SOAL
UKG MODUL G KELAS ATAS SD
1. Salah
satu langkah dalam pengembangan RPP yang tepat adalah…
A. Analisis
KI dan KD untuk menetapkan model pembelajaran
B. Analisis
KI dan KD untuk menetapkan materi pembelajaran
C.
Analisis
KI dan KD untuk menetapkan IPK
D. Analisis
KI dan KD untuk menetapkan tujuan pembelajaran
2.
Empati kita terhadap orang yang jujur.
Cinta kita terhadap kejujuran dan pengendalian diri kita untuk selalu berlaku
jujur termasuk…
A. Cita-cita
moral
B. Prilaku
moral
C. Konsep
moral
D.
Sikap
moral
3.
Tindakan yang dapat dilakukan guru untuk
menumbuhkan perilaku kebersamaan dalam keragaman budaya pada kelas yang
heterogen adalah….
A.
Membentuk
kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman suku
B. Membentuk
kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman intelegensi
C. Membentuk
kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman gender
D. Membentuk
kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman ekonomi
4.
Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa dan
petunjuk atas semua kegiatan hidup dan penghidupan bangsa Indonesia diberbagai
aspek kehidupan masyarakat dan bangsa. Pernyataan ini merupakan pembuktian
pancasila sebagai…
A. Perjanjian
luhur bangsa Indonesia
B. Cita-cita
dan tujuan bangsa Indonesia
C.
Pandangan
hidup bangsa Indonesia
D. Kepribadian
bangsa Indonesia
5.
Prilaku kebersamaan dalam keberagaman
budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara tercermin…..
A. Pada
pengetahuan dimana lebih ditekankan pada aspek sikap dalam keseharian
B.
Pada
pengetahuan ,sikap, nilai dan prilaku yang Nampak dalam keseharian
C. Pada
pengetahuan dimana lebih ditekankan pada perilaku keseharian
D. Pada
penetahuan dimana lebih ditekankan aspek nilai dalam keseharian
6.
Menurut UU No.12 tahun 2006 tentang
kewarganegaraan Republik Indonesia, orang yang menjadi warga negara Indonesia
(WNI) kecuali..
A. Anak
yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibu Warga Negara
Asing (WNA) atau sebaliknya
B. Anak
yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNI
C. Anak
yang llahir dari perkawinan yang sah dari ayah dan ibu WNI
D.
Setiap
orang yang sebelum berlakunya UU tersebut telah tinggal di Indonesia
7. Sumber belajar adalah rujukan , objek
dan atu bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran , sumber belajar yang
termasuk media cetak adalah..
A. Buku,majalah,kaset,
dan lembear kerja peserta didik
B. Buku,
majalah,jurnal, dan rekaman video
C.
Buku,majalah,jurnal,dan
lembar kerja peserta didik
D. Buku
,situs sejarah, jurnal,dan lembar kerja peserta didik
8.
Berikut ini adalah contoh sikap/perilaku
yang mencerminkan cinta tanah air dan bela Negara adalah…
A. Orang
yang berobat ke luar negri
B. Jemaah
haji yang pergi ketanah suci
C.
Olahragawan
yang bertanding di luar negri yang mewakili Negara
D. TKI
yang bekerja di luar negri
9.
Kepatuhan masyarakat terhadap norma,
kebiasaan,adat istiadat dan peraturan yang berlaku akan mewujudkan…
A. Keadilan
sosial
B. Kepastian
hukum
C.
Ketertiban
dalam masyarakat
D. Kebahagiaan
dalam masyarakat
10.
Pengamalan sila ketuhanan Yang Maha Esa
wajib ditunjukan dalam bentuk perbuatan sehari-hari sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing kecuali..
A. Menunjukan
dalam arti berbuat kasih sayang pada sesama manusia dan sesama anggota keluarga
B.
Hidup
rukun dengan tetangga tidak menjadi tetangga yang “berisik” hidup rukun denan
masyarakat dimana kita hidup dan berdomisili
C. Memberi
bantuan kepada fakir miskin, orang-orang lanjut usia, panti asuhan dan korban
bencan alam
D. Tidak
bertindak kejam kepada makhluk hidup ,binatang, menembak burung semena-mena.
Memelihara hewan dan memperlakukannya dengan baik
11. Dalam silabus tertera KD 3.5 Menggali
informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan
tulis menggunakan aspek: apa,dimana,kapan,siapa,menggapa dan bagaimana.
Materi yang paling utama untuk KD
tersebut adalah…
A. Menyajikan
teks narasi sejarah dengan bahasa lisan dan tulis
B. Menggali
informasi penting dengan menggunakan kata Tanya
C. Menyajikan
teks narasi sejarah dengan menggunakan kata Tanya
D.
Menggali
informasi dari teks narasi sejarah dengan bahasa lisan dan tulis
12. Salah satu contoh kegiatan guru dalam
merancang pembelajaran didalam kelas utamanya dalam kegiatan inti,guru
memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses pengumpulan informasi
/mencoba adalah…
A. Memberi
kesempatan peserta didik nutuk menemukan pola dari keterkaitan informasi dan
mengambil berbagai kesimpulan dari pola yang ditemukan
B. Membuka
secara luas dan bervariasi mmmmmmemberi kesempatan bagi peserta didik untuk
melakukan kegiatan melihat, menyimak ,mendengar dan membaca
C. Memberi
kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang
sudah dilihat , disimak, di baca atau dilihat
D.
Memberi
tugas peserta didik untuk membaca buku yang lebih banyak ,memperhatikan
fenomean atau objek yang lebih teliti ,atau melakukan eksperimen
13.
Keputusan bersama harus mewakili kepentingan…
A. Pihak
tertentu
B. Organisasi
tertentu
C. Sebagian
anggota
D.
Seluruh
anggota rapat
14.
Contoh perilaku kebersamaan dalam
keberagaman budaya dalam masyarakat di sekitar kita tercermin dalam …
A. Bekerjasama
dalam pembuatan tempat ibadah
B. Bekerjasama
dalam acara ibadah keagamaan
C. Kerjasama
dalam penyelesaian masalah dalam agama
D.
Bergotongroyong
dalam membuat jalan umum
15. Dalam mengembangkan kompetensi
kepribadian , apabila ada siswa yang bertanya dan Anda kurang menguasai materi
tersebut.Maka reaksi Anda seharusnya…
A. Meminta
siswa lain untuk menjawabnya
B.
Menangguhkan
jawabannya
C. Memberitahukan
bahwa materi itu tidak dibahas sekarang
D. Mengatakan
terus terang bahwa belum menguasai materi tersebut
16.
Maraknya kasus korupsi di Indonesia
merupakan salah satu indikasi dari…
A. Oknum
tersebut belum memahami manfaat dari konsep kejujuran dalam kehidupan
B. Oknum
tersebut belum mengetahui konsep
kejujuran dalam kehidupan
C. Oknum
tersebut sudah menerapkan konsep jujur dalam kehidupannua
D.
Oknum
tersebut belum menerapkan kejujuran dalam kehidupan
17. Penggunaan media dikatakan efektif
apabila dapat…
A.
Meningkatkan
pencapaian hasil belajar
B. Membantu
guru mempercepat materi
C. Meningkatkan
motivasi siswa melalui bermain
D. Menyelesaikan
materi agar melebihi target
18. Dalam menyelesaikan soal KPK dalam
kelompok, sikap apa yang perlu dimiliki masing-masing anggota kelompok?
A. Hanya
mengerjakan soal yang mudah
B. Selalu
bertanya
C.
Kerjasama
dan tanggung jawab
D. Selalu
menurut jika disuruh
19.
Sila keempat pancasila mengandung makna?
A. Masyarakat
Indonesia terkenal dengan kehidupan yang rukun dan saling menolong
B.
Masyarakat
Indonesia memilih demokrasi
pancasila
C. Masyarakat
Indonesia menjalankan demokrasi dengan memilih wakilnya di DPR
D. Masyrakat
Indonesia terkenal senang bermusyawarah
20.
Contoh sikap yang tidak menunjukan rasa
cinta tanah air dan bangsa ditunjukan dengan cara…
A.
Senang
mempelajari budaya barat
B. Taat
membayar pajak bumi dan bangunan
C. Bangga
menggunakan produk dalam negri
D. Senang
mempelajari budaya nusantara
21. Salah satu contoh kegiatan guru
melaksanakan proses pembelajaran utamanya pada kegiatan inti yang dapat
membantu peserta didik menginternalisasi nilai-nilai karakter pada tahap
elaborasi adalah…
A. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan
guru,lingkungan, dan sumber belajar lainnya (kerjasama,saling menghargai,peduli
lingkungan)
B. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh mengalaman belajar yang telah
dilakukan (memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri)
C.
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas,diskusi,dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis(kreatif,percaya diri ,kritis,
saling menghargai,santun)
D. Memfasilitasi
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dari aneka sumber
(mandiri,berfikir,logis,kreatif,kerjasama)
22.
Contoh perilaku yang menggambarkan
perlindungan HAM dalam kehidupan sehari-hari adalah…
A. Menghsrgsi
pendspst orsng lain yang berbeda dengan kita
B.
Memberi
perlindungan pada pendidik yang dituduh main hakim sendiri pada siswanya
C. Memberi
sedekah kepada pengemis
D. Menghormati
orang yang tidak pakai helem pada saat mengendarai motor
23. Kegiatan pembelajaran yang sesuai
dengan pendekatan saintifik untuk pengalaman belajar “menalar” adalah…
A. Peserta
didik mendengarkan bemacam-macan suara hewan
B. Peserta
didik bercerita tentang hewan peliharaan
C.
Peserta
didik membandingkan hewan peliharaan dan hewan buas
D. Peserta
didik menggambar macam-macam hewan
24.
Pengendalian diri kita untuk selalu
berlaku jujur merupakan contoh…
A.
Sikap
moral kewarganegaraan
B. Makna
moral kewarganegaraan
C. Prilaku
moral kewarganegaraan
D. Konsep
moral kewarganegaraan
25. Hasil kegiatan berikut yang paling
tepat diukur dengan non tes adalah…
A. Keaktifan
siswa menulis karangan
B. Kemampuan
siswa mendalami materi
C. Keterampilan
siswa menulis cerita
D.
Keaktifan
siswa belajar di kelas
26. Perhatika KD 3.1 berikut “menjelasakn
bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya”. Berdasarkan KD tersebut,
rumusan indicator pembelajaran yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah…
A. Menjelaskan
fungsi bentuk luar tubuh tumbuhan
B.
Melakukan
percobaan bentuk luar organ tubuh tumbuhan
C. Melakukan
pengamatan bentuk luar organ tubuh tumbuhan
D. Menjelaskan
susunan bentuk luar organ tunuh tumbuhan
27.
Hubungan dasar Negara pancasila dengan
konstitusi (UUD 1945 ) dapat dikaji melalui …
A. Dalam
pasal 23 ayat 1 UUD 1945
B. Alinea
kedua dari pancasila
C. Dalam
batang tubuh UUD 1945
D.
Pembukaan
dan pasal-pasal UUD 1945
28.
Berikut ini merupakan contoh moral
kewarganegaraan , kecuali…
A. Empati
kita terhadap orang yang jujur
B.
Kesadaran
perlunya kejujuran
C. Cinta
kita terhadap kejujuran
D. Rasa
percaya diri kita untuk senantiasa berlaku jujur pada orang lain
29.
Pancasila sebagai ideology dan Dasar
Negara diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari . Bentuk dan upaya melaksakan
nilai-nilai pancasila dalam praktek kehidupan berbangsa dan benegara tercermin
dalam sikap dan perilaku…Pelaksanaan nilai-nilai pancasila dilingkungan sekolah
antara lain dilaksanakan dengan cara…
A. Menjaga
keamanan lingkungan setiap saat
B. Membantu
korban bencana alam
C. Menjaga
keamanan lingkungan setiap saat
D.
Mentaati
tata tertib sekolah
30. Media pembelajaran yang tepat untuk
indicator pencapaian kompetensi “ mengidentifikasi bahan dan alat yang
digunakan untuk teknik mencetak dengan tepat” adalah…
A. Krayon
dan foto peserta didik
B. Potongan
buah apel dan gambar pohon
apel
C. Pelepah
pisang dan buah manga
D.
Potongan
buah belimbing dan pelepah pisang
31.
Berikut ini yang merupakan contoh
penerapan norma hukum di lingkungan masyarakat adalah…
A. Warga
memberikan kesempatan untuk warga yang berlainan agama untuk beribadah
B. Warga
menjenguk tetangga yang sedang sakit
C.
Warga
yang terbukti mencuri dihukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku
D. Warga
saling bergotong royong untuk membangun jalan
32.
Dalam menyelesaikan yang menganut
demokrasi pancasila,maka masalah yang menyangkut kepentingan bersama
mengedepankan cara…
A.
Musyawarah
mufakat
B. Harus
menyelesaikan melalui jalur hukum
C. Presiden
D. Menyerahkan
kepada pihak yang bersengketa
33. Sebelum merumuskan tujuan
pembelajaran , hal-hal yang harus diperhatikan guru adalah …
A. Menyusun
kriteria penilaian,lembar pengamatan,contoh soal dan teknik penskoran
B.
Mengidentifikasi
materi ajar berdasarkan materi pokok pembelajaran yang terdapat dalam silabus
C. Menentukan
alat,bahan,sumber belajar yang digunakan
D. Menentukan
metode pembelajaran yang akan digunakan
34.
Contoh perilaku cinta tanah air serta bela
Negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesia adalah…
A. Senang
menggunakan produk luar negri Karen lebih tinggi kualitasnya
B. Mengundang
investor asing untuk membuka usahanya di Indonesia
C.
Mencintai
dan menggunakan produk dalam negri agar pengusaha local bias maju
D. Melarang
orang asing untuk berjkunjung ke indonesia
35. Pemilihan media dalam pembelajaran
dilakukan dengan mempertimbangkan…
A. Kesesuaian
kelengkapan dan kualitas media
B. Kecanggihan
media dengan paradigma pembelajaran
C. Kesesuaian
media dengan paradigma pembelajaran
D.
Kesesuain
media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswa
36.
Contoh perilaku berdasarkan moral
kewarganegaraan antara lain…
A.
Kebiasaan
untuk selalu bersikap dan berbuat jujur
B. Kesadaran
perlunya kejujuran
C. Kata
hati kita tentang kejujuran
D. Cinta
kita terhadap kejujuran
37.
Kemampuan bersikap dan berlaku jujur
,kemauan untuk senantiasa berusaha jujur, dan kebiasaan untuk selalu bersikap
dan berbuat jujur. Ketiga hal tersebut merupakan salah satu aspek dari teori
Linchona (1992) tentang…
A.
Perilaku
moral
B. Sikap
moral
C. Teori
moral
D. Konsep
moral
38.
Kebiasaan untuk selalu bersikap dan
berbuat jujur merupakan contoh dari…
A. Makna
moral kewarganegaraan
B.
Perilaku
moral kewarganegaraan
C. Konsep
moral kewrganegaraan
D. Sikap
moral kewarganegaraan
39. Perhatikan KD 3.4 “menggali informasi
dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.” Bedasarkan KD tersebut, rumusan indicator
pemahaman peserta didik yang tepat adalah…
A. Menuliskan
ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
B.
Menyebutkan
kondisi alam dalam teks dongeng
C. Membaca
teks dongeng dengan nyaring
D. Menyebutkan
pokok pikiran dari teks bacaan
40.
Menguasai materi keilmuan yang meliputi
dimensi pengetahuan,sikap,nilai,perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran
ppkn.
A. Perilaku
kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara
dapat dilaksanakan dalam kegiatan
B.
Menjaga
kemanan lingkungan sekitar
C. Menganalisis
contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa
dan bernegara
D. Mencontoh
perilaku kebersamaan dalam keragaman budaya dalam masyarakat , berbangsa dan
bernegara dapat dilaksanakan dalam kegiatan
41. Media pembelajaran yang tepat untuk
indikator pencapaian kompetensi “mengidentifikasi peristiwa siang dan malam
(cuaca cerah dan hujan) secara lisan.” Adalah ....
a. Teks
tentang peristiwa siang dan malam
b. Video
peristiwa pada siang hari
c. Gambar
cuaca cerah pada siang hari
d.
Video
peristiwa siang dan malam
42. Materi
yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran “memahami dasar pemikiran
tindakan negara dari sumber segala sumber hukum negara” adalah ....
a. Pancasila
sebagai pedoman hidup, sebagai pandangan hidup dan budaya bangsa
b. Pancasila
sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
c.
Pancasila
sebagai dasar negara
d. Pancasila
sebagai ideologi bangsa
43. Salah
satu contoh perilaku yang tergolong pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia dan perlu
mendapat perlindungan misalnya....
a. Seorang
hakim menjatuhkan hukuman mati terhadap bandar narkoba
b. Guru
yang menghukum siswanya yang tidak disiplin
c.
Sorang
direktur yang melarang karyawannya melakukan ibadah
d. Seoang
polisi menembak mati perampok yang melawannya
44. Berikut
ini yang merupakan contoh
penerapan norma agama di lingkungan
keluarga adalah....
a. Ibu
mengajarkan cara berbicara yang sopan kepada anaknya
b.
Ayah
mengajak anggota keluarganya untuk sholat magrib berjamaah
c. Kakak
menegur adiknya yang tidak mentaati nasihat orangtua
d. Andi
dan ana selalu membantu pekerjaan rumah
45. Kegiatan pembelajaran yang sesuai
dengan pendekatan saintifik untuk pengalaman belajar “mengkomunikasikan”
adalah....
a. Siswa
membandingkan pengembangbiakan hewan
b. Siswa
mengamati gambar macam-macam hewan
c. Siswa
brdiskusi tentang pengembangbiakan hewan
d.
Peserta
didik membuat laporan tentang hewan peliharaan di rumah
46. Para
perumus Pancasila dalam
bermusyawarah sangat menghargai perbedaan pendapat. Mereka menjunjung
tinggi....
a. Kerja
keras
b. Egoisme
c. Kesukuan
d.
Toleransi
47. Perhatikan KD 3.2 berikut
“Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.” Berdasarkan KD
tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran. Berikut ini indikator yang
tidaka sesuai dengan KD tersebut adalah....
a. Mengidentifikasi
jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
b. Membedakan
metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
c. Mengidentifikasi
jenis-jenis metamorfosis
d.
Mengamati
jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
48. Aturan
atau ketetuan yang mengikat warga masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan dan pengendali
tingkah laku yang sesuai dan diterima oleh masyarakat disebut....
a. Kebiasaan
b. Hukum
c.
Norma
d. Konstitusi
49. Dalam
hidup berdampingan dengan negara lain, sebagai bangsa yang besar Indonesia
haruslah menunjukan sikap prilaku, antara lain....
a.
Ikut
berperan dalam menjaga perdamaian dunia
b. Ikut
serta menyelesaikan masalah yang terjadi di negara lain
c. Menghargai
hukum yang berlaku di negara lain
d. Terlibat
dalam memberantas teroris internasional
50. Alasan guru mengunakan media dalam
pembelajaran adalah....
a. Tuntutan
kurikulum
b. Keberadaan
media mengurangi beban tugas guru
c.
Media
membantu siswa agarlebih mudah memahami
d. Anjuran
kepala sekolah
51. Kegiatan belajar berikut yang dapat dievaluasi
dengan tes kinerja adalah....
a. Memecahkan
masalah
b.
Melakukan
percobaan
c. Berhitung/matematika
d. Membuat
karya tulis
52. Pendidikan
Pancasila dan kewarganegaraan secara tematik sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran PKn dalam dimensi....
a. sikap,
nilai dan perilaku
b.
pengetahuan,
sikap, nilai dan perilaku
c. pengetahuan
dan sikap
d. nilai,
sikap dan perilaku
53. Perilaku
korupsi dan manipulatif ada di mana-mana. Secara teori semua orang mengajarkan
untuk hidup jujur, akan tetapipada prakteknya justru cenderung menoloka
kejujuran. Ada seseorang yang justru tersingkir dari jabatannya justru karena
ia memilih untuk tetap jujur. Hal tersebut mengindikasikan....
a. Rasa
hormat yang besar kepada orang yang berlaku jujur
b. Pengendalian
diri kita untuk selalu berlaku jujur
c. Rasa
percaya diri yang besar untuk senantiasa berlaku jujur pada orang lain
d.
Kesadaran akan perlunya kejujuran masih rendah
54.. Di dalam tatanan
kehidupan masyarakat terdapat aturan yang mengikat dengan berbagai aturan.
Keunggulan norm ahukum dinading norma-norma yang lain terletak pada....
a. Hukumannya
yang bersifat fisik
b. Luasnya
ruang lingkup berlakunya norma itu
c.
Kekuatan
mengikatnya
d. Kepatuhan
manusia terhadap norma itu
55. Contoh
soal tentang kesadaran perlunya kejujuran merupakan suatu usaha untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang....
a. Definisi
moral
b.
Konsep
moral
c. Perilaku
moral
d. Sikap
moral
56.
Dalam
silabus tertera KD 3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor
persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil
(KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehar-hari.
Materi
yang paling utama untuk KD tersebut adalah....
a.
Menentukan
faktor persekutuan, FPB, kelipatan persekutuan, dan KPK dari dua bilangan
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
b. Faktor
persekutuan, FPB, kelipatan persekutuam, dan KPK
c. Faktor
persekutuan, FPB, kelippatan persekutuan, dan KPK dari dua bilanga berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari
d. Menentukan
faktor persekutuan, FPB, kelipatan persekutuan dan KPK
57.
Untuk
memberikan penguatan, pengayaan dan remedial, maka salah satu prinsip
perancangan RPP yang harus diperhatikan adalah....
a. Penekanan
keterlibatan, keterpaduan kompetensi dasar dan materi pembelajaran serta
indikator pencapaian kompetensi
b.
Pemberian
umpan balik dan tindak lanjut RPP
c. Mengakomodasikan
pembelajara tematik terpadu
d. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
58.
Buku
paket, video, film, bola dunia, grafik dan CD interaktif termasuk jenis sumber
belajar....
a. Pesan
(message)
b. Peralatan
(device)
c.
Bahan
(material)
d. Lingkungan
(setting)
59. Berikut
ini yang merupakan contoh penerapan norma kesopanan di lingkungan sekolah
adalah ....
a. Siswa
yang terbukti mencuri diberi sanksi oleh sekolah
b. Guru
mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran
c.
Siswa
emberikan salam sambi mencium tangan guru
d. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa yang beragama lain untuk beribadah sesuai
dengan kepercayaannya masing-masing
60. Materi
yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran “memahami konsep dasar mengenai
kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa” adalah....
a.
Pancasila
sebagai ideologi bangsa
b. Pancasila
sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
c. Pancasila
sebagai pedoman hidup, sebagai pandangan hidup dan budaya bangsa
d. Pancasila
sebagai dasar negara
61. Salah satu contoh kegiatan guru
melaksanakan proses pembelajaran utamannya pada kegiatan inti yang dapat
membantu peserta didik menginternalisasi nilai-nilai karakter pada tahap
eksplorasi adalah....
a. Menfasiitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik (percaya diri, saling meghargai, mandiri, kerjasama)
b.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (kerjasama, saling menghargai,
peduli lingkungan)
c. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoeh pengalaman belajar yang telah
dilakukan (memahami) kelebihan dan kekurangan diri sendiri)
d. Menfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
aggasan baru baik secara lisan maupun tertulis ( kreatif, percaya diri, kritis,
saling menghargai, santun)
62. Perilaku
kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat dan bernegara dapat
dilaksanakan dalam kegiatan....
a. Mebangun
tempat-tempat ibadah
b. Menjaga
dan menerapkan etika adat
c. Pelaksanaan
upacara adat
d.
Menjaga
keamanan lingkungan
63. Pancasila
sebagai ideologi dan Dasar Negara diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.
Bentuk dan upaya melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam praktek kehidupan
berbangsa dan bernegara tercermin dalam sikap dan perilaku. Pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dilingkungan sekolah antara lain dilaksanakan dengan
cara....
a. Membantu
korban bencana alam
b. Menjaga
keamanan lingkungan setiap saat
c. Menjaga
keamanan lingkungan setiap saat
d.
Mentaati
tata tertib di sekolah
64. Salah satu contoh kegiatan guru dalam
merancang pembelajaran di dalam kelas utamannya pada kegiatan inti, guru memfasilitasi
peserta didik untuk melakukan proses mengamati adalah....
a.
Membuka
secara luas dan bervariasi memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk
melakukan kegiatan melihat, menyimak, mndengar, dan membaca
b. Memberikan
kesempatan peserta didik untuk menemukan pola dari keterkaitan informasi dan
mengambil berbagai kesimpulan dari pola yang ditemukan
c. Membuka
kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang
sudah dilihat, disimak, dibaca, atau dilihat
d. Memberiakn
tugas peserta didik untuk membaca buku yang lebih banyak, memperhatikan
fenomena atau objek yang lebih teliti atau melakukan eksperimen
65. Berikut ini yang merupakan kegiatan pembelajaran PPKn
secara tematik antara lain ...
a. Siswa
mempraktekkan salah satu jenis permainan
b.
Siswa
menyebutkan macam-macam permainan
c.
Siswa
menyebutkan sikap-sikap yang harus dimiliki dalam sebuah permainan
d.
Siswa
menyebutkan salah satu contoh permainan
66. Kegiatan
Pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik untuk pengalaman belajar
“mengumpulkan informasi” adalah peserta didik ....
a.
Membandingkan
berbagai tanaman di lingkungannya
b.
Bercerita
tentang berbagai tanaman di sekitarnya
c.
Melihat
berbagai tanaman di sekitarnya
d. Berdiskusi
tentang berbagai tanaman di sekitarnya
67. Sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara
berdasarkan karakter masyarakat Indonesia
a. Ikut
aktif dalam politik luar negeri
b.
Menolak
sikap individualistik
c.
Menerima
ideologi liberalisme dan sosialisme
d.
Ikut
aktif dan berpartisipasi dalam mempertahankan negara dari ancaman luar negeri
68. Tindakan bijaksana yang sesuai dengan nilai Pancasila
dalam kehidupan bermasyarakat adalah ...
a.
Bermusyawarah
dengan pertimbangan baik buruk
b. Hasil
keputusan diambil secara musyawarah
c.
Menerima
bahwa perbedaan pendapat memang ada
d.
Mempertimbangkan
pendapat orang yang lebih tua
69. Bentuk pelaksanaan demokarasi di Indonesia adalah ...
a. Pemilu
dan pilkada
b.
Penunjukan
langsung
c.
Voting
d.
Parlementer
70. Salah satu nilai juang yang dapat diteladani dari para
perumus Pancasila adalah musyawarah. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?
a.
Menghargai
pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat sendiri
b.
Berjuang
sekuat tenaga untuk memenangkan pendapat yang diyakini kebenarannya
c.
Meninggalkan
pendapat sendiri demi mengharapkan pujian dari orang yang berbeda pendapat
d. Pembahasan
bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah
71. Pancasila sebelum menjadi falsafah dan dasar negara
nilai-nilai dasarnya telah ada dan berasal dari bangsa Indonesia yaitu ...
a. Adat
istiadat, kebudayaan dan nilai-nilai religius
b.
Cerita
pewayangan yang menjadi kebudayaan
c.
Sejarah
kehidupan masa lalu
d.
Ajaran
nenek moyang sejak moyang sejak dahulu kala
72. Media
pembelajaran yang tepat untuk indikator pencapaian kompetensi “mendeskripsikan
daur hidup beberapa jenis makhluk hidup” adalah ...
a. Video
tentang daur hidup kupu-kupu
b.
Video
tentang peristiwa hidup kupu-kupu
c.
Teks
tentang daur hidup kupu-kupu
d.
Gambar
tentang daur hidup kupu-kupu
73. Pada tipe sistem pemerintahan presidensial tugas tugas
pemerintahan dipertanggung jawabkan oleh ...
a.
Presiden
bersama DPR
b.
DPD
c. Presiden
d.
DPR
74. Salah
satu contoh kegiatan guru dalam merancang pembelajaran di kelas utamanya pada
kegiatan inti, guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses menanya
adalah ...
a.
Membuka
secara luwes, bervariasi dan memberi kesempatan bagi peserta didik untuk
melakukan kegiatan melihat, menyimak, mendengar dan membaca
b.
Memberi
tugas peserta didik untuk membaca buku yang lebih banyak, memperhatikan
fenomena atau objek yang lebih teliti, atau melakukan eksperimen
c. Memberi
kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang
sudah dilihat, disimak, dibaca atau dibuat.
d.
Memberi
kesempatan peserta didik untuk menemukan pola dari keterkaitan informasi dan
mengambil berbagai kesimpulan dari pola yang ditemukan
75. Pernyataan yang tidak sesuai dengan rambu-rambu
pelaksanaan demokrasi di Indonesia adalah ...
a. Kebebasan
sepenuhnya dalam menyampaikan pendapat
b.
Mengutamakan
keadilan dan kebebasan dalam pengambilan setiap kebijakan umum
c.
Senantiasa
mempertimbangkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara
d.
Penghormatan
terhadap harkat dan martabat kemanusiaan
76. Dalam
silabus tertera KD 3.4 menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
Materi yang paling utama untuk KD tersebut adalah ...
a.
Organ
peredaran darah, fungsi dan cara memelihara kesehatan pada manusia
b.
Fungsi
dan cara memelihara organ peredaran darah pada hewan dan manusia
c. Organ
peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia
d.
Cara
memelihara kesehatan organ peredaran darah hewan dan manusia
77. Instrumen pada setiap muatan pembelajaran mengacu pada indikator untuk
KD pengetahuan dan keterampilan. Pernyataan di bawah ini yang benar tentang
penilaian ....
a. Penilaian
pengetahuan terdiri dari bentuk soal dan instrumen penilaian
b.
Penilaian
pengetahuan terdiri dari bentuk soal dan lembar observasi
c.
Penilaian
keterampilan terdiri dari instrumen penilaian dan soal
d.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan soal dan alat observasi yang terkait keterampilan
siswa
Posting Komentar untuk "Latihan Soal UKG Modul G Kelas Atas SD"