JURNAL MONOLOG
DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.1
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN
Sonia Titipani Abidin, S.Pd.
CGP Angkatan
1 Kabupaten Garut
soniatitipaniabidin@gmail.com – www.soniatitipaniabidin.my.id
Dilema etika
adalah suatu situasi yang dihadapi oleh seseorang dimana ia harus membuat
keputusan tentang perilaku seperti apa yang tepat untuk dilakukannya. Menurut
Arens dan Loebbecke (1995: 74) yang dimaksud dengan dilema etika adalah situasi
yang dihadapi seseorang dimana keputusan mengenai perilaku yang pantas harus dibuat.
Dilema etika merupakan situasi yang dihadapi oleh seseorang dimana ia harus
membuat keputusan mengenai perilaku yang patut. Di sisi lain, ada bujukan moral
yang terkadang membingungkan ketika kita dihadapkan pada pengambilan keputusan.
Kita harus dapat membedakan antara dilema etika dan bujukan moral. Dilema etika
yaitu suatu situasi yang terjadi kepada seseorang dimana ia harus memilih
diantra dua pilihan yang secara moral benar namun bertentangan (benar VS
benar). Adapun bujukan moral yaitu situasi yang terjadi ketika seseorang harus memutuskan
benar atau salah (benar VS salah).
Bagi seorang
pendidik, tentunya kita sering kali dihadapkan pada permasalahan di sekolah
baik dengan siswa, maupun rekan kerja yang melibatkan situasi dilema etika,
situasi dimana kita dihadapkan pada dua pilihan benar yang membingungkan. Dalam
hal ini, seorang pendidik harus memahami apa itu dilema etika? Bagaimana
paradigma dilema etika dalam pengambilan keputusan? Apa saja prinsip dalam
pengambilan keputusan yang memiliki unsur dilema etika? Bagaimana
langkah-langkah pengambilan keputusan dan pengujian keputusan dalam dilema
etika? Apakah keputusan yang diambil sudah tepat? Untuk menjawab semua
pertanyaan tersebut, seorang pendidik harus memahami dasar-dasar dari dilema
etika, paradigma, prinsip dan langkah-langkah dalam pengambilan keputusan
sebagai pemimpin pembelajaran.
Sebagai seorang
guru yang diberi kesempatan untuk lebih awal mengenal tentang dilema etika
dalam pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam Program Pendidikan
Guru Penggerak Angkatan 1 Tahun 2020, saya tentunya mempunyai tugas untuk
mengimbaskan apa yang saya ketahui tentang dilema etika dan seluk beluknya
kepada rekan-rekan guru di sekolah dan mengimplementasikannya di lapangan dalam
konteks lokal sekolah saya.
Adapun
langkah-langkah yang akan saya ambil dalam mentransfer dan menerapkan
pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah asal saya
diantaranya :
1.
Sharing informasi terkait materi dan
pengetahuan dasar dilema etika (apa itu dilema etika, bagaimana perbedaan
dilema etika dengan bujukan moral, apa saja paradigma dan prinsip dilema etika,
bagaimana langkah-langkah dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran) dan materi-materi lainnya yang saya dapatkan di Program Guru Penggerak
melalui diskusi atau media sosial (Whatsapp Grup, Channel Youtube, Blog dan
sebagainya).
2.
Menerapkan paradigma, prinsip dan
langkah pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran mulai dari kelas
saya sendiri.
3.
Berbagi praktik baik, baik dalam
pertemuan rutin komunitas sekolah maupun diskusi santai dengan sesama rekan
guru.
Berdasarkan langkah-langkah di atas, saya akan mencoba untuk melakukannya dalam waktu dekat ini. Situasi dilema etika merupakan situasi khusus dan terjadi secara temporer (tidak rutin). Maka dari itu, implementasi dari pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran yang memiliki unsur dilema etika ini akan sangat efektif dilakukan pada situasi khusus yang mengandung unsur dilema etika (ada dua hal benar yang bertentangan, benar VS benar).
Dalam
mengimpelemntasikan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
tentunya kita harus berkolaborasi dengan berbagai stake holder yang ada di
sekolah. Dalam hal ini, saya akan menyamakan persepsi dengan kepala sekolah dan
rekan sejawat dalam implementasinya di lapangan. Untuk memutuskan suatu kasus
yang mengandung unsur dilema etika, tentunya tidak mudah. Untuk itu, perlu
dampingan dari kepala sekolah dan masukan dari rekan-rekan sejawat dalam
pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran agar keputusan yang diambil
benar-benar tepat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak.
Posting Komentar untuk "JURNAL MONOLOG DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.1 - PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN"