SOAL NOMOR 71-90
71. Perhatikan pernyataan berikut !
Diketahui : Sebuah persegi dengan panjang sisi 10 cm dibagi menjadi empat persegi dan dua diantaranya diwarnai seperti pada gambar di bawah ini.
Setiap persegi yang belum diwarnai dibagi lagi menjadi empat persegi dan dilakukan pewarnaan seperti pada langkah sebelumnya. Proses ini dilanjutkan dengan cara yang sama. Setelah langkah kelima, luas persegi yang sudah diwarnai adalah ....
a. Menanyakan terlebih dahulu kepada guru tentang apa yang harus dikerjakan
b. Bertanya kepada teman sebangku
c. Mengidentifikasi informasi dalam soal dan menyadari bahwa soal ini terkait dengan pola bilangan dan menghitung luasnya
d. Mencari pola pengubinan yang ada pada soal
e. Mengingat kembali (me-recall) materi yang baru saja dipelajari
c. Mengidentifikasi informasi dalam soal dan menyadari bahwa soal ini terkait dengan pola bilangan dan menghitung luasnya
d. Mencari pola pengubinan yang ada pada soal
e. Mengingat kembali (me-recall) materi yang baru saja dipelajari
72. Perhatikan ruang lingkup materi berikut ini!
- Hubungan gaya dan gerak
- Percobaan membuat teropong
- Sifat-sifat cahaya
- Sumber-sumber bunyi
- Pengaruh gaya terhadap gerak benda
Ruang lingkup materi IPA yang sesuai dengan KD : 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan adalah ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
e. (4) dan (5)
73. Toko Star Campaign menjual dua jenis tenda. Satu berbentuk limas segiempat dan satunya lagi berbentuk prisma. Keduanya dijual tanpa alas.
Manakah pernyataan berikut yang BENAR terkait dengan luas bahan yang diperlukan untuk memproduksi tenda tersebut?
a. Luas bahan untuk membuat 1 tenda prisma sebanding dengan 2 tenda limas.
b. Walaupun menghabiskan bahan 1,5 kali tenda limas, saya lebih suka menjual tenda prisma karena harganya lebih mahal.
c. Setiap saya membuat 1 tenda prisma, saya dapat membuat 3 tenda limas
d. Setiap saya membuat 3 tenda prisma, saya dapat membuat 5 tenda limas.
e. Saya lebih suka menjual tenda prisma karena bahan yang diperlukan lebih sedikit, hanya perlu seperempat bahan dari tenda prisma
74. Setelah menganalisis hasil pengamatan yang dilakukan di kelasnya, Bu Aminah melihat bahwa dalam 2 kali pengumpulan tugas hasil pengamatan di lingkungan sekitar sekolah, rata-rata hanya 6 orang dari 32 siswanya yang melakukan pengamatan dengan benar. Sebagian besar siswa tidak dapat melaksanakan petunjuk pengamatan yang telah dijelaskannya. Siswa cenderung gaduh dan bermain-main pada saat melakukan pengamatan.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut, Bu Aminah kemudian membuat rumusan permasalahan pembelajaran sebagai berikut :
"Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat terampil dalam melakukan pengamatan ketika materi percobaan IPA?"
Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
(1) Apakah pemberian video cara melakukan pengamatan di awal percobaan IPA dapat meningkatkan keterampilan siswa?
(2) Bagaimana pelaksanaan pengamatan ketika percobaan IPA yang diselenggarakan di sekolah lainnya?
(3) Bagaimana strategi melakukan pengamatan di luar kelas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap percobaan IPA?
(4) Apakah saya perlu berkonsultasi dengan tokoh masyarakat?
(5) Apakah saya perlu melibatkan orang tua siswa
Permasalahan di atas yang dapat digunakan Bu Aminah dalam rangka melakukan refleksi untuk persiapan merencanakan PTK adalah ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (1) dan (5)
e. (3) dan (5)
75. Salah satu KD di kelas rendah adalah : 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.
Berdasarkan KD tersebut, kegiatan inti yang dapat dilakukan Pak Akbar sebagai guru kelas rendah adalah ....
a. memberikan kuis tentang jenis-jenis alat komunikasi dan contoh-contohnya
b. mengajak peserta didik mengidentifikasi alat komunikasi dan transportasi yang digunakan keluarga di rumah
c. menyajikan gambar handphone dan meminta peserta didik bercerita tentang gambar tersebut
d. meminta peserta didik mewarnai gambar handphone
e. mengajukan pertanyaan "Apakah di sekitarmu ada warung internet (warnet)?"
76. Seorang guru kelas 3 mengajar tema 4 tentang Kewajiban dan Hakku.
Guru merumuskan indikator, siswa dapat menunjukkan sikap sosial yang menjalankan kewajiban di kelas. Guru merancang alat evaluasi yang tepat untuk menilai sikap sosial anak ketika sedang melaksanakan kewajiban di dalam kelas. Alat penilaian yang tepat yang dapat digunakan guru adalah ....
a. pengamatan selama kegiatan di kelas
b. lembar jurnal hasil observasi
c. portofolio hasil kegiatan dalam melaksanakan kewajiban
d. tes tentang sikap sosial yang harus dilakukan saat di kelas
e. wawancara dengan siswa tentang kewajiban di kelas
77. Diberikan KD sebagai berikut : "Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal"
Indikator penunjang atau inti yang TIDAK SESUAI dengan KD tersebut adalah ....
a. Mengurutkan dua pecahan bentuk desimal
b. Menjelaskan Jumlah, selisih bilangan, hasil kali, dan hasil bagi dua pecahan
c. Menjelaskan Jumlah, selisih bilangan, hasil kali, dan hasil bagi dua pecahan desimal
d. Melakukan penaksiran dari hasil bagi dua bilangan cacah
e. Menjelaskan Jumlah, selisih bilangan, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah
78. Suatu ketika seorang siswa "memprotes" kunci jawaban soal yang disampaikan oleh guru, karena dianggap tidak kurang benar. Menanggapi tindakan siswa yang seperti itu, hal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang guru adalah ....
a. membiarkan siswa bersikukuh dengan pendirian dan pendapatnya
b. memberi kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan jawaban yang dianggap benar siswa
c. mengingatkan pada siswa agar ke depan tidak melakukan hal yang sama
d. mengabaikan begitu saja tindakan yang dilakukan oleh siswa
e. menjelaskan alasan kunci jawaban yang diberikan dengan tetap menghargai pendapat
79. Hukuman yang diberikan kepada siswa, apabila diberikan pada saat yang tepat, dapat merupakan salah satu bentuk penguatan (reinforcement) dan memberikan pengaruh yang baik (positif). Pengaruh positif yang dimaksud, adalah dapat membantu siswa untuk ....
a. mejadikan siswa takut untuk melakukan kesalahan
b. mendorong siswa-siswa yang lain untuk berbuat baik
c. menjadikan siswa selalu patuh pada perintah guru
d. mejadikan siswa selalu patuh pada aturan sekolah
e. mengenali kekurangan dirinya yang perlu diperbaiki
80. Sikap yang dapat kita pilih untuk menghadapi dampak globalisasi adalah sebagai berikut.
- Melestarikan budaya sendiri
- Mengembangkan industri kreatif
- Memadukan budaya sendiri dengan budaya lain.
- Memanfaatkan gadget untuk meningkatkan usaha
- Giat meningkatkan kerja sama dengan negara lain.
- Menerima budaya baru apapun yang berbasis teknologi
- Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Menerima pengaruh budaya asing yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia
Yang termasuk sikap positif yang berkaitan dengan budaya adalah ....
a. 2,3,5
b. 3,6,8
c. 1,3,8
d. 5,6,7
e. 1,3,7
81. Perhatikan statement berikut ini.
- Vitamin B ada pada sayuran dan buah berwarna kuning, merah, berfungsi sebagai pertumbuhan tulang dan gigi
- Vitamin B12 ada pada susu dan telur, berfungsi sebagai metabolisme sel dan pertumbuhan jaringan
- Vitamin E ada pada kecambah dan susu; berfungsi untuk memelihara kesehatan mata
- Vitamin D ada pada susu dan minyak ikan: berfungsi sebagai pembekuan darah
- Vitamin K ada pada hati dan daging; berfungsi untuk membentuk eritrosit
Hubungan yang benar antara nama, sumber, dan fungsi vitamin adalah pernyataan ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
82. Pak Doni akan memulai pembelajaran materi menulis cerita.
Tujuan pembelajaran yang disusun antara lain siswa mampu menuliskan cerita dengan memerhatikan usnur-unsur cerita. Sebelum menulis, Pak Doni mengulang sekilas materi unsur-unsur cerita. Agar pembelajaran menarik perhatian siswa, Pak Doni ingin menggunakan media. Berikut beberapa pilihan media yang disediakan oleh Pak Doni.
- Kumpulan cerita
- LKS cerita bergambar
- Salindia bersuara
- Video pembacaan cerita
Media pembelajaran yang cocok untuk tujuan pembelajaran yang tersebut terdapat pada nomor ...
a. 2 dan 4
b. 1 dan 2
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
e. 2 dan 3
83. Bu Kayla ingin membawa peserta didik ke dalam situasi nyata (real) dan menjelaskan hubungan antara pengetahuan dan kehidupan peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat. Bu Kayla menjelaskan menggunakan media gambar. Peserta didik kurang tertarik dengan media tersebut dan hasil belajar pun rendah.
Permasalahan di atas dapat diatasi dengan?
a. pendekatan lingkungan
b. pendekatan kuantum
c. pendekatan kontekstual
d. pendekatan sosial kemasyarakatan
e. pendekatan konsep
84. Reyhan adalah siswa kelas 2 SD memperoleh hasil evaluasi akhir dalam pembelajaran IPA sebagai berikut :
Hampir semua teman sekelas Reyhan menerima hasil yang serupa. Hanya sedikit siswa yang memperoleh predikat A dan B pada ketrampilan tersebut.
Rumusan kegiatan tindak lanjut yang dapat dilakukan Guru berdasarkan hasil evaluasi akhir Reyhan adalah ....
a. Menyiapkan pembelajaran remedial
b. Berinovasi dengan alat peraga bilangan yang baru
c. Melakukan refleksi atas pembelajaran bilangan yang telah dilakukan
d. Menganalisis dugaan penyebab dan merencanakan perbaikan pembelajaran pada materi selanjutnya
e. Memberikan materi pengayaan karena deskripsi evaluasi tersebut menunjukkan adanya ketrampilan peserta didik yang kurang tercapai (karena KKM telah tercapai, hanya saja banyak yang predikat nilainya Cukup, jadi diperlukan pengayaan)
85. Pada saat menyusun Rencana Pembelajaran, Pak Ramdan menulis indikator KD pada muatan matematika kelas V sebagai berikut : "Melakukan perkalian pecahan desimal"
Aktivitas yang dapat dilakukan Pak Ramdan untuk memulai mengajar pada materi tersebut dapat berupa ...
a. memeriksa kesiapan peserta didik untuk belajar perkalian desimal
b. mengingatkan kembali bilangan desimal dan operasi penjumlahannya
c. menceritakan kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan desimal dan operasi perkaliannya.
d. memberi soal tentang perkalian pecahan desimal untuk memeriksa kemampuan awal peserta didik.
e. memutar video tentang motivasi peserta didik agar pantang menyerah terkait dengan pecahan desimal.
86. Ada beberapa orang tua siswa yang mengeluh, karena anaknya kesulitan mengikuti pelajaran secara online untuk pelajaran Matematika.
Sebagai seorang guru, yang akan Anda lakukan adalah ....
a. mendesain pembelajaran untuk lebih komunikatif dan mudah dipelajari
b. meminta para siswa untuk mempelajari materi yang ada di media online
c. meminta siswa untuk mengerjakan contoh latihan soal yang ada di buku
d. menasehati para siswa yang kesulitan untuk tetap rajin dan tekun belajar
e. meminta orang tua membelikan buku pelajaran yang menunjang pelajaran
87. Pak Made, Guru SD kelas V di Bali, akan melakukan tindakan dengan menggunakan media gambar seri di kelas. Pak Made merasa perlu melakukan itu karena kemampuan menulis karangan peserta didiknya pada muatan mata pelajaran Bahasa Indonesia rendah,
Dalam proposal PTK yang disusun Pak Made, hipotesis dari rumusan tindakannya adalah ....
a. Penggunaan Media Gambar Seri tidak dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia
b. Media Gambar Seri bagi siswa kelas V SD dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia
c. Variasi Penggunaan Media Gambar Seni bagi siswa V SD dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia
d. Pemanfaatan Media Gambar Seri yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia?
e. Penggunaan Media Gambar Seri secara berpasangan dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia siwa kelas V.
88. Penduduk desa Sukamulya terkenal dengan usaha pembuatan batu bata merah dan pengrajin gerabah yang dilakukan secara turun menurun. Para pembuat batu bata membakar batu bata dengan menggunakan sekam untuk menggantikan kayu bakar. Kegiatan yang dilakukan penduduk dalam pembuatan batu bata bertujuan untuk ....
a. menambah produktivitas
b. menambah nilai guna barang
c. menghasilkan barang dan jasa
d. meminimalkan biaya produksi
e. memperbesar ukuran produksi
89. Tulang hulu (manubrium) sebagai salah satu tulang penyusun rongga dada merupakan tempat melekatnya ....
a. tulang rusuk yang kedua dan terletak paling bawah dari tulang dada
b. tulang rusuk yang pertama dan terletak paling bawah dari tulang dada
c. tulang rusuk pertama dan kedua serta terletak paling atas dari tulang dada
d. tulang rusuk ke tiga sampai ke tujuh dan terletak di bagian tengah tulang dada
e. gabungan tulang rusuk ke delapan sampai sepuluh dan terletak di bagian bawah tulang dada
90. Seorang guru kelas 3 SD menyusun Rencan Pembelajaran dengan KD berikut ini : "memeragakan kalimat saran"
Agar dapat memenuhi prinsip pembelajaran abad 21, salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dan mencerminkan penerapan 4C dan HOTS adalah ....
a. semua kelompok saling mengomentari
b. setiap kelompok menulis kalimat saran
c. siswa menyimak contoh-contoh kalimat saran
d. siswa bersama guru membahas materi yang telah dipelajari
e. siswa berkelompok dan menyampaikan kalimat saran yang dibuat
ditunggu kelanjutannya pak
BalasHapusBaik bu, wait.
HapusTq B4
HapusMator sakalangkong Pak
BalasHapusDi tunggu kelanjutannya๐๐๐
Baik bu, wait ya.
HapusSama sama kak
BalasHapususul pak, klo bs disertakan dengan pembahasannya,agar kami lebih mengerti.
BalasHapusSiap, insya Allah bu.
HapusAlhamdulillah... Terimakasih Pak
BalasHapussama sama ๐๐
Hapusterima kasih pak
BalasHapus