SOAL UP TENTANG TEORI BELAJAR
1.
Selama kegiatan pembelajaran Bu Anggun
lebih menekankan pada keaktifan
peserta didik, Critical
Thingking , Menyusun
konsep – konsep , serta memahami makna dari hal – hal yang dipelajari.
Teori yang mendukung dari pemaparan di atas adalah . . .
a. Kognivistik
= pengetahuan
b. Humanistic
= memanusiakan manusia
c. Behavioristik
= stimulus – respon
d.
Konstruktivistik
2.
Pak Basir dalam memberikan materi unsur,
senyawa dan campuran pada kegiatan pendahuluan memaparkan tujuan pembelajaran
terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan terkait
dengan instrument penilaian kepada peserta didik dimana kelompok yang bagus
akan mendapatkan reward
sedangkan kelompok yang kurang akan diberikan punishmen. Dalam hal ini Pak Basir menerapkan
teori belajar . . .
a. Humanisme
b. Kognitivisme
c.
Behaviorisme
stimulus –
respon
d. Kostruktivisme
3.
Disajikan beberapa peristiwa yang di alami
oleh peserta didik yaitu sebagai berikut :
-
1. Mampu memahami permasalahan
-
2. Mampu menceritakan sebuah kejadian
-
3. Mampu memecahkan masalah
-
4. Mampu membuat peraturan berdasarkan
kejadian di atas
Menurut
David A Kolb, fase pengalaman
konkrit terdapat pada . . .
a. 1
b.
2
c. 3
d. 4
Ada 4 tahapan :
1.
Pengalaman konkrit : pernah
mengalami kejadian secara langsung ( belum memecahkan )
2.
Pengamatan aktif dan
reflektif : mampu memahami permasalahan dan tau akar masalahnya tetapi belum
tau untuk solusinya )
3.
Konseptualisasi : peserta
didik sudah mampu menganalisa dan mampu memecahkan masalahnya
4.
Experimentasi aktif : bisa
untuk menerapkan atau mengaplikasikan dalam kehidupan sehari - hari
4.
Didalam sebuah pembelajaran IPA terkait
dengan tekanan hidrostatis, Bu Farisa menerapkan salah satu model pembelajaran
dengan harapan peserta didik mampu :
1.) Berinteraksi
2.) Memecahkan
masalah
3.) Mengintegrasikan
diri
4.) Berkomunikasi
Dari
keempat harapan tersebut, fase kognitif terjadi pada tahapan . . .
a. Berinteraksi
b.
Memecahkan
masalah
c. Mengintegrasikan
diri
d. Berkomunikasi
5.
Di tempat mengajar Bu Dessy , seluruh
komponen pendidikannya memiliki tujuan yang sama yaitu peserta didik diharapkan
menjadi manusia yang ideal,
menjadi manusia yang
dicita – citakan , dan menjadi manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri, dalam hal
ini komponen pendidikan di tempat mengajar Bu Dessy menerapkan teori . . .
A. Sybernetik
dunia maya
B. behavioristik
stimulus respon
C. humanistic memanusiakan manusia
D. konstruktivisme
membangun sebuah pengetahuan
6.
di dalam sebuah pembelajaran, Bu Erni
berpendapat apabila seseorang memahami obyek – obyek atau dunianya melalui gambar – gambar
dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk
perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari . . .
a. intuitif
b.
ikonik
c. simbolik
d. enaktif
Bruner
Tingkat kognitif , ada 3 yaitu :
1.
enaktif : peserta didik
memahami lingkungan melalui motoric ( sentuhan )
2.
ikonik : peserta didik memahami dengan gambar /
symbol / objek lain
3.
simbolik : peserta didik
sudah bisa mengetahui pengetahuan kognitif, sudah punya ide / gagasan dituangkan
dalam bentuk symbol Bahasa, logika, atau matematika.
7.
Bu Wahyu adalah salah satu guru di sekolah
X, dalam pembelajarannya kali ini Bu Wahyu lebih mengedepankan agar peserta
didik lebih memahami lingkungannya dengan menggunakan pengetahuan motoriknya, misalnya dengan sentuhan,
gigitan ataupun pegangan kepada benda – benda yang nyata atau konkrit.
Dalam hal ini Bu Wahyu menerapkan konsep kognitivisme oleh Bruner pada tahapan
. . .
a.
Enaktif
b. Intuitif
c. Ikonik
d. Simbolik
8.
Sebelum
pembelajaran, Bu Fida mengajak siswanya untuk berdo’a terlebih dahulu,
memeriksa kehadiran siswa, dan menyampaikan manfaat materi yang akan
dipelajari. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik menerima materi pelajaran. Pada awal
pembelajaran Bu Fida menayangkan sebuah video untuk menarik perhatian, kemudian
Bu Fida memberikan Latihan
– Latihan soal. Berdasarkan pemaparan diatas, Bu Fida menerapkan teori
belajar behavioristik aliran . . .
a. Kognitif
sosial Bandura
b. Pengkondisian
operan Skinner
c.
Koneksionisme
Throndike
d. Pengkondisian
Pavlov
Ada beberapa persyaratan –
persyaratan :
1.
Law of readnies (
mempersiapkan peserta didik )
2.
Law of exercise ( Latihan )
3.
Law of effect ( akibat yang
ditimbulkan )
9.
Perhatikan Langkah – langkah pembelajaran
yang dilakukan oleh Bu Khilya sebagai berikut :
1.) Menetapkan
tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik
2.) Menggunakan
reinforcement positif
secara sistematis pada saat respon
peserta didik muncul
3.) Selalu
mengadakan kuis
atau tes untuk mengetahui pengetahuan yang sudah dipelajari oleh peserta didik
4.) Selalu
mengadakan remidial
untuk peserta didik yang belum tuntas
Berdasarkan
pemaparan diatas, Bu Khilya menerapkan teori belajar . . .
a. Humanistic
memanusiakan
manusia
b. Konstruktivistik
membangun pengetahuan
c. Kognitivistik
pengetahuan
d. Behavioristik
10.
Teori ini memandang belajar sebagai hasil
dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus ) dan balasan dari siswa ( response ) yang dapat
diamati. Semakin sering hubungan (bond ) antara rangsangan dan balasan terjadi,
maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya ( law of exercise ). Teori belajar
yang dimaksud adalah . . .
a.
Behaviorisme
b. Humanistic
c. Sibernetic
d. Konstruktivisme
11.
Di dalam proses pembelajaran , para siswa
dihadapkan dengan situasi dimana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat
dugaan ( hipotesis ), mencoba – coba ( trial and error ) , mencari dan menemukan
keteraturan ( pola ) , menggeneralisasi atau Menyusun rumus beserta bentuk
umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan
teori belajar . . .
a. Sibernetik
b. Humanistic
c. Behaviorisme
d.
Konstruktivisme
12.
Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat
belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena
kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau
online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar . .
a.
Sibernetik
dunia maya
b. Konstruktivisme
c. Behaviorisme
d. Kognitivisme
13.
Melati dalah anak yang selalu bersemangat
di kelas, ia selalu berusaha menjawab pertanyaan – pertanyaan yang dilontarkan
guru. Guru memberikan tepuk tangan untuk menghargai usaha Melati dan terkadang memberi acungan jempol
pada saat Melati menjawab pertanyaan dengan benar. Maka yang dilakukan oleh
guru tersebut menganut teori dari . . .
a. Ausubel
( belajar bermakna )
b. Piaget
( kecerdasan
berubah seiring dengan pertumbuhan anak )
c. Bruner
( teori belajar matematika : enaktif, simbolik,
ikonik )
d. Skinner
Teori Behavioristik ( Skinner ) Ã metode ini dinamakan dengan operant conditioning
14.
Pada pembelajaran Matematika, siswa
diminta menemukan sifat – sifat persegi Panjang oleh gurunya. Siswa tersebut
dapat menemukan sendiri sifat – sifat bujur sangkar karena pada pembelajaran
sebelumnya sudah belajar mengenai bangun datar. Menurut Ausubel, hal ini
menunjukkan . . .
a.
Belajar
dengan penemuan yang bermakna
b. Belajar
dengan penemuan tidak bermakna
c. Belajar
menerima yang bermakna
d. Belajar
menerima yang tidak bermakna
15.
Saat Edo mengajukan pertanyaan kepada
guru. Dari siti, guru kemudian memberikan pujian kepad Edo. Karena diberi pujian, membuat
Edo lebih terus meningkatkan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan – pertanyaan
yang baik lagi kedepannya. Maka hal tersebut sejalan dengan teori . . .
a.
Behavioristik
b. Kognitif
c. Humanistic
d. Konstruktivistik
e. Sibernetic
Reinforcement ( penguatan ) positif
Misalnya memberikan pujian
Reinforcement negative
Misalnya menyindir anak yang
malas mengerjakan tugas
16.
Menurut Piaget yang seharusnya dilakukan
guru dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali .
. .
a. Mengajar
dengan Bahasa yang sesuai dengan cara berfikir anak
b. Membantu
anak agar dapat berinteraksi dengan lingkungan sebaik – baiknya
c. Bahan
yang harus dipelajari anak hendaknya dirasakan baru tetapi tidak asing
d. Anak
– anak hendaknya diberi peluang untuk saling berbicara dan berdiskusi dengan
teman – temannya
e.
Menghadapkan
anak pada situasi yang membingungkan atau suatu masalah
E.
Stimulus respon
19. Pernyataan
berikut yang menjelaskan makna
istilah kognitif adalah….
Posting Komentar untuk "FR SOAL UP PPG DALJAB 2021 MATERI TEORI BELAJAR SESUAI KISI-KISI NOMOR 21-23 DILENGKAPI KUNCI JAWABAN"