Download Modul 1 "Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional"


Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial: Fondasi Pendidikan Masa Depan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia terus beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi di era digital. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah integrasi mata pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (KA) dalam kurikulum nasional. Modul 1 "Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional" yang dikeluarkan oleh Direktorat Guru Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2025, menjadi panduan penting bagi guru dalam membekali peserta didik dengan kompetensi abad ke-21.

Mengapa Koding dan Kecerdasan Artifisial Penting?

Peningkatan literasi digital di semua jenjang pendidikan sangat diperlukan untuk membekali generasi mendatang dengan kemampuan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi, sejalan dengan Undang-Undang No. 59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN). Koding dan KA bukan lagi sekadar tren, melainkan fondasi krusial bagi kemajuan bangsa di era digital ini. Integrasi pembelajaran ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia di tingkat global.
  • Mendorong inovasi dan kreativitas peserta didik untuk menciptakan solusi inovatif bagi tantangan nasional.
  • Membekali peserta didik dengan pemahaman etika dalam pemanfaatan dan pengembangan teknologi.

Cakupan Materi dalam Modul

Modul ini dirancang khusus untuk membekali para fasilitator dengan pemahaman terintegrasi dengan pembelajaran mendalam serta keterampilan yang dapat mentransformasikan konsep pembelajaran Koding dan KA kepada para guru. Materi yang dibahas meliputi:

  1. Pengantar Mapel Koding dan Kecerdasan Artifisial: Menjelaskan rasional, tujuan, karakteristik, dan elemen mata pelajaran Koding dan KA dalam kurikulum nasional.
  2. Konsep Keilmuan Koding dan Kecerdasan Artifisial: Mendalami konsep dasar koding dan pemrograman, serta definisi dan sejarah perkembangan Kecerdasan Artifisial. Pembahasan juga mencakup pemanfaatan dan pengembangan KA, serta lanskap KA yang meliputi Machine Learning, Deep Learning, dan Generative AI.
  3. Implementasi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial di Sekolah: Memberikan panduan mengenai penerapan Berpikir Komputasional, Literasi Digital, serta Literasi dan Etika Kecerdasan Artifisial dalam proses pembelajaran.

Empat Pilar Berpikir Komputasional

Modul ini juga menekankan penguatan Berpikir Komputasional sebagai landasan utama. Empat pilar berpikir komputasional yang menjadi fokus adalah:

  • Dekomposisi: Memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  • Pengenalan Pola: Mengidentifikasi pola atau kesamaan yang berulang dalam data atau masalah.
  • Abstraksi: Menyaring informasi yang tidak perlu dan fokus pada detail yang relevan.
  • Algoritma: Mengembangkan urutan instruksi yang logis dan bertahap untuk mencapai solusi.

Etika dalam Kecerdasan Artifisial

Aspek etika menjadi perhatian krusial dalam pembelajaran KA. Peserta didik akan diajarkan untuk memahami potensi bias dalam sistem KA, pentingnya privasi data dan keamanan informasi, serta tanggung jawab dan akuntabilitas dalam penggunaan teknologi ini. Hal ini penting untuk memastikan bahwa teknologi digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Siap Menghadapi Masa Depan

Melalui bimbingan teknis ini, para fasilitator diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang mampu menularkan semangat dan pengetahuan tentang Koding dan KA kepada para guru pendidikan dasar di seluruh Indonesia. Dengan guru yang kompeten dan berkualitas, diharapkan akan mampu mendidik generasi penerus bangsa yang tidak hanya cakap dalam menggunakan teknologi, tetapi juga mampu mencipta dan berinovasi dengan memanfaatkan potensi Koding dan KA.

Modul ini akan memperkuat kompetensi pendidik dalam merancang dan menyampaikan pembelajaran KKA dengan materi berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) serta menggunakan kerangka kerja Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning).


Unduh Modul:

Anda dapat mengunduh file "Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional" melalui tautan berikut:

[Sertakan tautan unduhan file PDF Anda di siMata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial: Fondasi Pendidikan Masa Depan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia terus beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi di era digital. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah integrasi mata pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (KA) dalam kurikulum nasional. Modul 1 "Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional" yang dikeluarkan oleh Direktorat Guru Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2025, menjadi panduan penting bagi guru dalam membekali peserta didik dengan kompetensi abad ke-21.

Mengapa Koding dan Kecerdasan Artifisial Penting?

Peningkatan literasi digital di semua jenjang pendidikan sangat diperlukan untuk membekali generasi mendatang dengan kemampuan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi, sejalan dengan Undang-Undang No. 59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN). Koding dan KA bukan lagi sekadar tren, melainkan fondasi krusial bagi kemajuan bangsa di era digital ini. Integrasi pembelajaran ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia di tingkat global.
  • Mendorong inovasi dan kreativitas peserta didik untuk menciptakan solusi inovatif bagi tantangan nasional.
  • Membekali peserta didik dengan pemahaman etika dalam pemanfaatan dan pengembangan teknologi.

Cakupan Materi dalam Modul

Modul ini dirancang khusus untuk membekali para fasilitator dengan pemahaman terintegrasi dengan pembelajaran mendalam serta keterampilan yang dapat mentransformasikan konsep pembelajaran Koding dan KA kepada para guru. Materi yang dibahas meliputi:

  1. Pengantar Mapel Koding dan Kecerdasan Artifisial: Menjelaskan rasional, tujuan, karakteristik, dan elemen mata pelajaran Koding dan KA dalam kurikulum nasional.
  2. Konsep Keilmuan Koding dan Kecerdasan Artifisial: Mendalami konsep dasar koding dan pemrograman, serta definisi dan sejarah perkembangan Kecerdasan Artifisial. Pembahasan juga mencakup pemanfaatan dan pengembangan KA, serta lanskap KA yang meliputi Machine Learning, Deep Learning, dan Generative AI.
  3. Implementasi Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial di Sekolah: Memberikan panduan mengenai penerapan Berpikir Komputasional, Literasi Digital, serta Literasi dan Etika Kecerdasan Artifisial dalam proses pembelajaran.

Empat Pilar Berpikir Komputasional

Modul ini juga menekankan penguatan Berpikir Komputasional sebagai landasan utama. Empat pilar berpikir komputasional yang menjadi fokus adalah:

  • Dekomposisi: Memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  • Pengenalan Pola: Mengidentifikasi pola atau kesamaan yang berulang dalam data atau masalah.
  • Abstraksi: Menyaring informasi yang tidak perlu dan fokus pada detail yang relevan.
  • Algoritma: Mengembangkan urutan instruksi yang logis dan bertahap untuk mencapai solusi.

Etika dalam Kecerdasan Artifisial

Aspek etika menjadi perhatian krusial dalam pembelajaran KA. Peserta didik akan diajarkan untuk memahami potensi bias dalam sistem KA, pentingnya privasi data dan keamanan informasi, serta tanggung jawab dan akuntabilitas dalam penggunaan teknologi ini. Hal ini penting untuk memastikan bahwa teknologi digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Siap Menghadapi Masa Depan

Melalui bimbingan teknis ini, para fasilitator diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang mampu menularkan semangat dan pengetahuan tentang Koding dan KA kepada para guru pendidikan dasar di seluruh Indonesia. Dengan guru yang kompeten dan berkualitas, diharapkan akan mampu mendidik generasi penerus bangsa yang tidak hanya cakap dalam menggunakan teknologi, tetapi juga mampu mencipta dan berinovasi dengan memanfaatkan potensi Koding dan KA.

Modul ini akan memperkuat kompetensi pendidik dalam merancang dan menyampaikan pembelajaran KKA dengan materi berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) serta menggunakan kerangka kerja Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning).


Unduh Modul:

Anda dapat mengunduh file "Modul 1 Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional" melalui tautan berikut:

[Download Modul 1 "Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional"]

Posting Komentar untuk "Download Modul 1 "Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional""