelah mati hanya berupa kehidupan sosial
B. Keyakinan bahwa setiap amal perbuatan akan diperhitungkan di hari kiamat
C. Keyakinan bahwa hari akhir hanya berlaku bagi orang tertentu
D. Keyakinan bahwa hari akhir hanya terjadi setelah kiamat
E. Keyakinan bahwa hari akhir tidak ada dalam ajaran Islam
β Jawaban yang benar: B. Keyakinan bahwa setiap amal perbuatan akan diperhitungkan di hari kiamat
Penjelasan:
Iman kepada hari akhir meliputi keyakinan akan adanya hisab, surga, dan neraka. Ini menanamkan sikap tanggung jawab atas segala perbuatan selama hidup.
Soal 14
Apa perbedaan utama antara mukjizat dan karomah dalam perspektif Islam?
A. Mukjizat adalah keajaiban yang diberikan kepada orang-orang saleh, sedangkan karomah diberikan kepada nabi dan rasul
B. Mukjizat merupakan bukti kenabian, sedangkan karomah diberikan kepada orang saleh sebagai penghargaan
C. Mukjizat berasal dari jin, sedangkan karomah berasal dari Allah SWT
D. Mukjizat berlaku hanya di akhir zaman, sementara karomah berlaku sepanjang waktu
E. Mukjizat dan karomah memiliki makna yang sama
β Jawaban yang benar: B. Mukjizat merupakan bukti kenabian, sedangkan karomah diberikan kepada orang saleh sebagai penghargaan
Penjelasan:
Mukjizat adalah tanda kerasulan yang tidak bisa ditiru dan muncul untuk menantang orang-orang kafir, sedangkan karomah adalah keajaiban yang Allah berikan kepada hamba-Nya yang saleh.
Soal 15
Mengapa Islam melarang sihir dan menganggapnya sebagai tindakan yang merusak akidah?
A. Karena sihir dapat membawa kebaikan bagi masyarakat
B. Karena sihir mengandalkan kekuatan selain Allah yang dapat menyesatkan umat Islam
C. Karena sihir hanya dapat dilakukan oleh para nabi
D. Karena sihir tidak mempengaruhi kehidupan dunia
E. Karena sihir dapat digunakan untuk tujuan yang baik
β Jawaban yang benar: B. Karena sihir mengandalkan kekuatan selain Allah yang dapat menyesatkan umat Islam
Penjelasan:
Sihir melibatkan kekuatan gaib seperti jin dan setan, serta bertentangan dengan konsep tauhid. Oleh karena itu, sihir dikategorikan sebagai perbuatan syirik dalam Islam.
Soal 16
Jika seorang guru PAI ingin mengajarkan nilai-nilai iman kepada hari akhir dengan cara yang mendalam kepada siswa, apa yang harus dipertimbangkan dalam penyampaiannya?
A. Mengajarkan bahwa hari akhir hanya akan terjadi pada waktu tertentu dan terbatas
B. Memberikan pemahaman bahwa segala amal perbuatan akan dipertanggungjawabkan di akhirat dan mendorong mereka untuk berbuat baik
C. Mengabaikan keyakinan pada hari akhir dan fokus pada aspek duniawi saja
D. Hanya mengajarkan tentang surga dan neraka tanpa konteks amal perbuatan
E. Mengajarkan bahwa hari akhir hanya berlaku bagi umat tertentu saja
β Jawaban yang benar: B. Memberikan pemahaman bahwa segala amal perbuatan akan dipertanggungjawabkan di akhirat dan mendorong mereka untuk berbuat baik
Penjelasan:
Penanaman iman kepada hari akhir harus dikaitkan dengan kesadaran moral dan tanggung jawab sosial agar peserta didik terdorong untuk melakukan kebaikan.
Soal 17
Bagaimana penerapan nilai-nilai mukjizat dalam kehidupan seorang muslim sehari-hari?
A. Melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam untuk mendapatkan mukjizat
B. Meningkatkan ketakwaan dan beramal saleh dengan niat yang ikhlas kepada Allah SWT
C. Menunggu datangnya mukjizat tanpa usaha atau doa
D. Mengandalkan mukjizat untuk menghindari kesulitan hidup
E. Menggunakan mukjizat untuk kepentingan pribadi
β Jawaban yang benar: B. Meningkatkan ketakwaan dan beramal saleh dengan niat yang ikhlas kepada Allah SWT
Penjelasan:
Mukjizat adalah tanda kerasulan dan tidak terjadi lagi, namun nilai-nilainya seperti iman, tawakal, dan ikhlas harus menjadi pedoman hidup.
Soal 18
Akhlak karimah memiliki peran penting dalam membentuk karakter individu dan masyarakat. Dalam konteks pembangunan bangsa, akhlak karimah dapat berkontribusi terhadap...
A. Meningkatkan perekonomian tanpa memandang etika
B. Membangun generasi yang memiliki integritas dan moral tinggi
C. Menyediakan kebebasan mutlak dalam bersikap dan bertindak
D. Menghilangkan semua perbedaan sosial tanpa kecuali
E. Membatasi perkembangan budaya lokal agar tetap tradisional
β Jawaban yang benar: B. Membangun generasi yang memiliki integritas dan moral tinggi
Penjelasan:
Akhlak mulia merupakan fondasi bagi pembangunan bangsa. Generasi yang jujur, adil, dan bertanggung jawab akan menjadi agen perubahan bagi masa depan.
Soal 19
Dalam menanamkan nilai akhlak karimah, guru PAI sebaiknya menggunakan metode yang kontekstual. Salah satu contoh metode yang efektif adalah...
A. Memberikan ceramah panjang tanpa diskusi
B. Menggunakan studi kasus yang relevan dengan kehidupan siswa
C. Menekankan hafalan tanpa pemahaman dan praktik
D. Memaksa siswa untuk meniru perilaku tertentu tanpa kesadaran
E. Mengabaikan perkembangan teknologi dalam pembelajaran
β Jawaban yang benar: B. Menggunakan studi kasus yang relevan dengan kehidupan siswa
Penjelasan:
Studi kasus memungkinkan siswa mengaitkan nilai-nilai Islam dengan pengalaman nyata, sehingga nilai tersebut lebih mudah dipahami dan diterapkan.
Soal 20
Seorang guru ingin membangun karakter siswa melalui akhlak karimah. Upaya yang paling efektif dalam mencapainya adalah...
A. Menerapkan pendekatan otoriter dalam mendisiplinkan siswa
B. Memberikan teladan nyata dalam kehidupan sehari-hari
C. Menyampaikan materi tanpa membahas aplikasinya dalam kehidupan
D. Mengandalkan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar
E. Menghindari diskusi karena dapat menimbulkan perbedaan pendapat
β Jawaban: B. Memberikan teladan nyata dalam kehidupan sehari-hari
Penjelasan:
Keteladanan guru adalah metode paling ampuh dalam pendidikan karakter. Siswa lebih mudah meniru perbuatan nyata dibanding hanya menerima teori.
Soal 21
Salah satu tantangan utama dalam menanamkan akhlak karimah di era digital adalah...
A. Banyaknya sumber informasi yang valid dan terpercaya
B. Meningkatnya kepedulian sosial di kalangan generasi muda
C. Penyebaran nilai-nilai yang bertentangan dengan moral Islam melalui media sosial
D. Bertambahnya jumlah sekolah berbasis agama
E. Kemudahan dalam mengakses literatur keislaman
β Jawaban: C. Penyebaran nilai-nilai yang bertentangan dengan moral Islam melalui media sosial
Penjelasan:
Media sosial seringkali memuat konten negatif yang bertentangan dengan nilai Islam. Peran guru dan orang tua sangat penting dalam membimbing siswa menyikapinya dengan bijak.
Soal 22
Nilai-nilai akhlak Islam seperti jujur, disiplin, dan gotong royong harus tetap dijaga dalam kehidupan sosial. Bagaimana cara mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dengan budaya lokal?
A. Menyesuaikan ajaran Islam agar sesuai dengan budaya tanpa batasan
B. Menghapus budaya yang bertentangan tanpa mempertimbangkan dampaknya
C. Menggabungkan ajaran Islam dengan budaya yang sejalan dengan nilai-nilai Islam
D. Menolak semua bentuk budaya lokal karena dianggap bertentangan
E. Membiarkan budaya berkembang sendiri tanpa panduan agama
β Jawaban: C. Menggabungkan ajaran Islam dengan budaya yang sejalan dengan nilai-nilai Islam
Penjelasan:
Islam menerima budaya lokal selama tidak bertentangan dengan syariat. Ini menjadi strategi dakwah yang efektif dan bijaksana.
Soal 23
Dalam menanamkan akhlak karimah, guru harus memperhatikan bahwa siswa memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Pendekatan yang paling tepat dalam pembelajaran adalah...
A. Memberikan pemahaman yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan siswa
B. Menyamakan semua metode pengajaran tanpa mempertimbangkan konteks
C. Mewajibkan semua siswa untuk memahami materi dengan cara yang sama
D. Menghindari diskusi agar tidak terjadi perbedaan pemahaman
E. Hanya fokus pada siswa yang memiliki latar belakang keislaman yang kuat
β Jawaban: A. Memberikan pemahaman yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan siswa
Penjelasan:
Setiap siswa memiliki latar belakang unik, maka pendekatan diferensiasi sangat penting agar pembelajaran akhlak lebih inklusif dan bermakna.
Soal 24
Faris adalah seorang pemuda Muslim yang ingin menikah untuk menjaga kehormatannya. Namun, ia merasa belum memiliki kemampuan finansial yang cukup. Dalam Islam, bagaimana hukum menikah bagi seseorang yang memiliki keinginan kuat tetapi belum mampu secara ekonomi?
A. Wajib menikah karena takut terjerumus ke dalam zina
B. Sunnah menikah meskipun belum mampu
C. Mubah selama tidak memberatkan dirinya
D. Makruh menikah jika tidak memiliki kesiapan finansial
E. Haram menikah tanpa kesiapan ekonomi
β Jawaban: D. Makruh menikah jika tidak memiliki kesiapan finansial
Penjelasan:
Menikah sangat dianjurkan, tetapi jika belum mampu secara lahir dan batin, maka makruh karena dikhawatirkan tidak dapat menunaikan hak-hak pasangan.
Soal 25
Seorang Muslim ingin melakukan nikah mutβah (kontrak) karena tinggal sementara di luar negeri. Bagaimana pandangan mayoritas ulama terhadap praktik ini?
A. Diperbolehkan karena memenuhi kebutuhan manusia
B. Dilarang karena tidak sesuai dengan tujuan utama pernikahan
C. Sah dilakukan jika ada akad dan mahar
D. Dibolehkan hanya dalam keadaan darurat
E. Dianjurkan untuk menghindari perzinaan
β Jawaban: B. Dilarang karena tidak sesuai dengan tujuan utama pernikahan
Penjelasan:
Mayoritas ulama sepakat nikah mutβah tidak sah karena tidak mencerminkan nilai-nilai sakinah, mawaddah, wa rahmah dalam pernikahan.
Soal 26
Hana adalah seorang dokter dan ingin mengeluarkan zakat atas penghasilannya. Dalam Islam, jenis zakat ini disebut...
A. Zakat Mal
B. Zakat Fitrah
C. Zakat Tijarah
D. Zakat Profesi
E. Zakat Rikaz
β Jawaban: D. Zakat Profesi
Penjelasan:
Zakat profesi adalah zakat dari penghasilan rutin seperti gaji, dan termasuk bagian dari zakat mal jika mencapai nisab dan haul.
Soal 27
Salah satu ayat yang menjadi dasar kewajiban zakat adalah...
A. QS. Al-Baqarah: 183
B. QS. Al-Baqarah: 267
C. QS. At-Taubah: 103
D. QS. An-Nisa: 3
E. QS. Al-Maidah: 90
β Jawaban: C. QS. At-Taubah: 103
Penjelasan:
Ayat ini menyebutkan perintah untuk mengambil zakat dari orang-orang beriman sebagai cara menyucikan dan membersihkan jiwa mereka.
Soal 28
Jika seseorang ingin memberikan zakat kepada saudaranya yang kaya namun memiliki banyak utang, apakah hal ini sesuai?
A. Ya, karena saudaranya memiliki beban keuangan
B. Tidak, karena orang kaya tidak termasuk mustahik zakat
C. Ya, karena utang membuat seseorang berhak menerima zakat
D. Tidak, kecuali jika ia benar-benar tidak mampu membayar utangnya
E. Ya, jika ia berjanji menggunakan zakat dengan baik
β Jawaban: B. Tidak, karena orang kaya tidak termasuk mustahik zakat
Penjelasan:
Salah satu syarat mustahik zakat adalah tidak mampu atau fakir/miskin. Orang kaya, meskipun punya utang, tidak termasuk dalam asnaf kecuali benar-benar tidak mampu membayar.
Soal 29
Tidak semua transaksi dengan keuntungan termasuk riba. Salah satu sistem keuangan Islam yang diperbolehkan adalah...
A. Pinjaman dengan bunga rendah
B. Jual beli dengan akad murabahah
C. Investasi dengan keuntungan tetap
D. Deposito dengan bunga berbunga
E. Kredit berbasis riba
β Jawaban: B. Jual beli dengan akad murabahah
Penjelasan:
Murabahah adalah jual beli dengan penambahan margin keuntungan yang disepakati. Tidak termasuk riba karena melibatkan barang dan risiko nyata.
Soal 30
Salah satu ciri utama kepemimpinan Khulafaur Rasyidin adalah...
A. Pemerintahan berbasis warisan keluarga
B. Pemimpin dipilih berdasarkan konsensus umat
C. Kepemimpinan bersifat absolut tanpa musyawarah
D. Tidak adanya sistem administrasi pemerintahan
E. Fokus utama hanya pada perluasan wilayah
β Jawaban: B. Pemimpin dipilih berdasarkan konsensus umat
Penjelasan:
Khulafaur Rasyidin dipilih melalui musyawarah umat dan bukan pewarisan. Ini adalah bentuk awal demokrasi dalam sistem Islam.
Soal 31
Bagaimana sistem pendidikan yang berkembang pada masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin?
A. Sistem pendidikan tertutup bagi non-Muslim
B. Pendidikan hanya terbatas pada keluarga bangsawan
C. Sistem halaqah di masjid yang terbuka untuk umum
D. Pendidikan formal dengan sistem universitas
E. Pendidikan hanya dilakukan oleh tentara dan ulama
β Jawaban: C. Sistem halaqah di masjid yang terbuka untuk umum
Penjelasan:
Pada masa Khulafaur Rasyidin, pendidikan berlangsung secara informal dalam bentuk halaqah (lingkaran belajar) di masjid. Semua orang bisa ikut, tanpa memandang status sosial.
Soal 32
Bagaimana strategi dakwah Islam pada masa Bani Umayyah dalam memperluas wilayah Islam?
A. Penjajahan paksa dan pemaksaan agama
B. Melalui perdagangan, dakwah, dan diplomasi
C. Hanya melalui kekuatan militer
D. Penyebaran ajaran melalui radio dan media cetak
E. Penaklukan budaya lokal tanpa kompromi
β Jawaban: B. Melalui perdagangan, dakwah, dan diplomasi
Penjelasan:
Penyebaran Islam pada masa Bani Umayyah dilakukan melalui berbagai jalur, termasuk perdagangan dan pendekatan damai. Ini menjadikan dakwah lebih diterima oleh masyarakat luas.
Soal 33
Salah satu kemajuan pendidikan Islam pada masa Bani Umayyah adalah...
A. Didirikannya madrasah formal sebagai lembaga pendidikan
B. Hilangnya sistem belajar mengajar di masjid
C. Penurunan jumlah ulama dan cendekiawan
D. Pendidikan hanya untuk laki-laki saja
E. Tidak ada perkembangan pendidikan
β Jawaban: A. Didirikannya madrasah formal sebagai lembaga pendidikan
Penjelasan:
Pada masa ini, pendidikan mulai terstruktur. Madrasah didirikan sebagai lembaga pendidikan formal yang mengajarkan berbagai ilmu agama dan umum.
Soal 34
Bagaimana sistem pemerintahan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah?
A. Pemerintahan desentralisasi penuh
B. Sistem khilafah yang mengedepankan kekuasaan absolut
C. Pemerintahan berdasarkan tritunggal kekuasaan
D. Sentralisasi kekuasaan dengan birokrasi yang kuat
E. Pemerintahan demokratis dengan pemilu langsung
β Jawaban: D. Sentralisasi kekuasaan dengan birokrasi yang kuat
Penjelasan:
Dinasti Abbasiyah terkenal dengan sistem birokrasi modern. Pemerintahan sangat terorganisir dan terpusat di Baghdad.
Soal 35
Apa faktor utama yang mendorong perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah?
A. Perlindungan terhadap budaya lokal
B. Penolakan terhadap filsafat Yunani
C. Pendirian Baitul Hikmah di Baghdad
D. Peningkatan aktivitas militer
E. Penekanan pada ilmu-ilmu tasawuf
β Jawaban: C. Pendirian Baitul Hikmah di Baghdad
Penjelasan:
Baitul Hikmah adalah pusat penerjemahan dan penelitian ilmu pengetahuan yang sangat berpengaruh dalam peradaban Islam dan dunia.
Soal 36
Dalam membentuk kejujuran siswa, strategi yang paling efektif adalah...
A. Memberi hukuman kepada siswa yang tidak jujur
B. Memberi hadiah hanya kepada siswa yang jujur
C. Memberi nasihat setiap hari tanpa tindakan nyata
D. Memberi teladan dan membangun lingkungan yang mendukung kejujuran
E. Menekankan nilai kejujuran hanya pada pelajaran PAI
β Jawaban: D. Memberi teladan dan membangun lingkungan yang mendukung kejujuran
Penjelasan:
Lingkungan yang kondusif dan keteladanan guru sangat efektif dalam membentuk karakter jujur dalam diri peserta didik.
Soal 37
Ki Hajar Dewantara menyampaikan prinsip "Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani". Implikasi prinsip ini dalam pembelajaran karakter adalah...
A. Guru sebagai pusat informasi
B. Guru memberi teladan, mendampingi, dan mendorong siswa
C. Guru cukup menyampaikan nilai-nilai karakter melalui ceramah
D. Siswa diberi kebebasan penuh tanpa arahan
E. Guru hanya menilai tanpa membimbing
β Jawaban: B. Guru memberi teladan, mendampingi, dan mendorong siswa
Penjelasan:
Prinsip ini mengisyaratkan bahwa guru harus menjadi contoh, inspirator, sekaligus motivator dalam pembentukan karakter siswa.
Soal 38
Salah satu ciri khas pendekatan pendidikan karakter menurut KH Ahmad Dahlan adalah...
A. Menghafal ayat-ayat Al-Qurβan sebanyak mungkin
B. Menolak sistem pendidikan modern
C. Menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan nyata dan aksi sosial
D. Fokus pada nilai-nilai spiritual semata
E. Hanya mempelajari kitab kuning
β Jawaban: C. Menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan nyata dan aksi sosial
Penjelasan:
KH Ahmad Dahlan menekankan pentingnya amal sosial dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari pendidikan karakter.
Soal 39
Undang-Undang yang menjadi dasar hukum dalam implementasi pendidikan karakter di Indonesia adalah...
A. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
B. UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak
C. UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
D. UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
E. UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik
β Jawaban: A. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Penjelasan:
UU ini mengatur bahwa pendidikan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia dan berkarakter.
Soal 40
Ayat yang menegaskan pentingnya berkata benar dan jujur dalam kehidupan sehari-hari adalah...
A. QS. Al-Maidah: 90
B. QS. Al-Ahzab: 70
C. QS. Al-Ikhlas: 1
D. QS. Al-Baqarah: 183
E. QS. At-Takwir: 29
β Jawaban: B. QS. Al-Ahzab: 70
Penjelasan:
Ayat ini memerintahkan orang beriman untuk bertakwa dan berkata benar, karena ucapan yang jujur mendatangkan kebaikan dan ampunan dari Allah.
Soal 41
Dalam QS. Al-Baqarah: 153, Allah menjelaskan bahwa Allah beserta orang-orang yang...
A. Beriman
B. Bertaqwa
C. Bersabar
D. Berilmu
E. Berhijrah
β Jawaban: C. Bersabar
Penjelasan:
Ayat ini menjadi motivasi bagi umat Islam agar senantiasa bersabar dalam menghadapi ujian karena Allah bersama orang yang sabar.
Soal 42
Tanggung jawab sosial merupakan bagian dari ajaran Islam. Salah satu bentuk tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari adalah...
A. Menghindari semua interaksi sosial
B. Mementingkan diri sendiri dalam setiap keputusan
C. Membantu orang yang membutuhkan dan peduli terhadap sesama
D. Mengabaikan tetangga yang sedang kesulitan
E. Mencela orang yang tidak seagama
β Jawaban: C. Membantu orang yang membutuhkan dan peduli terhadap sesama
Penjelasan:
Islam mengajarkan umatnya untuk peduli, saling menolong, dan memperhatikan hak-hak sosial di lingkungan sekitarnya.
Soal 43
Apa yang dimaksud dengan moderasi beragama?
A. Sikap fanatik terhadap ajaran sendiri
B. Sikap seimbang dan toleran terhadap perbedaan
C. Mencampurkan semua agama dalam satu ibadah
D. Menyamakan semua ajaran agama
E. Menghindari keberagaman
β Jawaban: B. Sikap seimbang dan toleran terhadap perbedaan
Penjelasan:
Moderasi beragama adalah sikap adil, tidak ekstrem, dan menghargai perbedaan tanpa mencederai keyakinan pribadi.
Soal 44
Nilai utama yang menjadi landasan dalam moderasi beragama adalah...
A. Persaingan
B. Keadilan
C. Kecurigaan
D. Penghindaran
E. Keegoisan
β Jawaban: B. Keadilan
Penjelasan:
Moderasi tidak akan berhasil tanpa keadilan, baik terhadap sesama umat maupun terhadap pemeluk agama lain.
Soal 45
Moderasi beragama dapat menciptakan kerukunan umat beragama melalui...
A. Penguasaan satu kelompok atas kelompok lain
B. Penolakan terhadap budaya asing
C. Toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan
D. Pemaksaan ajaran agama
E. Penutupan ruang publik bagi minoritas
β Jawaban: C. Toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan
Penjelasan:
Dengan menghargai perbedaan, kehidupan sosial menjadi damai dan saling menghormati antarumat beragama.
Soal 46
Salah satu upaya penting dalam mewujudkan moderasi beragama di lingkungan masyarakat adalah...
A. Menolak semua bentuk perayaan agama lain
B. Menyalahkan keyakinan orang lain secara terbuka
C. Menghargai hak orang lain dalam menjalankan ajaran agamanya
D. Membatasi praktik agama di ruang publik
E. Menghindari pergaulan antar umat beragama
β Jawaban: C. Menghargai hak orang lain dalam menjalankan ajaran agamanya
Penjelasan:
Moderasi beragama mengajarkan penghormatan terhadap keyakinan orang lain, selama tidak mengganggu ketertiban umum. Ini kunci dalam menciptakan harmoni sosial.
Soal 47
Salah satu indikator moderasi beragama adalah...
A. Membatasi aktivitas umat agama lain
B. Menghormati hak orang lain dalam memilih dan menjalankan agamanya
C. Menolak semua bentuk dialog antaragama
D. Menyebarkan kebencian atas nama agama
E. Memaksakan keyakinan pribadi kepada orang lain
β Jawaban: B. Menghormati hak orang lain dalam memilih dan menjalankan agamanya
Penjelasan:
Sikap moderat mencakup penghormatan terhadap pilihan keyakinan, baik secara individu maupun kelompok. Hal ini menunjukkan akhlak Islami yang luhur.
Soal 48
Sikap kesederhanaan dalam praktik beragama termasuk dalam nilai-nilai...
A. Radikalisme
B. Moderasi
C. Liberalisme
D. Fundamentalisme
E. Sekularisme
β Jawaban: B. Moderasi
Penjelasan:
Moderasi tidak hanya tentang toleransi, tetapi juga sikap sederhana dalam praktik ibadah. Tidak berlebihan dan tidak meremehkan ajaran agama.
Soal 49
Salah satu indikator penerimaan terhadap pluralitas agama adalah...
A. Menutup ruang dialog dengan agama lain
B. Membuka ruang dialog dan kerja sama antar umat beragama
C. Melarang adanya perbedaan pemikiran
D. Menyamakan semua agama
E. Menghindari pergaulan dengan pemeluk agama lain
β Jawaban: B. Membuka ruang dialog dan kerja sama antar umat beragama
Penjelasan:
Dialog dan kerja sama adalah bentuk nyata dari penghargaan terhadap keberagaman. Hal ini mencerminkan pemahaman Islam yang damai dan humanis.
Soal 50
Sikap toleransi dalam beragama mengajarkan umat Islam untuk...
A. Membenarkan semua ajaran agama
B. Menghormati keyakinan orang lain tanpa mencampuri atau merusak ajaran Islam
C. Menghindari semua pembicaraan tentang agama
D. Mengabaikan ajaran agamanya sendiri demi kedamaian
E. Menyamakan seluruh isi kitab suci agama lain
β Jawaban: B. Menghormati keyakinan orang lain tanpa mencampuri atau merusak ajaran Islam
Penjelasan:
Toleransi bukan berarti menyamakan semua agama, tetapi tetap berpegang teguh pada keyakinan Islam sambil menghormati pemeluk agama lain.
β Penutup
Demikian kumpulan lengkap 50 soal dan kunci jawaban TAM Modul Profesional PPG Kemenag Guru PAI 2025, dilengkapi dengan penjelasan setiap jawaban. Semoga menjadi referensi bermanfaat untuk proses belajar dan persiapan evaluasi Anda.
Posting Komentar untuk "π Soal dan Kunci Jawaban TAM Modul Profesional PPG Kemenag Guru PAI 2025 (Lengkap dengan Penjelasan)"