FR SOAL UP SESUAI KISI-KISI NO 24 MATERI PENILAIAN DAN ANALISIS HASIL BELAJAR DILENGKAPI KUNCI JAWABAN

FR SOAL UP SESUAI KISI-KISI NO 24 MATERI PENILAIAN DAN ANALISIS HASIL BELAJAR DILENGKAPI KUNCI JAWABAN


Materi : Penilaian dan analisis hasil belajar dengan menerapkan penilaian otentik

Sub Materi : Penilaian Otentik
Penilaian Sikap
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Indikator : Disajikan narasi tentang kompetensi dasar Penilaian dan analisis hasil belajar, peserta dapat menentukan lat penilaian serta analisis hasil belajar untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi tersebut.



1. Pada RPP tertulis indikatir “ Peserta didik mampu memperkenalkan diri sendiri dan orang lain”. Bentuk penilaian yang paling tepat adalah . . .

a. Penilaian portofolio kumpulan karya yang diambil selama proses pembelajaran

b. Penilaian proyek pemberian tugas dengan jangka waktu tertentu

c. Tes pemahaman

d. Penilaian kinerja penilaian praktik à mengukur hasil hasil kerja

e. Jurnal mencatat perilaku sikap peserta didik


2. Pada RPP guru menuliskan kegiatan pembelajaran yaitu menganalisis hasil pengamatan tentang ciri – ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok , serta menyimpulkan konsep bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok. Penilaian yang tepat untuk mengukur keterampilan siswa adalah . . .

a. Praktik bernyanyi yang baik keterampilan / kinerja

b. Tes konsep dasar bernyanyi Pengetahuan

c. Pengamatan guru saat bernyanyi sikap

d. Sikap siswa saat diskusi sikap

e. Produk diskusi siswa keterampilan


3. Seorang guru hendak menilai kelebihan dan kelemahan siswa dalam menghargai perbedaan di kelasnya. Untuk menilai hal tersebut, instrument yang dapat digunakan guru adalah . . .

a. Lembar observasi

b. Skala sikap

c. Lembar penilaian diri

d. Lembar penilaian antar teman

e. Jurnal


4. Salah satu rumusan indikator tujuan pembelajaran adalah dengan disajikan informasi yang mengandung beberapa kemungkinan kesimpulan, peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang paling tepat disertai alasannya. Peserta didik mengamati grafik berisi data tingkat kenakalan remaja dan factor penyebabnya. Bentuk penilaian otentik holistic yang cocok diterapkan adalah . . .

a. Tes uraian

b. Tes obyektif pilihan

c. Tes obyektif jawaban singkat

d. Tes lisan mengungkap proses penarikan kesimpulan

e. Tes perbuatan ( performance )


5. Pak Tanu memberikan tugas kepada Riko untuk mendeklamasikan puisi. Puisi tersebut dibacakan dengan penuh penghayatan, mulai dari gerak tangan, gerak tubuh dan mimic wajahnya. Untuk penilaian deklamasi puisi, Pak tanu melaksanakan penilaian . . .

a. Produk

b. Tes tulis

c. Unjuk kerja

d. Portofolio


6. Pak Salman adalah guru kelas 5 SD, hari ini Pak Salman akan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat peta di kertas gambar ukuran A3, sesuai dengan apa yang ditugaskan kemarin. Pak Salman akan menilai hasil dari menggambar peta dengan kriteria estetika dan kualitas teknis. Maka Pak Salman melaksanakan penilaian . . .

a. Unjuk kerja

b. Portofolio

c. Produk

d. Tes tulis


7. Warga Desa Sukamaju tiap minggu sekali selalu melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan. Pak Taro adalah guru di SDN Sukamaju. Dan akan menugaskan kepada murid – muridnya kelas 6 untuk melakukan pengamatan kegiatan warga tiap hari minggu selama 1 bulan. Murid – murid meneliti apakah pada hari Minggu ada kegiatan kerja bakti, berapa orang yang ikut kerja bakti di Minggu I, II,III,IV. Mencatat mengapa ada warga yang tidak ikut kerja bakti. Setelah 1 bulan hasil pengamatan tersebut dikumpulkan ke Pak Taro. Penilaian apakah yang sesuai dengan study kasus tersebut . . .

a. Unjuk kerja

b. Portofolio

c. Produk

d. Proyek


8. Kumpulan hasil karya seorang peserra didik , sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan oleh guru atau peserta didik bersama guru, Sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum adalah pengertian dari penilaian . . .

a. Unjuk kerja

b. Portofolio

c. Produk

d. Proyek


9. Pak sugeng telah melaksanakan pembelajaran IPA, dan Pak Sugeng akan melaksanakan tes formatif berupa tes tulis untuk murid – muridnya. Pak Sugeng ingin tes tersebut dijawab oleh siswa dengan hasil pemikiran sendiri dan dapat mengembangkan jawaban dari soal yang diberikan. Tes yang diberikan Pak Sugeng adalah tes . . .

a. Pilhan ganda

b. Wawancara

c. Unjuk kerja

d. Uraian


10. Kriteria penilaian untuk menilai portofolio ditetapkan oleh . . .

a. Sekelompok guru

b. Guru dengan siswa

c. Guru dengan kepala sekolah

d. Guru dan orang tua siswa

Kriteria penialian harus ditetapkan Bersama oleh guru dan siswa. Penilaian portofolio dilaksankan selama proses pembelajaran berlangsung. Portofolio juga harus dapat diakses secara langsung oleh orang – orang yang berkepentingan seperti guru, siswa, sekolah dan orang tua.

Selanjutnya :

Posting Komentar untuk "FR SOAL UP SESUAI KISI-KISI NO 24 MATERI PENILAIAN DAN ANALISIS HASIL BELAJAR DILENGKAPI KUNCI JAWABAN"