KOMPONEN RPP YANG
BERDIFERENSIASI
(RPP YANG BERPIHAK PADA MURID)
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu, baik itu berdasarkan kesiapan belajar murid (readiness), minat murid dan profil belajar murid (audio, visual, audio visual, kinestetik).
Ada
4 Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, yaitu :
1)
Diferensiasi Konten
Diferensiasi konten merujuk pada strategi membedakan pengorganisasian
dan format penyampaian konten. Konten adalah materi pengetahuan, konsep, dan
keterampilan yang perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum.
2)
Diferensiasi Proses
Diferensiasi Proses merujuk pada strategi membedakan
proses yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk
berlatih dan memahami isi (content) materi.
3)
Diferensiasi Produk
Diferensiasi Produk merujuk pada strategi memodifikasi
produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan, dan pengembangan apa yang
telah dipelajari.
4)
Diferensiasi Lingkungan Belajar
Diferensiasi Lingkungan Belajar merujuk pada
pengondisian lingkungan belajar sesuai kebutuhan individu peserta didik.
Adapun
untuk penyusunan RPP yang berdiferensiasi, seorang guru dapat memperhatikan
karakteristik dari setiap strategi diferensiasi berikut ini :
1.
DIFERENSIASI KONTEN (Pengetahuan Dan Keterampilan Yang
Dipelajari Murid)
a. Materi disajikan dalam bentuk beragam (contoh: video,
bacaan, gambar)
b. Terdapat keterampilan atau pengetahuan yang bisa
dipelajari secara mandiri oleh setiap murid
c. Pengetahuan yang disajikan memungkinkan murid
menyampaikannya pada teman sebaya
d. Pengetahuan disajikan dalam berbagai tingkat kesulitan
untuk satu tema besar
e. Adanya sumber belajar yang kaya sehingga setiap murid
dapat memilih salah satu sub materi yang disukai
2.
DIFERENSIASI PROSES (Aktivitas Belajar Murid)
a. Cara penyampaian materi dilakukan secara beragam
sesuai kemampuan memahami murid (contoh: diskusi, studi kasus, dongeng, video,
permainan)
b. Terdapat variasi aktivitas untuk memahami materi berdasarkan
wadah (luring/ daring)
c. Terdapat variasi aktivitas untuk memahami materi
berdasarkan lokasi (dalam/ luar kelas)
d. Terdapat variasi aktivitas untuk memahami materi
berdasarkan jumlah murid (klasikal/ kelompok/ individu)
e. Ada aktivitas yang melibatkan murid secara aktif untuk
menemukan pengetahuan tambahan
3.
DIFERENSIASI PRODUK (Hasil Belajar Atas Pemahaman
Murid)
a. Terdapat variasi produk pengetahuan untuk setiap murid
(contoh: pertunjukan, poster, cerpen)
b. Penilaian terhadap pemahaman murid dibuat beragam
(mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan, minat)
c. Adanya variasi aktivitas dalam pengerjaan tugas (tugas
individu dan tugas kelompok)
d. Adanya pemberian kesempatan untuk murid menciptakan
produk atau karya mandiri
e. Adanya variasi penilaian berdasarkan tingkat kesulitan
dan kemampuan murid (mudah, sedang, dan sulit)
Cukup baik postingan materi ini, dapat menambah wawasan bagi guru sebagai bahan/bekal untuk menyampaikan pembelajaran kepada peserta diiknya. dalam implementasi kurikulum merdeka.
BalasHapusterima kasih pak, salam merdeka belajar
Hapus