KOMPONEN RPP YANG BERDIFERENSIASI (PEMBELAJARAN YANG BERPIHAK PADA MURID)

KOMPONEN RPP YANG BERDIFERENSIASI

(RPP YANG BERPIHAK PADA MURID) 

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu, baik itu berdasarkan kesiapan belajar murid (readiness), minat murid dan profil belajar murid (audio, visual, audio visual, kinestetik).

Komponen RPP Berdiferensiasi

Ada 4 Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, yaitu :

1)      Diferensiasi Konten

Diferensiasi konten merujuk pada strategi membedakan pengorganisasian dan format penyampaian konten. Konten adalah materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum.

2)      Diferensiasi Proses

Diferensiasi Proses merujuk pada strategi membedakan proses yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk berlatih dan memahami isi (content) materi.

3)      Diferensiasi Produk

Diferensiasi Produk merujuk pada strategi memodifikasi produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan, dan pengembangan apa yang telah dipelajari.

4)      Diferensiasi Lingkungan Belajar

Diferensiasi Lingkungan Belajar merujuk pada pengondisian lingkungan belajar sesuai kebutuhan individu peserta didik.

 

Adapun untuk penyusunan RPP yang berdiferensiasi, seorang guru dapat memperhatikan karakteristik dari setiap strategi diferensiasi berikut ini :

1.      DIFERENSIASI KONTEN (Pengetahuan Dan Keterampilan Yang Dipelajari Murid)

a.       Materi disajikan dalam bentuk beragam (contoh: video, bacaan, gambar)

b.      Terdapat keterampilan atau pengetahuan yang bisa dipelajari secara mandiri oleh setiap murid

c.       Pengetahuan yang disajikan memungkinkan murid menyampaikannya pada teman sebaya

d.      Pengetahuan disajikan dalam berbagai tingkat kesulitan untuk satu tema besar

e.       Adanya sumber belajar yang kaya sehingga setiap murid dapat memilih salah satu sub materi yang disukai

 

2.      DIFERENSIASI PROSES (Aktivitas Belajar Murid)

a.       Cara penyampaian materi dilakukan secara beragam sesuai kemampuan memahami murid (contoh: diskusi, studi kasus, dongeng, video, permainan)

b.      Terdapat variasi aktivitas untuk memahami materi berdasarkan wadah (luring/ daring)

c.       Terdapat variasi aktivitas untuk memahami materi berdasarkan lokasi (dalam/ luar kelas)

d.      Terdapat variasi aktivitas untuk memahami materi berdasarkan jumlah murid (klasikal/ kelompok/ individu)

e.       Ada aktivitas yang melibatkan murid secara aktif untuk menemukan pengetahuan tambahan

 

3.      DIFERENSIASI PRODUK (Hasil Belajar Atas Pemahaman Murid)

a.       Terdapat variasi produk pengetahuan untuk setiap murid (contoh: pertunjukan, poster, cerpen)

b.      Penilaian terhadap pemahaman murid dibuat beragam (mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan, minat)

c.       Adanya variasi aktivitas dalam pengerjaan tugas (tugas individu dan tugas kelompok)

d.      Adanya pemberian kesempatan untuk murid menciptakan produk atau karya mandiri

e.       Adanya variasi penilaian berdasarkan tingkat kesulitan dan kemampuan murid (mudah, sedang, dan sulit)


2 komentar untuk "KOMPONEN RPP YANG BERDIFERENSIASI (PEMBELAJARAN YANG BERPIHAK PADA MURID)"

  1. Cukup baik postingan materi ini, dapat menambah wawasan bagi guru sebagai bahan/bekal untuk menyampaikan pembelajaran kepada peserta diiknya. dalam implementasi kurikulum merdeka.

    BalasHapus