FR SOAL UP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL PPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN

FR SOAL UP

KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL

PPG PGSD 2021

DISERTAI KUNCI JAWABAN



KEPRIBADIAN-1 PAKET 1

  

1.       Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat penghasilan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah…

A. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama.

B.  Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaan pemikiran, dan perilkau anak didiknya.

C.  Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.

D. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.

E.  Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan yang lainnya.

 

2.       Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan anda lakukan?

A. Memberika hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

B.  Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhtian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.

C.  Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.

D. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok.

E.  Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehingga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung.


3.       Anda memiliki tetangga yang anaknya tidak didaftarkan ke sekolah meskipun sudah memasuki usia sekolah, karena anak tersebut adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan?

A. Menjelaskan kepada orangtuanya bahwa ABK jugamemiliki hak unutk sekolah dan terdapat banyak sekolah yang mau menerima ABK sebagai siswanya.

B.  Menyarankan kepada orangtuanya agar menyekolahkan anaknya di Sekolah Luar Biasa (SLB) agar tidak melanggar hak asasi manusia.

C.  Meminta aparay desa untuk mendatangi orangtua tersebut agar mau mneyekolahkan anaknya yang menyandang ABK.

D. Meminta guru SLB atau guru pendamping khusus untuk mendatangi dan meyakinkan orangtua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya.

E.  Meminta aparat dinas pendidikan untuk mendatangi orangtua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK

 

4.       Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain. Jika seandainya anda sebagai guru apa yang anda lakukan?

A. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa tentang bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.

B.  Mendorong siswa untuk segera menyelesiakan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.

C.  Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.

D. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa.

E.  Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengiingkari kesepakatan yang sudah disepakati di awal semester.

 

5.       Saya adalah orang yang menjunjung tinggi apa yang telah menjadi prinsip yang saya katakana. Seandainya saya menerima sebuah tugas yang tidak sesuai dengan prinsip saya, hal yang akan saya lakukan adalah…

A. Menyalurkan pikiran dan perasaan negative pada sasaran lain.


B.  Memendam perasaan negatif yang muncul agar tidak mengganggu pelaksanaan.

C.  Mengalihkan perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaat.

D. Mengungkapkan pikiran dan perasaan pada orang terdekat yang ada di lingkungan kerja.

E.  Mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran dan peraaan itu dengan pimpinan.

 

 

6.       Komplek dimana anda tinggal setiap mujsim hujan selalu banjir sebagai akibat tidak ada saluran air menuju sungai. Warga sudah ebebrapa kali mengusulkan kepada pemerintah desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi tetap saja permohonan itu belum dipenuhi. Akibatnya salah seorang warga yang cukup berpengaruhdi wilayah itu mengajak dan atau memengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak pada tahun itu. Sebagai guru apa yang anda lakukan?

A. Mengingatkan warga agar tetap mebayar pajak, karena membayar pajak itu kewajiban warga negara.

B.  Tetap mebayar pajak, meskipun beberapa warga terpengaruh terhadap himbauan tidak membayar pajak.

C.  Mengingatkan salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak tidak membayar pajak.

D. Mengajak aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat dosen/kelurahan agar dibuatkan saluran air.

E.  Bersama warga lain mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai agar tidak terjadi abnjir lagi.

 

7.       Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara anda menyelesaikannya?

A. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolahs ebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa.

B.  Saya menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topic pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas.

C.  Saya bekerja sama dengan orangtua/wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar.


D. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi.

E.  Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya.

 

8.       Seorang anak berminat pada kelompok peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke SMA. Namun, orang tua bersikukuh agar anaknya memilih peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya menjadi dokter, agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati pelajaran ilmu biologi, matematika, serta fisikakimia. Sebagai wali kelas apa yang akan anda lakukan?

A. Menasehati si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tua yang berniat menjerumuskan anaknya.

B.  Memberikans aran kepada orang tua dan si anak untuk mengenal secara obyektif kemampuannya, dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidnag peminatan yang sesuai.

C.  Menyarankan kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokteran.

D. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi agar orang tua memahami potensi anaknya.

E.  Bersama guru BK, anda sebagai wali kelas akan emmfaislitasi pertemuan antara orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama-sama dnegan menggunakan data-data sebagai dasar keputusan obyektif.

 

9.      R adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk mencukupi kebutuhan anakanaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya anda lakukan adalah…

A. Memberikan uang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya.

B.  Memperbolehkan R untuk sesekai tidak masuk sekolah karena member kesempatan untuk R belajar menolong orangtua dan bekerja.

C.  Tetap tidak memperbolehkan R untuk absen dan mengajak teman-teman guru lain untuk membantu keluarganya.


D. Memberikan penjelasan pada R arti penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan.

E.  Memberikan penjelasana pada R dan ibunya tentang arti penting dan aturan sekolah serta mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi.

 

10.  Saat masih menjalani pendidikan dulu, saya pernah mendapatkan tugas yang cukup banyak dari dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya lakukan saat itu adalah…

A. Meminta dosen untuk memberikan tenggang waktu pada sebagian tugas.

B.  Mengerjakan tugas yang penting dahulu, lainnya dikerjakan nanti kalau ada waktu.

C.  Meminta bantuan teman untuk mengerjakan sebagaian tugas dans ebagian tugas dikerjakan sendiri.

D. Mengerjakan sesuai kemampuan yang penting mengumpulkannya.

E.  Mengatur waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan tuntas.

 

 

KEPRIBADIAN-2 PAKET 1

  

1.      X adalah guru di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang teman guru yang pernah menolongnya. Suatu ketika X mengetahui bahwa teman tersebut berbohong kepada beberapa wali murid yang dapat mencemarkan nama sekolah. Jika X melapor pada kepala sekolah, maka kasusnya akan ramai dan teman tersebut bisa mendapatkan sanksi. Namun bila tidak melapor, lambat laun nama sekolah akan tercemaar dan banyak wali murid yang dirugikan. Terkait hal ini, menurut anda yang seharusnya dilakukan si X adalah…

A.     Diam saja karena kalau melaporkan kepada kepala sekolah, baik si X maupun temannya akan mendapat masalah.

B.     Mengingatkan temannya dengan mengatakan kalau melakukan lagi, maka ia akan melaporkan ke pihak sekolah.

C.     Mengingatkan temannya untuk tidak mengulangi perbuatannya dan membantu mencari solusi atas masalah yang terjadi.

D.     Meminta temannya untuk mengakui kesalahan di depan kepala sekolah.

E.      Mengajak dan menemani teman melapor pada kepala sekolah dan membantu mencari solusi.

 

2.      Tugas di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sosial silih berganti. Satu tugas belum selesai dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu, bagaimana reaksi anda?

A.     Lebih baik saya tinggalkan sama seklai situasi seperti itu, karena guru bekerja seperti robot.

B.     Saya ingin mengerjakans eluruh tugas, meskipun biasanya justru menjadi berantakan semua.

C.     Saya bekerja satu persatu, itu lebih baik daripada tugas tidak tertangani sama seklai atau meninggalkan tugas.

D.     Hal yang penting adalah semua tugas terselesaikan karena soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi.

E.      Saya bekerja dengan cepat, semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan tntas sesuai rencana dan waktunya.


3.      Ketika anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamaannya, maka yang sebaiknya anda lakukan adalah…

A.     Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahan.

B.     Member nasehat kepada siswa tersebut untuk mengganti jadwal ritual keagamaannya.

C.     Menyerahkan keputusannya kepada siswa.

D.     Memberi    nasehat    bahwa   pelajaran    tambahan    itu    penting   dan   menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut, apakah akan mengikuti atau tidak.

E.      Memperbolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran tambahan dan member kesmepatan untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain

 

4.      Ada siswa yang menunjukkan kurang bergairah belajar di kelas anda. Terkait dengan hal itu, tindakan yang anda lakukan sebagai guru adalah…

A.     Membiarkan saja karena sangat mungkin siswa tersebut tidak berminat pada mata pelajaran.

B.     Mengingatkan, namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan focus pada siswasiswa lain yang mneunjukkan kemajuan.

C.     Membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikit.

D.     Menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnya.

E.      Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat belajaranya.

 

5.      Bayangkan suatu ketika anda seanga berjalan bersama dengana nak anada. Tiba-tiba ada ornag memaki anda secara tidak sopan, padahal anda merasa tidak berbuat salah. Apa yang akan anda lakukan?

A.     Membalas makian orang itu agar anak melihat anda bukan orang tua yang lemah dan mengajarkan pertahanan diri.

B.     Menarik oang itu sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya membalas perlakuan orang yang tidak benar.

C.     Memberi pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaiman caranya menjaga harga diri.

D.     Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari tempat agar anak belajar bagaimana caranya menghindari keributan.

E.      Mengajak berbicara baik-baik dan tegas agar anak melihat bagaimana c


6.      Sekolah anda pada pada akhir libur semester mengadakan studi tour ke luar kota selama tiga hari dan anda menjadi salah satu guru pendamping kegiatan studi tour itu. Sesuai rencana rombongan studi tour akan tiba kembali di sekolah pada hari Minggu sore pukul

17.00 karena hari senin adalah hari pertama masuk sekolah. Tetapi karena sesuatu dan lain hal rombongan baru tiba kembali ke sekolah hari Senin pukul 03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk ijin tidak masuk pada hari pertama karena kelelehan. Apa yang anda lakukan?

A.     Tetap masuk sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagaimana hari-hari biasa.

B.     Tetap masuk sekolah sebagaimana hari-hari biasa meskipun banyak guru yang ijin.

C.     Menyarankan kepada para guru yang berencana tidak masuk untuk  tetap masuk sekolah.

D.     Menyampaikan kepada kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah.

E.      Menyarankan kepada peserta didik yang ikut studi tour untuk tetap masuk sekolah

 

 

7.      Sebagai guru yang dianggap kompeten, anda diminta menggantikan guru lain yang kebetulan sakit, untuk mengkoordinasikan panitia kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI di sekolah. Yang akan anda lakukan atas permintaan ini adalah...

A.     Mengkoordinasikan dan bersinergi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam kepanitiaan yang disusun sebelumnya.

B.     Menerima tugas itu, dan menjalankannya setelah selesai mengerjakan tugas-tugas lain yang telah datang terlebih dahulu.

C.     Walaupun dengan berat hati akan bekerja dan menjalankan tugas itu apa, adanya.

D.     Merombak dengan kepanitiaan baru yang anda pilih sndiri karena anda percaya akan kompetensinya yang baik.

E.      Menolak penunjukan tersebut, karena bukan tugas yang seharusnya dilakukan

 

 

8.      V adalah siswa yang pendiam dan memiliki prestasi akademik yang rendah, namun memiliki bakat yang sangat baik dalam bidang seni tari. Sebagai guru, saya menghadapi siswa seperti V dengan…

A.     Membiarkan saja karena masing-masing siswa akan berkembang dengan sendirinya.

B.     Memberikan pekerjaan rumah yang lebih dari yang lain untuk meningkatkan prestasi akademik.


C.     Memberitahuan kepada orangtuanya untuk memberikan les tambahan agar prestasi akademiknya meningkat.

D.     Memberitahu orangtuanya tentang keadaan sebenarnya, dan menjelaskan kepada V bahwa menari bukanlah hal yang diperhitungkan untuk keberhasilan di sekolah.

E.      Membimbing V untuk meningkatkan prestasi akademiknya disertai memfasilitasi bakat menari agar berkembang secara optimal

 

9.      Di sekolah tempat anda bekerja masih sering dijumpai beberapa siswa yang merokok di kamar mandi, padahal sekolah sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak merokok dan tidak membawa rokok ke dalam area sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan taulandan, berikan solusi atas permasalahan di atas!

A.     Saya akan lebih aktif dalam memperingatkan siswa-siswa yang kedapatan sering merokok di kamar mandi untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya dan menghimbau siswa yang lain untuk tidak meniru hal itu.

B.     Bersama seluruh komponen sekolah, untuk memberikan contoh perilaku baik tidak merokok.

C.     Kerena ada petugasnya masing-masing (guru bimbingan dan konseling dan tatib sekolah), sebaiknya saya memilih berdiam diri untuk menghindari kesalahpahaman.

D.     Saya meminta kepala sekolah agar turun langsung menangani masalah ini dengan memberikan sanksi kepada siswa-siswa yang merokok agar mereka jerah.

E.      Memanggil orangtua siswa yang kedapatan merokok agar dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada anaknya.

 

10.  Terdapat siswa yang mengeluhkan kepada guru bahwa dalam tugas-tugas kelompok seringkali dipaksa teman-temannya untuk menyelesaikan tugas itu sendirian. Hal ini karena, siswa tersebut selain pandai, juga anak orang berada sehingga kebutuhan- kebutuhan dalam mengerjakan tugas mudah dipenuhi. Menanggapi hal tersebut, anda...

A.     Memfasilitasi pertemuan anggota kelompok, agar tidak terjadi pemaksaan dan semua anggota berkontribusi dalam mengerjakan tugas kelompok.

B.     Meningkatkan pemantauan proses kerja kelompok dan menginformasikan hasil evaluasi serta keterlibatan setiap anggota dalam kerja kelompok.

C.     Memberikan teguran kepada siswa-siswa yang enggan terlibat dalam kerja kelompok agar tidak mengulangi perbuatannya.


D.     Merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama pada kelas siswa tersebut.

E.      Menyuruh siswa tersebut menerima saja perlakuan teman-temannya daripada mereka membullynya

 

 

 

SOAL KEPRIBADIAN 3 PAKET 1

 Petunjuk : Pilihlah satu pernyataan yang paling sesuai dengan diri anda.

  

1.    Pada acara malam tirakatan untuk memperingati hari kemerdekaan RI, anda menjadi narasumber di sebuah forum tirakatan warga. Jika anda diberi kebebasan untuk memilih tema yang diuraikan pada acara tersebut, maka anda akan memilih tema apa?

a.    “menengok sejarah perjuangan pahlawan kemerdekaan” dengan alas an untuk memberikan pencerahan kepada warga agar menghargai para pahlawan kemerdekaan.

b.    “tegakkan hukum menuju Indonesia jaya” dengan alas an persoalan bangsa Indonesia ( terutama budaya korupsi yang lebih banyak disebabkan karena lemahnya penegakkan hukum) .

c.    “kesadaran hukum dalam mengisi kemerdekaan” dengan alasan agar warga memiliki kesadaran untuk menegakkan hukum dalam mengisi kemerdekaan .

d.    “peran orangtua dalam mentaati hukum” dengan alasan taat hukum adalah bagian dari mengisi kemerdekaan dan harus dimulai dari keluarga .

e.    “warga taat hukum masyarakat damai ” dengan alasan agar warga selalu taat hukum sehingga perdamaian masyarakat tetap terjaga

 

2.    Saat terjadi tindakan asusila disekolah antar guru dan siswa, apa yang perlu anda lakukan?

a.    Membahas bersama pihak internal sekolah dan segera menemukan solusinya .

b.    Mendiskusikan      peristiwa      tersebut       dengan      melibatkan      pihak-pihak      yang berkepentingan.

c.    Memanggil guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasehat .

d.    Memberitahukan     kejadian    tersebut     kepada     pihak-pihak    yang berkepentingan agar mendapat bantuan .

e.    Membiarkan      peristiwa      tersebut      menghilang      secara       alamiah      agar      tidak memalukan sekolah.


3.    Seringkali dalam bekerja tim, kelompok memiliki pandangan yang bertentangan dengan pendapata anda, pernyataan yang paling menggambarkan reaksi anda adalah…

a.    Keluar    dari    kelompok,    karena     saya tidak bias menerima keputusan yang bertentangan dengan keyakinan .

b.    Tetap bergabung dengan kelompok, namun diam-diam mengharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang anda putuskan .

c.    Tetap bergabung dengan kelompok , namun mengikuti semua kegiatan dengan sepenuh hati .

d.    Menerima     keputusan     kelompok     apa     adanya,     namun     tetap    bersikap     kritis terhadap keputusan yang telah diambil .

e.    Menerimah sepenuhnya keputusan kelompok, dan melakukan introspeksi bila ada pandangan pribadi yang keliru

4.    Bagaimana sikap anda terhadap guru yang melakukan pembelajaran dengan model ancaman dan pemaksaan kepada peserta didik agar berprestasi unggul?

a.    Sangat tidak setuju dengan tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswa .

b.    Tidak    setuju     terhadap     model     tersebut     yang    digunakan     oleh    guru    dalam meningkatkan prestasi unggul siswa.

c.    Cukup     setuju     dengan     tindkan    yang    dilakukan    oleh    guru    tersebut     untuk meningkatkan prestasi unggul siswa .

d.    Setuju dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi unggul siswa .

e.    Sangat setuju dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi unggul siswa.

 

5.    Pada sekolah tempat anda bekerja anda sering berinteraksi dengan rekan guru lainnya. Suatu ketika rekan guru anda menjadi topic perbincangan antara guru-guru lain disekolah tersebut karena guru tersebut tidak memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan yag dimiliki siswa, menyikapi hal teresbut apa yang anda lakukan pada rekan anda?


a.    Mendiamkan hal tersebut karena urusan masing-masing .

b.    Menyampaikan kepada waka kesiswaan dan kurikulum agar tidak terjadi.

c.    Menyampaikan secara langsung tanpa basa basi .

d.    Menyampaikan dengan baik-baik dengan guru lainnya.

e.    Membicarakan permasalahan ini secara baik-baik saat saya dan rekan guru tersebut ngobrol dan sharing santai .

 

6.    Pada saat rapat desa yang dipimpin oleh kepala desa sedang mengidentifikasi program desa yang akan di danai melalui dana desa. Sebagai guru program apa yang akan anda lakukan?

a.    Membangun fasilitas umum untuk memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum ada fasilitas PAUD.

b.    Perbaikan jalan antar dusun agar transportasi lancer, karena jala di dusun tidak

dapat dilewati kendaraan roda empat.

c.    Memperbaiki tempat ibadah di desa itu, agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusuk.

d.    Memberi beasiswa bagi anak kurang mampu agar dapat melanjutkan studi   sampai pendidikan tinggi .

e.    Pemberian modal usaha dan pelatihan kewirausahaan bagi keluarga miskin di desa itu agar kemiskinan menjadi berkurang

 

7.    Suatu ketika anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. Semua warga RT di undang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang datang kerumah anda adalah seorang warga paling miskin di RT. Apa yang akan anda lakukan?

a.    Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk dikursi yang telah disediakan .

b.    Membiarkan tamu pertama itu untuk mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga anda perlakukan seperti itu .

c.    Meminta    tamu     pertama     itu    duduk    di   kursi    deretan     paling    depan     untuk menghargai tamu yang dating paling awal.


d.    Sembari menunggu tamu lainnya, anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang hal-hal ringan .

e.    Mengajak tamu tersebut kebelakang dan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman.

 

8.    Karena terbiasa bekerja cepat dan teratur, anda sering memiliki sisa waktu setelah mengajar. Anda melihat ada teman yang sedang kerepotan mengerjakan sesuatu yang harus segera diselesaikan. Tindakan yang mencerminkan diri anda adalah…

a.    Kalau diminta untuk membantu maka saya tidak akan bersedia karena takut salah.

b.    Mengerjakan      kewajiban     anda     yang     lain,     agar     tidak    diminta     membantu menyelesaikan pekerjaannya.

c.    Meminta      teman       itu      untuk      istirahat,       dan      menggantikan        dia      untuk menyelesaikan pekerjaannya.

d.    Memahami kesulitan teman itu, dan siap membantu ketika teman itu meminta bantuan saya.

e.    Segera menawarkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan itu karena ia memang perlu dibantu

 

9.    Anda ditugaskan disekolah kurang maju, ditandai dengan kegiatan belajar mengajar tidak optimal. Media dan sumber belajar yang minim, serta kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa upaya anda untuk menghadapi hal tersebut?

a.    Saya berusaha sekuat tenaga dan fikiran untuk menemukan cara-cara baru  memajukan sekolah.

b.    Saya mengusulkan kepada dinas pendidikan agar mengutamakan program  peningkatan kemajuan sekolah.

c.    Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah

d.    Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber belajar yang diperlukan sekolah.


e.    Saya menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksanakan tugas mengajar sebagaimana mestinya.

 

10. Kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah di dapatkan. Seandainya anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang anda nilai sebagai yang paling penting?

a.    Pengembangan wawasan melalui belajar.

b.    Pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan.

c.    Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat kerja.

d.    Peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil studi lanjut.

e.    Pengembangan diri sebagai guru yang dapat bermanfaat untuk diri dan orang lain.

 

11. Di wilayah anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI, melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan kepada pemerintah agar diangkat sebagai PNS. Jika Anda guru PNS yang telah menerima tunjangan profesi, apa yang akan anda lakukan?

a.    Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana.

b.    Memberi nasehat kepada teman guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya .

c.    Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberi kontribusi dalam bentuk uang.

d.    Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan mampu membayar perwakilan GTT ke Jakarta.

e.    Mengusulkan kepada pengurus PGRI daerah agar membiayai perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya.

 

12. Dalam perjalanan menuju sekolah, pada pemberhentian di perempatan Anda melihat siswa SMA pengendara motor berhenti melewti garis marka jalan. Anda akan melakukan apa?


a.    Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.

b.    Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang anda alami agar siswa anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintas.

c.    Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan

demi keselamatnnya.

d.    Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.

e.    Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar tidak melakukan hal seperti itu .

 

13. Seorang siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. Padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana anda menaggapi permasalahan tersebut?

a.    Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya .

b.    Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone, segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

c.    Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone

ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita hp untuk sementara waktu.

d.    Saya menemui siswa yang membawa handphone saat di sekolah maupun di kelas serta emberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut.

e.    Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan sampai membawa handphone ke sekolah

 

14. Seorang siswa bercerita kepada guru, kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian


tengah semester. Tapi pada hari yang telah disepakati temannya tidak datang dengan alasana da urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tak menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupuns ebelumnya keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa. Jika seandainya Anda adalah mendapat cerita tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

a.    Memberitahukan pada salahs atu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu urusan belajar merupakan urusan masing-masing.

b.    Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat-nasehat agar keduanya bersahabat dan saling membantu.

c.    Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa, karena tidak jadi membantu, temannya mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf .

d.    Memfasilitasi pertemuan   di   antara   keduanya   untuk   membangun   saling

kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya.

e.    Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat diselesaikan secara mandiri .

 

15. Salah satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran         bagi                 guru,        karyawan,        dan      siswa yang                datang       terlambat.     Poin pelnaggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kesepakatan. Ketika anda menjadi guru piket ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah anda) datang terlambat 30 mneit. Sesuai aturan datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba-tiba teman anda       yang  terlambat         tersebut     meminta      kepada        anda         agar dia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan anda lakukan?

a.    Memenuhi permintaan temna anda karena alasannya masuk akal tetapi anda laporkan kasus tersbeut kepada kepala sekolah.

b.    Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya

untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah.


c.    Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman anda dan juga anaknya meskipun jumlah poinnya dikurangi.

d.    Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada teman anda dan juga anaknya sesuai aturan.

e.    Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan

melaporkan kepada kepala sekolah atas kasus ini.

 


 KEPRIBADIAN-4 PAKET 1

  1.      Setiap hari Senin diadakannya upacara bendera merah putih agar generasi muda bangsa tidak melupakan jasa pahlawannya yang telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan bangsa dan Negara. Namun kenyataanna masih ada siswa dan guru yang datang terlambat. Solusi apa yang cocok untuk permasalahan tersebut?

A.     Menyusun   aturan   yang   mempertimbangkan   sangsi   yang    menempatkan unsur pendidikan dan penghormatan atas pelakunya.

B.     Antara guru dan siswa sebenarnya salah jika terlambat datang saat upacara, maka sebaiknya ada sangsi pada keduanya.

C.     Menghukum siswa yang terlambat dan memberikan pembinaan pada guru agar tidak mengulangi perbuatannya.

D.     Diberikan sangsi yang sama kepada guru dan siswa yang datang terlambat agar tidak terkesan membeda-bedakan.

E.      Meminta pulang kepada guru dan siswa yang terlambat dengan mengunci pagar sekolah

 

 

2.      Anda memiliki siswa pintar yang ingin sekali menguasai keterampilan yang menurut Anda belum saatnya dikuasai oleh siswa tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang dapat melatihnya,namun anda tidak memiliki waktu luang. Ucapan yang tepat dikatakan pada siswa adalah...

A.     Bahwa siswa tidak perlu belajar keterampilan itu, dan tidak perlu berlatih kepada saya.

B.     Bahwa siswa belum waktunya menguasai keterampilan itu, dan saya sibuk sehingga tidak bisa melatihnya.

C.     Bahwa siswa itu bisa belajar sendiri untuk menguasai keterampilan itu.

D.     Bahwa siswa tetap memiliki kesempatan menguasai keterampilan itu, dan memintanya mencari yang diinginkan dari luar sekolah.

E.      Bahwa siswa itu memiliki kemampuan yang baik, punya kesempatan menguasai keterampilan itu, dan mengatur waktu lagi untuk bisa berlatih dengan saya.

 

3.      Untuk mengerjakan tugas dengan baik, apalagi tugas bertumpuk-tumpuk, selalu diperlukan banyak energi. Terkait dengan hal ini, pilihlah salah satu jawaban yang paling mendekat diri Anda!

A.     Tidak peduli pada banyaknya tugas apapun, yang penting saya baik-baik saja.

B.     Kehabisan tenaga, bahan sebelum semua tugas terselesaikan.


C.     Energi terkuras habis setelah mengarjakan seluruh tugas, sehingga kurang siap mengerjakan tugas-tugas berikutnya.

D.     Energi hampir terkuras habis, perlu beristirahat beberapa waktu sebelum mengerjakan tugas berikutnya.

E.      Semua terselesaikan sesuai waktu yang direncanakan, sehingga masih ada energy untuk tugas berikutnya.

 

4.      Saat mendapat tugas sulit dan tidak menyukainya maka harus tetap diselesaikan hingga tuntas. Bagaimana menurut pendapat Anda?

A.     Tidak setuju karena akan menyebabkan stress.

B.     Tidak setuju karena hasilnya tidak akan maksimal.

C.     Tidak setuju karena lebih baik mengerjakan tugas lain dengan hasil lebih baik.

D.     Setuju karena sudah merupakan kewajiban untuk menyelesaikan tugas.

E.      Setuju karena sikap mudah menyerah akan mempengaruhi kinerja.

 

 

5.      Seorang siswa menunjukan perilaku bandel dan senag melakukan pelanggaran tata tertib di sekolah. Hal ini ditenggarai karena siswa mendapat salah pengasuhan dan kurang perhatian dan orang tua. Orang tua memanjakan dengan uang saku berlebihan dan kebebasan dalam pergauan sehari-hari. Sebagai guru, apa yang anda lakukan?

A.     Mempertemukan siswa dengan orang tuanya agar disadari kesalahan selama ini, dan mempertimbangkan penyelesaiannya.

B.     Memanggil orang tua siswa ke sekolah dan mendiskusikan prihal kenakalan anaknya.

C.     Memerankan diri sebagai teman terdekat siswa agar lebih mudah membentu memecahkan masalah siswa.

D.     Memberikan pengertian kepada wali murid untuk lebih perhatian dan tidak memanjakan anak.

E.      Perilaku   siswa   sebagai   bagian   perkembangannya,    yang diyakini akan dapat diselesaikan keluarga siswa yang bersangkutan.

 

6.      Saat pembelajaran, guru memberikan pertanyaan yang dijawab oleh siswa. Salah satu siswa sudah menjawab atau berbeda dengan siswa lainnya. Seandainya Anda sebagai guru apa yang And lakukan?

A.     Meminta siswa untuk menjawab dan berdiskusi tentang jawaban yang tepat.

B.     Meminta pendapat siswa lain mengenai jawaban yang tepat.


C.     Menyuruh siswa tersebut untuk mempelajari lagi materi yang telah disampaikan.

D.     Menyatakan jawaban siswa tersebut belum benar atau kurang tepat.

E.      Guru menjelaskan jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut

 

 

7.      Seorang ibu dari wali murid mendatangi guru, serta meminta agar nilai anaknya yang belum memenuhi ketuntasan minimal menjadi masuk kategori tuntas. Pernyataan yang paling patut digunakan guru untuk menanggapi hal tersebut ...

A.     “Sebagai wali kelas saya senang dan bangga atas kepedulian ibu pada prestasi ananda, ini awal yang baik untuk membicarakan bagaimana cara tepat meningkatkan cara belajar putra ibu, sehingga prestasinya dapat meningkat”.

B.     “Baiklah, saya ada cara yang lebih prosedural dan baik, untuk meningkatkan prestasi ananda, dengan tidak mengontrol nilai begitu saja”.

C.     Kalau boleh saya menasehati ibu, sebaiknya kita tidak melakukan cara manipulasi nilai dengan menambah point nilai ananda, walaupun bisa saja saya menambah nilai itu”.

D.     “saya kira ini cara yang tidak bagus, ini sangat berbahaya dan tidak mendidik, kalau permintaan ibu saya penuhi bagaimana jika yang lain menginginkan hal yang sama?

E.      “Baiklah, demi kebaikan ananda dan rasa hormat saya sama ibu, saya akan usahakan meningkatkan point nilai ananda hingga melebihi batas ketuntasan minimal”.

 

8.      Menurut anda sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan yang dianutnya adalah...

A.     Rajin ibadah disertai dengan sikap perilaku yang mencerminkan sikap toleransi yang tinggi dengan apapun dan siapapun.

B.     Rajin ibadah dan tidak mentolelir waktu yang menggaggu ritual keagamaannya dari menolong orang tanpa pamrih.

C.     Rajin ibadah disertai dengan sikap perilaku yang tanpa pamrih dengan tetap menunjukkan identitas kagamaan yang berbeda.

D.     Rajin ibadah disertai dengan sikap perilaku yang toleransi, namun tetap menunjukkan prinsip tegas yang perlu diketahui orang lain.

E.      Rajin beribadah disertai dengan sikap dan perilaku yang proaktif menolong kepada siapapun, serta menunjukkan perilaku-perilaku keteladanan.

 

9.      Setiap hari Senin diadakan upacara bendera merah putih agar generasi muda bangsa tidak melupakan jasa pahalawannya yang telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan


bangsa dan negera. Namun kenyataannya masih ada siswa dan guru yang datang terlambat. Solusi apa yang cocok untuk permasalahan tersebut...

A.     Menyusun aturan yang mempertimbangkan sangsi yang menempatakan unsur pendidikan dan penghormatan atas pelakunya.

B.     Antara guru dan siswa sebenarnya salah jika terlambat datang saat upacara, maka sebaiknya ada sangsi pada keduanya.

C.     Menguhukum siswa yang terlambat dan memberikan pembinaan pada guru agar tidak mengulangi perbuatannya.

D.     Diberikan sangsi yang sama kepada guru dan siswa yang datang terlambat agar tidak tersa membeda-bedakan.

E.      Meminta pulang kepada guru dan siswa yang datang terlambat dengan mengunci pagar sekolah.

 

10.  Anda memiliki beban belajar yang tinggi dalam seminggu. Disamping itu, Anda menjadi salah satu pengurus inti koperasi sekolah untuk mensejahterahkan warga sekolah. Apa yang anda lakukan?

A.     Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga tidak menggaggu tugas mengajar.

B.     Saya mengutamakan tugas mengajar, dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai pengurus koperasi sekolah.

C.     Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksankan tugas- tugas pengurus koperasi sekolah

D.     Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas mengajar.

E.      Saya mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar kurang terlaksana.

 

11.  Salah satu karakteristik guru prefesioanal yang telah memiliki kualifikasi S1/D4. Jika anda belum memiliki kualifikasi tersebut, apa yang perlu dilakukan?

A.     Melanjutkan pendidikan kejenjang sarjana atau sederajat.

B.     Mengikuti berbagai kegiatan ilmiah bgi peningkatan prefesionalitas.

C.     Sewaktu-waktu berpartisipasi dalam berbagai peningkatan diri.

D.     Meningkatkan diri setelah diwajibkannya persyaratan guru prefesional.

E.      Mengajar secara rutin sambil menunggu pensiun agar tidak ketinggalan


12.  Suatu ketika hasil yang sudah anada kerjakan dengan susah payah dikritik tajam oleh kepala sekolah. Menghadapi kritikan tersebut, pernyataan yang paling mendekati reaksi anda...

A.     Tidak membalas kritik tersebut dan juga tidak melakukan perbaikan karena tidak ada gunanya.

B.     Tetap mempertahankkan hasil pkerjaan saya dan berargumentasi dengan kepala sekolah.

C.     Menerima kritik apa adanya dan mencari sumber referensi baru yang mendukung.

D.     Menahan diri, mencermati kritik tersebut untuk melakukan perbaikan.

E.      Meminta penjelasan dan dukungan kepala sekolah dan mencari strategi baru untuk perbaikan.

 

13.  Seorang ibu dari wali murid mendatangi guru, serta meminta agar nilai anaknya yang belum memenuhi ketuntasan minimal menjadi masuk dalam kategori tuntas. Pernyataan yng patut digunakan guruuntuk menghadapi hal tersebut...

A.     Sebagai wali kelas saya senang dan bangga atas kepedulian ibu pada prestasi ananda, ini awal yang baik untuk membicarakan bagaimana cara yang tepat meningkatkkan cara belajar putra ibu, sehingga prestasinya dapat meningkat”

B.     “ Baiklah, saya kira ada cara yang prosedural dan baik, untuk meningkatkan prestasi ananda, dengan tidak mengatril nilai begitu saja”

C.     “ Kalau boleh saya nasehati ibu, sebaiknya kita tidak melakukan cara manipulasi nilai dengan menambah poin nilai ananda, walaupun bisa saja saya menambah nilai itu”.

D.     “ Saya kira ini cara yang tidak bagus, ini sangat berbahaya dan tidak mendidik, kalau permintaan ibu saya penuhi bagaimana hika yang lain menginginkan yang sama?”.

E.      Baiklah demi kebaikan ananda dan rasa hormat saya kepada ibu, saya akan mengusahakan meningkatkan poin nilai ananda hingga melebihi batas ketuntasan.

 

14.  Seorang guru menegur salah satu siswa saat mata pelajaran sedang berlangsung karena ia tidak mendengarkan penjelasan dari guru dan malah bermian handphone. Pernyataan yang patut digunakan guru untuk siswa tersebut adalah...

A.     “ Sini berikan kepada saya handphonenya, kamu waktunya pelajaran malah main handphone sendiri”

B.     “ Kamu sedang melakukan apa dengan handphone itu? Ayo matikan dan segera fokus pada penjelasan pelajaran ini”.

C.     “Tolong   simpan   dulu   handponenya   saat     ini sedang pelajaran kamu dapat menggunakannya nanti pada jam istirahat atau setelah pulang sekolah”.

D.     Berikan handphonenya ke saya, kamu tidak menghargai guru, jika tidak ingin mengikuti pelajaran, silahkan keluar dari kelas”.

E.      Tanpa pernyataan, seraya merampas handphone siswa sambil terus menjelaskan pelajaran “.

 

15.  Tetangga anada memiliki anak yang menyandang penyakit, genetik (kakinya cacat sebelah) sehingga jalannya agak pincang. Ketika menginjak usia SMP anak itu mulai tidak percaya diri karena tidak kuat dibully temannya. Tangisnya anak tersebut tidak naik kelas, sehingga mogok tidak mau melanjutkan sekolah. Meskipun anda bukan guru dari anak tersebut. Apa yang anda lakukan ?

A.     Menasehati orangtuanya untuk membujuk anaknya supaya mau sekolah lagi.

B.     Menasehati orangtuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homeschooling.

C.     Menyarankan melakukan konsultasi pada anak tersebut agar lebih percaya diri mau sekolah lagi untuk masa depannya.

D.     Mendatangi sekolah tersebut agar gurunya mengajak anak tersebut sekolah lagi.

E.      Menyarankan kepala sekolah anak tersebut agar menghentikan budaya bully

 

Selanjutnya :

FR SOAL UP PPG DALJAB 2021 MATERI TEORI BELAJAR SESUAI KISI-KISI NOMOR 21-23 DILENGKAPI KUNCI JAWABAN

FR SOAL UP SESUAI KISI-KISI NO 24 MATERI PENILAIAN DAN ANALISIS HASIL BELAJAR DILENGKAPI KUNCI JAWABAN

Posting Komentar untuk "FR SOAL UP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL PPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN"