FR SOAL UP
KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL
PPG PGSD 2021
DISERTAI KUNCI JAWABAN
KEPRIBADIAN-1 PAKET 1
1.
Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup
budaya, nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat
penghasilan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya
adalah…
A. Mengelompokkan siswa
sesuai dengan kondisi
serta latar belakang
yang sama.
B.
Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaan pemikiran, dan perilkau
anak didiknya.
C. Berpandangan bahwa segala perbedaan
siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.
D. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
E.
Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap
saling menghargai antara siswa satu dengan yang lainnya.
2.
Terdapat peserta didik yang
mengadu kepada guru,
bahwa ia selalu melakukan tugas piket
kebersihan kelas sendiri. Anggota
yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas.
Sebagai guru yang
mengetahui hal tersebut, apa yang akan anda lakukan?
A.
Memberika hukuman kepada seluruh
anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung
jawabnya.
B. Guru
melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan
hasilnya, agar menjadi perhtian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
C. Memberikan
teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan
piket kebersihan kelas agar siswa
yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.
D. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling
kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu
kelompok.
E. Memfasilitasi pertemuan
bersama agar terjadi komunikasi
antar anggota
kelompok piket kebersihan, sehingga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung.
3.
Anda memiliki tetangga yang
anaknya tidak didaftarkan
ke sekolah meskipun sudah memasuki
usia sekolah, karena anak tersebut adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sebagai
tetangga yang berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan?
A.
Menjelaskan kepada orangtuanya bahwa ABK jugamemiliki hak unutk sekolah
dan terdapat banyak sekolah
yang mau menerima
ABK sebagai siswanya.
B.
Menyarankan kepada orangtuanya agar menyekolahkan anaknya
di Sekolah Luar Biasa (SLB) agar tidak melanggar hak asasi manusia.
C.
Meminta aparay desa untuk mendatangi orangtua
tersebut agar mau mneyekolahkan anaknya
yang menyandang ABK.
D.
Meminta guru SLB atau guru pendamping
khusus untuk mendatangi
dan meyakinkan orangtua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya.
E.
Meminta aparat dinas pendidikan
untuk mendatangi orangtua
tersebut agar mau menyekolahkan anaknya
yang menyandang ABK
4.
Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum mengumpulkan tugas
pada tenggang waktu yang telah
diberikan dikarenakan tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain. Jika seandainya anda sebagai
guru apa yang anda lakukan?
A.
Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa tentang
bagaimana cara mengatur
waktu dengan baik serta
bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.
B. Mendorong siswa untuk segera menyelesiakan tugas secara maksimal,
dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.
C. Memberikan
toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.
D. Tetap
meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa.
E. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati
batas waktu agar tidak mengiingkari kesepakatan yang sudah disepakati di awal semester.
5.
Saya adalah orang yang menjunjung tinggi apa
yang telah menjadi prinsip
yang saya katakana. Seandainya saya menerima sebuah tugas yang tidak
sesuai dengan prinsip saya, hal yang akan saya lakukan adalah…
A. Menyalurkan pikiran
dan perasaan negative
pada sasaran lain.
B. Memendam perasaan
negatif yang muncul agar
tidak mengganggu pelaksanaan.
C. Mengalihkan perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaat.
D.
Mengungkapkan pikiran
dan perasaan pada orang terdekat
yang ada di lingkungan kerja.
E. Mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran dan peraaan itu dengan pimpinan.
6.
Komplek dimana anda tinggal setiap mujsim hujan selalu banjir sebagai akibat
tidak ada saluran air menuju sungai.
Warga sudah ebebrapa kali mengusulkan kepada pemerintah desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi
tetap saja permohonan itu belum
dipenuhi. Akibatnya salah seorang warga yang cukup berpengaruhdi wilayah itu mengajak dan atau memengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak
pada tahun itu. Sebagai guru apa yang anda lakukan?
A.
Mengingatkan warga agar tetap mebayar pajak, karena membayar pajak itu
kewajiban warga negara.
B.
Tetap mebayar pajak, meskipun
beberapa warga terpengaruh terhadap himbauan tidak membayar pajak.
C.
Mengingatkan salah satu warga
tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk
tidak tidak membayar
pajak.
D.
Mengajak aparat RT untuk memohon kembali
kepada aparat dosen/kelurahan agar dibuatkan saluran
air.
E.
Bersama warga lain mencari
sponsor untuk membangun
saluran air menuju
sungai agar tidak terjadi abnjir lagi.
7.
Guru banyak menggunakan ceramah
dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan
sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa
rendah. Menghadapi situasi
tersebut, bagaimana cara anda menyelesaikannya?
A.
Saya memanfaatkan alam sekitar sekolahs
ebagai media dan sumber belajar
untuk mengaktifkan kegiatan
belajar siswa.
B.
Saya menugaskan siswa membuat
media dan sumber
belajar yang menunjang
topic pembelajaran sehingga
mereka lebih aktif
di kelas.
C.
Saya bekerja sama dengan orangtua/wali murid untuk memberikan
sumbangan dalam pengadaan media dan sumber
belajar.
D.
Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi.
E. Saya
mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti
biasanya.
8.
Seorang anak berminat pada kelompok
peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke SMA. Namun, orang tua bersikukuh agar anaknya memilih
peminatan pada bidang
ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya
menjadi dokter, agar masa
depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di
kedokteran, dan kurang meminati pelajaran ilmu biologi, matematika, serta fisikakimia. Sebagai
wali kelas apa yang akan anda lakukan?
A.
Menasehati si anak untuk patuh pada
orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tua yang
berniat menjerumuskan anaknya.
B. Memberikans
aran kepada orang tua dan si anak untuk mengenal secara obyektif kemampuannya, dengan konsultasi pada
psikolog untuk memilih bidnag peminatan yang sesuai.
C. Menyarankan
kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu
kuliah pada jurusan kedokteran.
D. Melakukan
kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi
agar orang tua memahami potensi
anaknya.
E. Bersama guru BK, anda sebagai
wali kelas akan emmfaislitasi pertemuan
antara orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama-sama dnegan menggunakan data-data
sebagai dasar keputusan obyektif.
9.
R adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong.
Ayah R sudah meninggal dan ibunya
mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk mencukupi kebutuhan anakanaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya anda lakukan adalah…
A. Memberikan uang sebagai bantuan
secara sukarela setiap bulannya.
B.
Memperbolehkan R untuk sesekai
tidak masuk sekolah karena member kesempatan
untuk R belajar menolong
orangtua dan bekerja.
C. Tetap
tidak memperbolehkan R untuk absen dan mengajak teman-teman guru lain untuk membantu keluarganya.
D.
Memberikan penjelasan pada R arti
penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya
dilakukan.
E.
Memberikan penjelasana pada R dan ibunya tentang
arti penting dan aturan sekolah serta
mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi.
10.
Saat masih menjalani pendidikan dulu, saya pernah mendapatkan tugas yang cukup
banyak dari dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya lakukan saat itu adalah…
A. Meminta dosen untuk
memberikan tenggang waktu pada
sebagian tugas.
B. Mengerjakan tugas yang
penting dahulu, lainnya dikerjakan nanti kalau ada waktu.
C.
Meminta bantuan teman untuk mengerjakan sebagaian
tugas dans ebagian tugas dikerjakan sendiri.
D. Mengerjakan sesuai
kemampuan yang penting mengumpulkannya.
E. Mengatur waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan
tuntas.
KEPRIBADIAN-2
PAKET 1
1.
X adalah guru
di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang teman guru yang pernah menolongnya. Suatu ketika X mengetahui bahwa teman tersebut berbohong kepada beberapa
wali murid yang dapat mencemarkan nama sekolah. Jika X melapor pada
kepala sekolah, maka kasusnya akan
ramai dan teman tersebut bisa mendapatkan sanksi. Namun bila tidak melapor,
lambat laun nama sekolah akan tercemaar dan banyak wali murid yang dirugikan. Terkait hal ini, menurut anda yang seharusnya dilakukan si X adalah…
A. Diam saja karena kalau melaporkan
kepada kepala sekolah, baik si X maupun
temannya akan mendapat masalah.
B. Mengingatkan temannya dengan mengatakan kalau melakukan lagi, maka ia akan melaporkan ke pihak sekolah.
C. Mengingatkan temannya untuk tidak mengulangi perbuatannya dan membantu
mencari solusi atas masalah yang terjadi.
D.
Meminta temannya untuk mengakui kesalahan di depan kepala sekolah.
E.
Mengajak dan menemani teman melapor pada kepala sekolah
dan membantu mencari solusi.
2.
Tugas di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sosial silih berganti.
Satu tugas
belum selesai dikerjakan, tugas berikutnya sudah
menunggu. Dalam situasi seperti itu, bagaimana reaksi anda?
A. Lebih baik saya tinggalkan sama seklai situasi seperti itu, karena guru bekerja seperti
robot.
B. Saya ingin mengerjakans eluruh tugas, meskipun biasanya justru menjadi berantakan semua.
C. Saya bekerja satu persatu, itu lebih baik daripada tugas tidak tertangani sama seklai atau meninggalkan tugas.
D. Hal yang penting
adalah semua tugas terselesaikan karena
soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi.
E.
Saya bekerja dengan
cepat, semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan tntas sesuai
rencana dan waktunya.
3.
Ketika anda tahu ada siswa berbeda
agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang
dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamaannya, maka yang sebaiknya anda lakukan adalah…
A.
Tetap meminta siswa tersebut
mengikuti pelajaran tambahan.
B.
Member nasehat kepada siswa tersebut
untuk mengganti jadwal
ritual keagamaannya.
C.
Menyerahkan keputusannya kepada siswa.
D. Memberi nasehat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut, apakah
akan mengikuti atau tidak.
E. Memperbolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran
tambahan dan member
kesmepatan untuk bertanya
atau mengikuti jadwal kelas yang lain
4.
Ada siswa yang menunjukkan kurang bergairah belajar di kelas anda. Terkait dengan hal itu, tindakan yang anda lakukan sebagai
guru adalah…
A. Membiarkan saja karena
sangat mungkin siswa tersebut tidak
berminat pada mata pelajaran.
B. Mengingatkan, namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan focus pada siswasiswa lain yang mneunjukkan kemajuan.
C.
Membangkitkan semangat
siswa itu untuk
belajar, walaupun kemajuannya sedikit.
D.
Menggunakan berbagai
cara untuk membangkitkan semangat belajarnya.
E. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha
terus menemukan cara membangkitkan semangat belajaranya.
5.
Bayangkan
suatu ketika anda seanga berjalan
bersama dengana nak anada. Tiba-tiba ada ornag memaki anda secara tidak sopan, padahal anda merasa tidak berbuat
salah. Apa yang akan anda lakukan?
A. Membalas makian orang itu agar anak melihat anda bukan orang tua yang lemah dan mengajarkan pertahanan diri.
B. Menarik oang itu sambil membentaknya agar anak melihat
bagaimana caranya membalas perlakuan orang yang tidak benar.
C. Memberi pelajaran orang itu dengan
membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaiman caranya menjaga harga diri.
D. Mendiamkan orang itu dan segera
menyingkir dari tempat
agar anak belajar
bagaimana caranya menghindari keributan.
E.
Mengajak berbicara baik-baik dan tegas agar anak melihat
bagaimana c
6.
Sekolah anda
pada pada akhir libur semester mengadakan studi tour ke luar kota selama tiga hari dan anda menjadi salah satu guru
pendamping kegiatan studi tour itu. Sesuai rencana rombongan
studi tour akan tiba kembali di sekolah
pada hari Minggu sore pukul
17.00 karena
hari senin adalah
hari pertama masuk sekolah.
Tetapi karena sesuatu dan lain hal
rombongan baru tiba kembali ke sekolah hari Senin pukul 03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk ijin tidak masuk pada hari
pertama karena kelelehan. Apa yang anda lakukan?
A.
Tetap masuk sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagaimana hari-hari biasa.
B. Tetap masuk sekolah sebagaimana hari-hari biasa meskipun
banyak guru yang ijin.
C. Menyarankan kepada para guru yang berencana tidak masuk untuk
tetap masuk sekolah.
D. Menyampaikan kepada kepala sekolah agar menghimbau para
guru untuk tetap masuk sekolah.
E.
Menyarankan kepada peserta didik yang ikut studi tour untuk tetap
masuk sekolah
7.
Sebagai guru yang dianggap
kompeten, anda diminta
menggantikan guru lain yang kebetulan sakit, untuk mengkoordinasikan panitia
kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI di sekolah. Yang akan anda lakukan atas permintaan ini adalah...
A. Mengkoordinasikan dan bersinergi dengan pihak-pihak yang terlibat
dalam kepanitiaan yang disusun sebelumnya.
B. Menerima tugas itu, dan menjalankannya setelah selesai mengerjakan tugas-tugas lain yang telah datang terlebih dahulu.
C.
Walaupun dengan berat hati akan bekerja dan menjalankan tugas itu apa, adanya.
D. Merombak dengan kepanitiaan baru yang anda pilih sndiri karena anda percaya akan kompetensinya yang baik.
E.
Menolak penunjukan tersebut,
karena bukan tugas yang seharusnya dilakukan
8.
V adalah siswa yang pendiam dan memiliki
prestasi akademik yang rendah,
namun memiliki bakat yang sangat baik
dalam bidang seni tari.
Sebagai guru, saya menghadapi siswa seperti
V dengan…
A.
Membiarkan saja karena masing-masing siswa akan berkembang dengan sendirinya.
B. Memberikan pekerjaan rumah yang lebih dari yang lain
untuk meningkatkan prestasi akademik.
C. Memberitahuan kepada orangtuanya untuk memberikan les tambahan agar prestasi akademiknya meningkat.
D. Memberitahu orangtuanya tentang
keadaan sebenarnya, dan menjelaskan kepada V bahwa
menari bukanlah hal yang diperhitungkan untuk keberhasilan di sekolah.
E. Membimbing V untuk meningkatkan prestasi akademiknya disertai memfasilitasi bakat
menari agar berkembang secara optimal
9.
Di sekolah
tempat anda bekerja masih sering dijumpai beberapa siswa yang merokok di kamar mandi, padahal sekolah sudah
memberikan tulisan
peringatan serta aturan untuk tidak
merokok dan tidak membawa rokok ke dalam area sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan taulandan, berikan solusi atas
permasalahan di atas!
A. Saya akan lebih aktif
dalam memperingatkan siswa-siswa yang kedapatan
sering merokok di kamar mandi untuk
tidak mengulangi lagi perbuatannya dan menghimbau siswa yang lain untuk tidak meniru hal itu.
B. Bersama seluruh komponen sekolah, untuk memberikan contoh perilaku baik
tidak merokok.
C. Kerena ada petugasnya masing-masing (guru bimbingan
dan konseling dan tatib sekolah),
sebaiknya saya memilih
berdiam diri untuk
menghindari kesalahpahaman.
D. Saya meminta kepala sekolah agar turun langsung menangani
masalah ini dengan memberikan sanksi
kepada siswa-siswa yang merokok
agar mereka jerah.
E. Memanggil orangtua siswa yang kedapatan
merokok agar dapat memberikan bimbingan
dan arahan kepada
anaknya.
10. Terdapat siswa yang mengeluhkan kepada guru bahwa dalam tugas-tugas kelompok seringkali dipaksa teman-temannya untuk menyelesaikan tugas itu sendirian. Hal ini karena,
siswa tersebut selain pandai, juga anak orang berada sehingga
kebutuhan- kebutuhan dalam mengerjakan tugas mudah dipenuhi. Menanggapi hal tersebut,
anda...
A. Memfasilitasi pertemuan anggota kelompok, agar tidak terjadi pemaksaan dan semua anggota berkontribusi dalam
mengerjakan tugas kelompok.
B. Meningkatkan pemantauan proses kerja kelompok dan menginformasikan hasil
evaluasi serta keterlibatan setiap anggota dalam kerja kelompok.
C. Memberikan teguran kepada siswa-siswa yang enggan terlibat
dalam kerja kelompok
agar tidak mengulangi
perbuatannya.
D. Merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama pada kelas siswa tersebut.
E. Menyuruh siswa tersebut
menerima saja perlakuan
teman-temannya daripada mereka
membullynya
SOAL KEPRIBADIAN – 3 PAKET 1
1. Pada acara malam tirakatan untuk memperingati hari kemerdekaan RI, anda menjadi
narasumber di sebuah forum tirakatan warga. Jika anda diberi kebebasan untuk memilih tema yang diuraikan pada
acara tersebut, maka anda akan memilih tema apa?
a. “menengok sejarah perjuangan pahlawan kemerdekaan” dengan
alas an untuk memberikan pencerahan kepada warga agar menghargai para pahlawan kemerdekaan.
b. “tegakkan hukum menuju Indonesia jaya” dengan
alas an persoalan bangsa Indonesia
( terutama budaya korupsi yang lebih
banyak disebabkan karena lemahnya penegakkan hukum) .
c. “kesadaran hukum dalam mengisi
kemerdekaan” dengan alasan agar warga memiliki
kesadaran untuk menegakkan hukum dalam mengisi
kemerdekaan .
d. “peran orangtua dalam mentaati hukum” dengan alasan taat hukum adalah bagian dari
mengisi kemerdekaan dan harus
dimulai dari keluarga
.
e. “warga taat hukum masyarakat damai ” dengan alasan
agar warga selalu taat hukum sehingga
perdamaian masyarakat tetap terjaga
2. Saat terjadi tindakan
asusila disekolah antar guru dan siswa, apa yang perlu
anda lakukan?
a. Membahas bersama pihak internal sekolah dan segera menemukan solusinya .
b. Mendiskusikan peristiwa tersebut dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan.
c. Memanggil guru dan siswa yang bertindak asusila
disertai pemberian nasehat .
d. Memberitahukan kejadian tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan agar mendapat bantuan
.
e. Membiarkan peristiwa tersebut menghilang secara alamiah agar tidak memalukan sekolah.
3. Seringkali
dalam bekerja tim, kelompok memiliki pandangan yang bertentangan dengan pendapata anda, pernyataan yang paling menggambarkan reaksi anda adalah…
a. Keluar dari kelompok, karena saya tidak bias menerima keputusan
yang bertentangan dengan
keyakinan .
b. Tetap bergabung dengan kelompok, namun diam-diam mengharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang anda putuskan .
c. Tetap bergabung dengan
kelompok , namun mengikuti semua kegiatan dengan
sepenuh hati .
d. Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun tetap bersikap kritis terhadap
keputusan yang telah diambil .
e. Menerimah sepenuhnya keputusan kelompok, dan melakukan introspeksi bila ada pandangan
pribadi yang keliru
4. Bagaimana sikap anda terhadap guru yang melakukan
pembelajaran dengan model
ancaman dan pemaksaan kepada peserta didik agar berprestasi unggul?
a. Sangat tidak setuju
dengan tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswa
.
b. Tidak setuju terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi unggul siswa.
c. Cukup setuju dengan tindkan yang dilakukan oleh guru tersebut untuk meningkatkan prestasi
unggul siswa .
d. Setuju dengan kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi unggul siswa
.
e. Sangat setuju dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi unggul siswa.
5. Pada sekolah tempat anda bekerja anda sering berinteraksi dengan
rekan guru lainnya. Suatu ketika
rekan guru anda menjadi topic perbincangan antara guru-guru lain disekolah tersebut karena guru
tersebut tidak memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan
yag dimiliki siswa, menyikapi hal teresbut
apa yang anda lakukan
pada rekan anda?
a. Mendiamkan hal tersebut
karena urusan masing-masing .
b. Menyampaikan kepada waka kesiswaan dan kurikulum agar tidak terjadi.
c. Menyampaikan secara langsung
tanpa basa basi .
d. Menyampaikan dengan baik-baik dengan guru
lainnya.
e. Membicarakan permasalahan ini secara baik-baik saat saya dan rekan guru tersebut ngobrol dan sharing santai .
6. Pada saat rapat desa yang dipimpin oleh kepala
desa sedang mengidentifikasi program
desa yang akan di danai melalui
dana desa. Sebagai guru
program apa yang akan anda lakukan?
a.
Membangun fasilitas umum untuk
memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum ada fasilitas
PAUD.
b.
Perbaikan jalan antar dusun agar transportasi lancer, karena jala di dusun tidak
dapat dilewati kendaraan roda empat.
c. Memperbaiki
tempat ibadah di desa itu, agar masyarakat dapat beribadah dengan
tenang dan khusuk.
d. Memberi beasiswa bagi anak kurang mampu agar dapat melanjutkan studi sampai pendidikan tinggi .
e. Pemberian
modal usaha dan pelatihan kewirausahaan bagi keluarga miskin di desa itu agar kemiskinan menjadi
berkurang
7. Suatu ketika anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. Semua warga RT di undang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang datang kerumah anda adalah seorang warga paling miskin di
RT. Apa yang akan anda lakukan?
a. Menyalami
tamu pertama dan menggandengnya dengan
penuh respek untuk
duduk dikursi yang telah disediakan .
b. Membiarkan
tamu pertama itu untuk mencari
tempat duduk sendiri
karena tamu lain juga anda perlakukan seperti
itu .
c. Meminta tamu pertama itu duduk di kursi deretan paling depan untuk menghargai tamu yang dating
paling awal.
d. Sembari menunggu
tamu lainnya, anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang
hal-hal ringan .
e. Mengajak tamu tersebut
kebelakang dan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta
bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman.
8. Karena terbiasa bekerja
cepat dan teratur,
anda sering memiliki
sisa waktu setelah mengajar. Anda melihat ada teman yang
sedang kerepotan
mengerjakan sesuatu yang harus segera
diselesaikan. Tindakan
yang mencerminkan diri anda adalah…
a. Kalau diminta untuk
membantu maka saya tidak akan bersedia karena
takut salah.
b. Mengerjakan kewajiban anda yang lain, agar tidak diminta membantu menyelesaikan pekerjaannya.
c. Meminta teman itu untuk istirahat, dan menggantikan dia untuk menyelesaikan pekerjaannya.
d. Memahami kesulitan teman itu, dan siap membantu
ketika teman itu meminta bantuan
saya.
e. Segera menawarkan bantuan
untuk menyelesaikan pekerjaan itu karena ia memang perlu dibantu
9. Anda ditugaskan disekolah kurang maju, ditandai dengan kegiatan belajar
mengajar tidak optimal. Media dan sumber belajar yang minim, serta kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa upaya anda untuk menghadapi hal tersebut?
a. Saya berusaha
sekuat
tenaga dan fikiran untuk menemukan cara-cara baru memajukan sekolah.
b. Saya mengusulkan kepada dinas pendidikan agar mengutamakan program peningkatan kemajuan
sekolah.
c. Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
d. Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber
belajar yang diperlukan sekolah.
e. Saya menerima keadaan
sekolah sebagaimana adanya dan melaksanakan tugas mengajar sebagaimana mestinya.
10. Kesempatan
untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah di dapatkan.
Seandainya anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang anda nilai sebagai yang paling
penting?
a. Pengembangan wawasan melalui
belajar.
b. Pengembangan jejaring sosial
yang bermanfaat kelak bagi
pekerjaan.
c. Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat
kerja.
d. Peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil
studi lanjut.
e. Pengembangan diri sebagai guru yang dapat bermanfaat untuk diri dan orang lain.
11.
Di
wilayah anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI, melakukan
penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan kepada pemerintah agar diangkat sebagai PNS. Jika Anda guru PNS yang telah
menerima tunjangan profesi, apa yang akan anda
lakukan?
a. Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan
mengajak teman guru PNS lainnya
untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana.
b. Memberi nasehat kepada teman guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai
PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya
.
c. Menaruh simpati
terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun
tidak harus memberi
kontribusi dalam bentuk uang.
d. Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup
dan mampu membayar
perwakilan GTT ke Jakarta.
e. Mengusulkan
kepada pengurus PGRI daerah agar membiayai perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya.
12. Dalam perjalanan menuju sekolah, pada pemberhentian di perempatan Anda melihat
siswa SMA
pengendara motor berhenti melewti
garis marka jalan. Anda akan melakukan apa?
a. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.
b. Menjelaskan
di depan kelas tentang kasus yang anda alami agar siswa anda tidak melakukan
pelanggaran lalu lintas.
c.
Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan
demi keselamatnnya.
d. Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan
demi keselamatannya.
e. Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah
agar tidak melakukan
hal seperti itu .
13. Seorang siswa kedapatan
membawa handphone ke sekolah. Padahal
sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan
peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone
ke sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana anda menaggapi permasalahan tersebut?
a. Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa
handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu
konsentrasi belajarnya .
b. Apabila mengetahui siswa yang membawa
handphone, segera menyampaikan hal
ini pada wali kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.
c.
Saya akan lebih aktif dalam mencegah
agar siswa tidak membawa handphone
ketika
di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita hp untuk sementara
waktu.
d. Saya menemui siswa yang membawa handphone
saat di sekolah maupun di kelas serta emberikan teguran
langsung dengan harapan
tidak mengulangi pelanggaran tersebut.
e. Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan sampai
membawa handphone ke sekolah
14. Seorang siswa bercerita kepada guru, kalau
dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian
tengah semester.
Tapi pada hari yang telah disepakati temannya
tidak datang dengan alasana da urusan mendadak.
Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya
tak menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupuns ebelumnya keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa.
Jika seandainya Anda adalah mendapat cerita
tersebut, apa yang akan
Anda lakukan?
a. Memberitahukan pada salahs atu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu urusan belajar merupakan
urusan masing-masing.
b. Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat-nasehat agar keduanya bersahabat dan saling membantu.
c. Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa, karena tidak jadi membantu, temannya
mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf .
d.
Memfasilitasi pertemuan di antara
keduanya untuk
membangun saling
kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya.
e. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan
baik, dan menyarankan untuk dapat diselesaikan secara
mandiri .
15. Salah satu tugas guru piket adalah membuat
surat keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang datang terlambat. Poin pelnaggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kesepakatan. Ketika anda menjadi
guru piket ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut
sekolah di sekolah
anda) datang terlambat
30 mneit. Sesuai aturan datang
terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba-tiba teman
anda yang terlambat tersebut meminta kepada anda agar
dia dan anaknya
tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan anda lakukan?
a. Memenuhi permintaan temna anda karena
alasannya masuk akal tetapi anda laporkan kasus tersbeut kepada kepala sekolah.
b. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya
untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah.
c. Tetap membuat surat keterangan poin
pelanggaran baik kepada teman anda dan juga anaknya meskipun jumlah poinnya dikurangi.
d. Tetap membuat
surat keterangan poin pelanggaran kepada teman anda dan juga anaknya sesuai aturan.
e. Tetap membuat surat
keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan
melaporkan kepada kepala sekolah
atas kasus ini.
A. Menyusun aturan yang mempertimbangkan sangsi
yang menempatkan unsur
pendidikan dan penghormatan atas pelakunya.
B. Antara guru dan siswa sebenarnya salah jika terlambat datang saat upacara,
maka sebaiknya ada sangsi
pada keduanya.
C. Menghukum siswa yang terlambat dan memberikan pembinaan pada guru agar tidak mengulangi perbuatannya.
D. Diberikan sangsi yang sama kepada guru dan siswa yang datang terlambat
agar tidak terkesan membeda-bedakan.
E.
Meminta pulang kepada guru dan siswa yang terlambat dengan mengunci pagar sekolah
2.
Anda memiliki siswa pintar yang ingin sekali
menguasai keterampilan yang menurut Anda belum saatnya
dikuasai oleh siswa tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang dapat melatihnya,namun anda tidak memiliki waktu
luang. Ucapan yang tepat dikatakan pada siswa
adalah...
A.
Bahwa siswa tidak perlu belajar keterampilan itu, dan tidak
perlu berlatih kepada saya.
B. Bahwa siswa belum waktunya menguasai
keterampilan itu, dan saya sibuk
sehingga tidak bisa melatihnya.
C.
Bahwa siswa itu bisa belajar
sendiri untuk menguasai keterampilan itu.
D. Bahwa siswa tetap memiliki kesempatan menguasai keterampilan itu, dan memintanya mencari yang diinginkan
dari luar sekolah.
E. Bahwa siswa itu memiliki
kemampuan yang baik, punya kesempatan menguasai keterampilan itu, dan mengatur
waktu lagi untuk bisa
berlatih dengan saya.
3.
Untuk mengerjakan tugas dengan baik, apalagi
tugas bertumpuk-tumpuk, selalu
diperlukan banyak energi. Terkait
dengan hal ini, pilihlah salah satu jawaban yang paling mendekat diri Anda!
A.
Tidak peduli pada banyaknya tugas apapun, yang penting saya baik-baik saja.
B.
Kehabisan tenaga, bahan sebelum
semua tugas terselesaikan.
C. Energi terkuras habis
setelah mengarjakan seluruh
tugas, sehingga kurang
siap mengerjakan tugas-tugas berikutnya.
D. Energi hampir terkuras habis, perlu beristirahat beberapa
waktu sebelum mengerjakan tugas berikutnya.
E.
Semua terselesaikan sesuai waktu yang direncanakan, sehingga
masih ada energy
untuk tugas berikutnya.
4.
Saat mendapat
tugas sulit dan tidak menyukainya maka harus tetap diselesaikan hingga
tuntas. Bagaimana menurut pendapat Anda?
A.
Tidak setuju karena akan menyebabkan stress.
B.
Tidak setuju karena
hasilnya tidak akan maksimal.
C.
Tidak setuju karena lebih baik mengerjakan tugas lain dengan hasil lebih baik.
D.
Setuju karena sudah merupakan kewajiban
untuk menyelesaikan tugas.
E.
Setuju karena sikap mudah menyerah akan mempengaruhi kinerja.
5.
Seorang siswa menunjukan perilaku
bandel dan senag melakukan pelanggaran tata tertib di sekolah.
Hal ini ditenggarai karena siswa mendapat
salah pengasuhan dan kurang perhatian dan orang tua. Orang tua memanjakan dengan uang saku
berlebihan dan kebebasan dalam pergauan sehari-hari. Sebagai guru, apa yang anda lakukan?
A. Mempertemukan siswa dengan orang tuanya agar disadari
kesalahan selama ini, dan mempertimbangkan penyelesaiannya.
B.
Memanggil orang tua siswa ke sekolah
dan mendiskusikan prihal kenakalan anaknya.
C. Memerankan diri sebagai
teman terdekat siswa agar lebih mudah membentu
memecahkan masalah siswa.
D. Memberikan pengertian kepada
wali murid untuk lebih perhatian dan tidak memanjakan anak.
E. Perilaku siswa sebagai
bagian
perkembangannya, yang diyakini akan dapat diselesaikan keluarga siswa yang bersangkutan.
6.
Saat pembelajaran, guru memberikan pertanyaan yang dijawab oleh siswa. Salah satu siswa
sudah menjawab atau
berbeda dengan siswa lainnya. Seandainya Anda sebagai guru apa yang And lakukan?
A.
Meminta siswa untuk menjawab
dan berdiskusi tentang
jawaban yang tepat.
B.
Meminta pendapat siswa lain mengenai
jawaban yang tepat.
C.
Menyuruh siswa tersebut untuk mempelajari lagi materi yang telah disampaikan.
D.
Menyatakan jawaban
siswa tersebut belum benar atau kurang tepat.
E. Guru menjelaskan jawaban yang benar
dari pertanyaan tersebut
7.
Seorang ibu dari wali murid mendatangi guru, serta meminta agar nilai
anaknya yang belum
memenuhi ketuntasan minimal menjadi masuk kategori tuntas. Pernyataan
yang paling patut digunakan
guru untuk menanggapi hal tersebut ...
A. “Sebagai wali
kelas saya senang dan bangga atas kepedulian ibu pada prestasi ananda, ini awal yang baik untuk membicarakan
bagaimana cara tepat meningkatkan cara belajar putra ibu,
sehingga prestasinya dapat meningkat”.
B. “Baiklah, saya ada cara yang lebih prosedural dan baik,
untuk meningkatkan prestasi ananda, dengan
tidak mengontrol nilai begitu saja”.
C. Kalau boleh saya menasehati ibu, sebaiknya kita tidak melakukan
cara manipulasi nilai dengan menambah
point nilai ananda, walaupun bisa saja saya menambah nilai itu”.
D. “saya kira ini cara yang tidak bagus, ini sangat
berbahaya dan tidak mendidik, kalau permintaan ibu saya penuhi
bagaimana jika yang lain menginginkan hal yang sama?
E. “Baiklah, demi kebaikan ananda dan rasa hormat saya sama
ibu, saya akan usahakan meningkatkan point nilai ananda
hingga melebihi batas ketuntasan minimal”.
8.
Menurut anda sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan yang dianutnya
adalah...
A. Rajin ibadah disertai dengan sikap perilaku yang mencerminkan sikap toleransi yang tinggi dengan
apapun dan siapapun.
B. Rajin ibadah
dan tidak mentolelir waktu yang menggaggu ritual keagamaannya dari menolong orang tanpa pamrih.
C. Rajin ibadah disertai
dengan sikap perilaku
yang tanpa pamrih
dengan tetap menunjukkan identitas kagamaan yang berbeda.
D. Rajin ibadah disertai
dengan sikap perilaku yang toleransi,
namun tetap menunjukkan prinsip tegas yang perlu diketahui
orang lain.
E.
Rajin beribadah disertai
dengan sikap dan perilaku yang proaktif menolong
kepada siapapun, serta menunjukkan perilaku-perilaku keteladanan.
9.
Setiap hari Senin diadakan
upacara bendera merah putih agar generasi muda bangsa tidak
melupakan jasa pahalawannya yang telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan
bangsa
dan negera. Namun kenyataannya masih ada siswa
dan guru yang datang terlambat. Solusi apa yang cocok untuk permasalahan tersebut...
A. Menyusun aturan yang mempertimbangkan sangsi
yang menempatakan unsur
pendidikan dan penghormatan atas pelakunya.
B. Antara guru dan siswa sebenarnya salah jika terlambat datang saat upacara,
maka sebaiknya ada sangsi
pada keduanya.
C.
Menguhukum siswa
yang terlambat dan memberikan
pembinaan pada guru agar tidak mengulangi perbuatannya.
D. Diberikan sangsi yang sama kepada guru dan siswa yang datang terlambat
agar tidak tersa membeda-bedakan.
E. Meminta pulang kepada
guru dan siswa yang datang
terlambat dengan mengunci
pagar sekolah.
10. Anda memiliki beban belajar yang tinggi dalam seminggu. Disamping itu, Anda menjadi salah satu pengurus inti koperasi sekolah untuk mensejahterahkan warga sekolah. Apa yang anda lakukan?
A. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga tidak menggaggu tugas mengajar.
B. Saya mengutamakan tugas mengajar, dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai pengurus koperasi sekolah.
C. Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksankan tugas- tugas pengurus koperasi sekolah
D. Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas mengajar.
E. Saya mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar kurang terlaksana.
11. Salah satu karakteristik guru prefesioanal yang telah memiliki
kualifikasi S1/D4. Jika anda belum
memiliki kualifikasi tersebut, apa yang perlu dilakukan?
A.
Melanjutkan pendidikan kejenjang sarjana atau
sederajat.
B.
Mengikuti berbagai
kegiatan ilmiah bgi peningkatan prefesionalitas.
C.
Sewaktu-waktu berpartisipasi dalam berbagai peningkatan diri.
D.
Meningkatkan diri setelah diwajibkannya persyaratan guru prefesional.
E.
Mengajar secara rutin sambil
menunggu pensiun agar tidak ketinggalan
12. Suatu ketika hasil
yang sudah anada kerjakan dengan
susah payah dikritik tajam oleh kepala sekolah. Menghadapi kritikan
tersebut, pernyataan yang paling mendekati
reaksi anda...
A. Tidak membalas kritik tersebut dan juga tidak melakukan perbaikan
karena tidak ada gunanya.
B. Tetap mempertahankkan hasil pkerjaan saya dan berargumentasi dengan kepala sekolah.
C.
Menerima kritik apa adanya
dan mencari sumber
referensi baru yang mendukung.
D.
Menahan diri, mencermati kritik tersebut untuk melakukan perbaikan.
E. Meminta penjelasan dan dukungan kepala
sekolah dan mencari
strategi baru untuk
perbaikan.
13. Seorang ibu dari wali murid mendatangi guru, serta meminta agar nilai
anaknya yang belum
memenuhi ketuntasan minimal
menjadi masuk dalam kategori tuntas.
Pernyataan yng patut
digunakan guruuntuk menghadapi
hal tersebut...
A.
“ Sebagai wali kelas saya senang dan bangga atas kepedulian ibu pada
prestasi ananda, ini awal yang baik untuk membicarakan bagaimana cara yang tepat meningkatkkan cara
belajar putra ibu, sehingga prestasinya dapat meningkat”
B. “ Baiklah, saya kira ada cara yang prosedural dan baik,
untuk meningkatkan prestasi ananda, dengan
tidak mengatril nilai
begitu saja”
C. “ Kalau boleh saya nasehati ibu, sebaiknya kita tidak
melakukan cara manipulasi nilai dengan menambah
poin nilai ananda,
walaupun bisa saja saya menambah
nilai itu”.
D. “ Saya kira ini cara yang tidak bagus, ini sangat
berbahaya dan tidak mendidik, kalau permintaan ibu saya penuhi
bagaimana hika yang lain menginginkan yang sama?”.
E. Baiklah demi kebaikan
ananda dan rasa hormat saya kepada ibu, saya akan mengusahakan
meningkatkan poin nilai ananda hingga melebihi batas ketuntasan.
14. Seorang guru menegur salah satu siswa saat mata pelajaran sedang berlangsung karena ia tidak mendengarkan penjelasan dari guru dan malah bermian handphone. Pernyataan yang patut digunakan guru untuk siswa tersebut adalah...
A. “ Sini berikan kepada saya handphonenya, kamu waktunya pelajaran malah main handphone sendiri”
B. “ Kamu sedang melakukan apa dengan handphone itu? Ayo matikan dan segera fokus pada penjelasan pelajaran ini”.
C. “Tolong simpan dulu handponenya saat ini sedang pelajaran kamu dapat menggunakannya nanti pada jam istirahat atau setelah pulang sekolah”.
D. Berikan handphonenya ke saya, kamu tidak menghargai guru, jika tidak ingin mengikuti pelajaran, silahkan keluar dari kelas”.
E. “ Tanpa pernyataan, seraya merampas handphone siswa sambil terus menjelaskan pelajaran “.
15. Tetangga anada memiliki anak yang menyandang penyakit, genetik (kakinya cacat sebelah) sehingga jalannya agak pincang. Ketika menginjak usia SMP anak itu mulai
tidak percaya diri karena
tidak kuat dibully temannya. Tangisnya anak tersebut tidak naik kelas, sehingga
mogok tidak mau melanjutkan sekolah.
Meskipun anda bukan guru dari anak tersebut. Apa yang anda lakukan ?
A.
Menasehati orangtuanya untuk membujuk anaknya
supaya mau sekolah
lagi.
B. Menasehati orangtuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homeschooling.
C. Menyarankan melakukan konsultasi pada anak tersebut agar lebih percaya diri mau sekolah lagi untuk masa depannya.
D.
Mendatangi sekolah
tersebut agar gurunya
mengajak anak tersebut
sekolah lagi.
E.
Menyarankan kepala
sekolah anak tersebut
agar menghentikan budaya
bully
Selanjutnya :
Posting Komentar untuk "FR SOAL UP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL PPG PGSD 2021 DISERTAI KUNCI JAWABAN"