PREDIKSI 6 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)

PREDIKSI 6 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)
PREDIKSI 6 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)


PREDIKSI SOAL UP

NOMOR 91-100

91. Apa yang akan Anda lakukan? Jika sekolah Anda mengagendakan acara pentas seni di sekolah dan Anda diberi tugas untuk menjadi penanggung jawab acara tersebut. Padahal Anda belum cukup memiliki pengalaman terkait dengan kegiatan tersebut.

a. menerima tugas dan mengusulkan guru pendamping lain yang berpengalaman untuk ikut serta

b. melibatkan semua guru menjadi panitia acara pentas seni, sehingga pelaksanaannya menjadi ringan

c. menolak tugas, karena belum berpengalaman dan tidak memahami acara pentas seni

d. menerima dan melaksanakan tugas sambil belajar cara mengelola acara dengan baik

e. menolak tugas, dengan alasan ada guru lain yang lebih mampu dan berpengalaman


92. Di bawah ini adalah beberapa dampak positif globalisasi.

  1. Meningkatkan kemakmuran masyarakat
  2. Meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara.
  3. Mendorong pengusaha untuk meningkatkan efisiensi. 
  4. Terwujudnya jaminan hak asasi manusia oleh suatu negara
  5. Meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat.
  6. Meningkatnya demokratisasi, dan tranparansi dalam pemerintahan
  7. Makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri.
  8. Terwujudnya kebebasan yang bertanggungjawab sehingga dapat mendorong kreatifitas masyarakat

Di antara dampak tersebut, yang termasuk dampak positif globalisasi di bidang ekonomi adalah

A (2), (4), (6), dan (8)

B (1), (2), (7), dan (8)

C (1). (2), (3) dan (7)

D (1), (3), (5), dan (7)

E (5), (6), (7), dan (8)


93. Kewibawaan seorang guru akan terpancar dari ketaatannya terhadap aturan yang berlaku dan kesepakatan yang telah dibangun bersama. Perwujudan dari ketaatan tersebut dalam tugas kesehariannya adalah ....

    A menambah waktu pelajaran karena terlambat masuk kelas

    B memberi sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib sekolah

    C. mengurangi nilai siswa karena sering terlambat masuk sekolah

    D melarang siswa yang terlambat untuk mengikutu pelajarannya

    E memulai dan mengakhiri pelajaran dengan tepat waktu


94. Siska adalah siswa kelas VI yang paling pandai di kelas Anda dan pada suatu hari mengalami kecelakaan, sehingga tidak bisa masuk sekolah selama beberapa hari.

Tindakan Anda sebagai guru kelas adalah mengajak siswa yang satu kelas dengan Siska untuk ....

a. berempati semoga Siska cepat sembuh

b. menjenguk Siska di rumahnya ketika sakit

c. memberi nasehat agar Siska semangat belajar

d. mendoakan dan mengajak Siska segera masuk sekolah

e. memberi nasihat agar lebih berhati-hati ketika di jalan raya


95. Diketahui sebuah besi bersuhu 220° C dimasukkan ke dalam 2 kg air bersuhu 16° C.

Setelah beberapa saat terjadi kesetimbangan suhu air dan besi sebesar 20°C.

 

Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1. Massa besi sama dengan massa air 

2. Massa besi lebih besar daripada massa air

3. Massa besi lebih kecil daripada massa air (dari hasil perhitungan dengan rumus didapat massa besi 0,37 kg < massa air 2 kg)

4. Kalor jenis besi lebih besar daripada kalor jenis air 

5. Kalor jenis besi lebih kecil daripada kalor jenis air (sudah baku)

 

Pernyataan yang benar berdasarkan data tersebut adalah ....

a. 1 dan 4

b. 2 dan 4

c. 1 dan 5

d. 2 dan 5

e. 3 dan 5


Cara Pengerjaan Nomor 95 :

Hitung dengan rumus Q Lepas = Q Terima

Qbesi = Qair

m1c1(T1  Tc) = m2c2(Tc  T2)

Keterangan:

m1 = massa benda 1 yang suhunya tinggi (kg)

m2 = massa benda 2 yang suhunya rendah (kg)

c1 = kalor jenis benda 1 (J/kg∘C), Kalor Jenis Besi = 450 J/kg∘C

c2 = kalor jenis benda 2 (J/kgC), Kalor Jenis Air = 4.200 J/kg∘C

T1 = suhu mula-mula benda 1 (∘C atau K)

T2 = suhu mula-mula benda 2 (∘C atau K)

Tc = suhu akhir atau suhu campuran (∘C atau K)


96. Perhatikan kutipan cerita berikut!

Suatu hari di negeri dongeng, pengawal istana kaget karena taman istana berantakan. Ada yang memetik daun-daun tanaman. Tak jauh dari sana, para kurcaci sedang bermain bola di halaman istana. Pengawal istana curiga. Jangan-jangan, mereka yang memetik daun Oki dan Felip kesal karena dituduh oleh pengawal istana. Felip lalu mengajak Oki untuk mengerjai pengawal istana itu Oki mencuri tongkat wasiat Nirmala. Bim salabim! Tapi, malah Oki yang terkena mantranya sendiri. Dia terbalik memegang tongkat wasiat itu Oki berubah menjadi tikus dan dikejar-kejar oleh Ghost, kucing Glegek Oki meminta tolong kepada Dino dan mereka kabur.

(Sumber https://bobo grid id read 082358480/dongeng-anak-petualangan-ok-dan-nurmala hilangnya-oki-dan-dino)

 Pengenalan dan karakteristik tokoh dalam kutipan cerita tersebut ditunjukkan dengan cara....

 A lakuan para tokoh

 B dialog antar tokoh

 C aksi para tokoh

 D narasi oleh penulis

 E reaksi tokoh lain


97. Mata pelajaran IPS yang diajarkan di kelas IV SDN Merdeka Belajar tentang materi bumi dan angkasa dilaksanakan pada jam terakhir setiap hari Kamis. Seringkali pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang menguap dan mengantuk, ogah-ogahan menerima materi, situasi kelas gaduh karena banyak peserta didik yang berbincang-bincang. Saat dilakukan penilaian, hasilnya mengecewakan karena nilai hasil belajar selalu rendah dan mayoritas siswa berada di bawah KKM.

Perbaikan pembelajaran harus dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di kelas IV. Upaya guru yang relevan adalah menerapkan model pembelajaran ...

 A. talking stick

 B. kooperatif

 C inkuiri

 D berbasis masalah.

 E proyek


Pembahasan :

Miftahul Huda 2013: 224 mengatakan Talking Stick tongkat berbicara adalah metode yang pada mulanya digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengajak semua orang berbicara atau menyampaikan pendapat dalam suatu forum pertemuan atar suku, sebagaimana dikemukakan Carol Locust dalam Miftahul Huda, 2013: 224, tongkat berbicara telah digunakan selama berabad-abad oleh suku-suku Indian sebgai alat menyimak secara adil dan tidak memihak. Tongkat berbicara sering digunakan kalangan 19 dewan untuk memutuskan siapa yang mempunyai hak berbicara. Pada saat pimpinan rapat mulai berdiskusi dan membahas masalah, ia harus memegang tongkat berbicara. Tongkat akan berpindah ke orang lain apabila ia ingin berbicara atau menanggapinya. Dengan cara ini tongkat berbicara akan berpindah dari satu orang ke orang lain jika orang tersebut ingin mengemukakan pendapatnya. Apabila semua mendapatkan giliran berbicara, tongkat itu lalu dikembalikan lagi ke ketua pimpinan rapat. Talking Stick adalah suatu metode pembelajaran dengan bantuan tongkat. Siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah peseta didik mempelajari materi pokoknya. Talking Stick merupakan salah satu metode pengembangan pembelajaran kooperatif. Dalam talking stick, peserta didik diarahkan untuk dapat bekerja, mengembangkan diri dan bertanggung jawab Lie, 2004: 15. Menurut Suprijono 2010 : 109 pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat.


98. Pada Pembelajaran 3 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan di kelas V SD, terdapat indikator muatan PPKn : mengidentifikasi budaya daerah.

Materi pokok yang dapat dipilih adalah ....

A lagu Rumah Betang Uluk Palin

B. asal daerah Rumah Betang Uluk Palin pada peta Indonesia

C. warna pilihan suku Dayak pada gambar Rumah Betang Uluk Palin

D Rumah Betang Uluk Palin yang merupakan rumah adat suku bangsa Dayak

E penulisan ciri ciri Rumah Betang Uluk Palin yang sesuai dengan kaidah penulisan yang benar


99. Pada Pembelajaran 4. Subtema 1, kelas V SD, Sehat Itu Penting KD PPKn yang tertulis adalah 

"3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari."

"4.2 Mengambil keputusan bersama tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari."

Media yang tepat untuk KD Subtema tersebut adalah ....

 A torse tubuh manusia

 B foto dampak merokok

 C video dampak pandemi

 D gambar peredaran darah

 E tabel data persebaran kondisi kesehatan


100. Peserta didik dapat menyusun pedoman wawancara secara sederhana. Rumusan instrumen penilaian psikomotor yang relevan adalah ....

 A. Buatlah pedoman wawancara sederhana untuk mewawancarai orang tuamu!

 B. Buatlah macam-macam pedoman wawancara yang kamu ketahuil

 C. Tuliskan bagian-bagian dari pedoman wawancara yang benar! 

 D. Jelaskan macam-macam pedoman wawancara yang kamu ketahui?

 E. Jelaskan komponen-komponen dalam menyusun pedoma wawancara!


SELANJUTNYA :👇👇👇

PREDIKSI 7 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)

10 komentar untuk "PREDIKSI 6 : SOAL UP UKMPPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN (UNTUK RETAKER DAN FIRST TAKER)"