Latihan Soal UKG Modul G Kelas Atas SD


SOAL UKG MODUL G KELAS ATAS SD

1.      Salah satu langkah dalam pengembangan RPP yang tepat adalah…
A.    Analisis KI dan KD untuk menetapkan model pembelajaran
B.     Analisis KI dan KD untuk menetapkan materi pembelajaran
C.    Analisis KI dan KD untuk menetapkan IPK
D.    Analisis KI dan KD untuk menetapkan tujuan pembelajaran
2.      Empati kita terhadap orang yang jujur. Cinta kita terhadap kejujuran dan pengendalian diri kita untuk selalu berlaku jujur termasuk…
A.    Cita-cita moral
B.     Prilaku moral
C.     Konsep moral
D.    Sikap moral
3.      Tindakan yang dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan perilaku kebersamaan dalam keragaman budaya pada kelas yang heterogen adalah….
A.    Membentuk kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman suku
B.     Membentuk kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman intelegensi
C.     Membentuk kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman gender
D.    Membentuk kelompok kerja siswa dengan memperhatikan keragaman ekonomi
4.      Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa dan petunjuk atas semua kegiatan hidup dan penghidupan bangsa Indonesia diberbagai aspek kehidupan masyarakat dan bangsa. Pernyataan ini merupakan pembuktian pancasila sebagai…
A.    Perjanjian luhur bangsa Indonesia
B.     Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
C.    Pandangan hidup bangsa Indonesia
D.    Kepribadian bangsa Indonesia
5.      Prilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara tercermin…..
A.    Pada pengetahuan dimana lebih ditekankan pada aspek sikap dalam keseharian
B.     Pada pengetahuan ,sikap, nilai dan prilaku yang Nampak dalam keseharian
C.     Pada pengetahuan dimana lebih ditekankan pada perilaku keseharian
D.    Pada penetahuan dimana lebih ditekankan aspek nilai dalam keseharian
6.      Menurut UU No.12 tahun 2006 tentang kewarganegaraan Republik Indonesia, orang yang menjadi warga negara Indonesia (WNI) kecuali..
A.    Anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibu Warga Negara Asing (WNA) atau sebaliknya
B.     Anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNI
C.     Anak yang llahir dari perkawinan yang sah dari ayah dan ibu WNI
D.    Setiap orang yang sebelum berlakunya UU tersebut telah tinggal di Indonesia
7.      Sumber belajar adalah rujukan , objek dan atu bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran , sumber belajar yang termasuk media cetak adalah..
A.    Buku,majalah,kaset, dan lembear kerja peserta didik
B.     Buku, majalah,jurnal, dan rekaman video
C.    Buku,majalah,jurnal,dan lembar kerja peserta didik
D.    Buku ,situs sejarah, jurnal,dan lembar kerja peserta didik
8.      Berikut ini adalah contoh sikap/perilaku yang mencerminkan cinta tanah air dan bela Negara adalah…
A.    Orang yang berobat ke luar negri
B.     Jemaah haji yang pergi ketanah suci
C.    Olahragawan yang bertanding di luar negri yang mewakili Negara
D.    TKI yang bekerja di luar negri
9.      Kepatuhan masyarakat terhadap norma, kebiasaan,adat istiadat dan peraturan yang berlaku akan mewujudkan…
A.    Keadilan sosial
B.     Kepastian hukum
C.    Ketertiban dalam masyarakat
D.    Kebahagiaan dalam masyarakat
10.  Pengamalan sila ketuhanan Yang Maha Esa wajib ditunjukan dalam bentuk perbuatan sehari-hari sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing kecuali..
A.    Menunjukan dalam arti berbuat kasih sayang pada sesama manusia dan sesama anggota keluarga
B.     Hidup rukun dengan tetangga tidak menjadi tetangga yang “berisik” hidup rukun denan masyarakat dimana kita hidup dan berdomisili
C.     Memberi bantuan kepada fakir miskin, orang-orang lanjut usia, panti asuhan dan korban bencan alam
D.    Tidak bertindak kejam kepada makhluk hidup ,binatang, menembak burung semena-mena. Memelihara hewan dan memperlakukannya dengan baik
11.  Dalam silabus tertera KD 3.5 Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa,dimana,kapan,siapa,menggapa dan bagaimana.
Materi yang paling utama untuk KD tersebut adalah…
A.    Menyajikan teks narasi sejarah dengan bahasa lisan dan tulis
B.     Menggali informasi penting dengan menggunakan kata Tanya
C.     Menyajikan teks narasi sejarah dengan menggunakan kata Tanya
D.    Menggali informasi dari teks narasi sejarah dengan bahasa lisan dan tulis
12.  Salah satu contoh kegiatan guru dalam merancang pembelajaran didalam kelas utamanya dalam kegiatan inti,guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses pengumpulan informasi /mencoba adalah…
A.    Memberi kesempatan peserta didik nutuk menemukan pola dari keterkaitan informasi dan mengambil berbagai kesimpulan dari pola yang ditemukan
B.     Membuka secara luas dan bervariasi mmmmmmemberi kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan melihat, menyimak ,mendengar dan membaca
C.     Memberi kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat , disimak, di baca atau dilihat
D.    Memberi tugas peserta didik untuk membaca buku yang lebih banyak ,memperhatikan fenomean atau objek yang lebih teliti ,atau melakukan eksperimen
13.    Keputusan bersama harus mewakili kepentingan…
A.    Pihak tertentu
B.     Organisasi tertentu
C.     Sebagian anggota
D.    Seluruh anggota rapat
14.  Contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat di sekitar kita tercermin dalam …
A.    Bekerjasama dalam pembuatan tempat ibadah
B.     Bekerjasama dalam acara ibadah keagamaan
C.     Kerjasama dalam penyelesaian masalah dalam agama
D.    Bergotongroyong dalam membuat jalan umum
15.  Dalam mengembangkan kompetensi kepribadian , apabila ada siswa yang bertanya dan Anda kurang menguasai materi tersebut.Maka reaksi Anda seharusnya…
A.    Meminta siswa lain untuk menjawabnya
B.     Menangguhkan jawabannya
C.     Memberitahukan bahwa materi itu tidak dibahas sekarang
D.    Mengatakan terus terang bahwa belum menguasai materi tersebut
16.  Maraknya kasus korupsi di Indonesia merupakan salah satu indikasi dari…
A.    Oknum tersebut belum memahami manfaat dari konsep kejujuran dalam kehidupan
B.     Oknum tersebut belum mengetahui  konsep kejujuran dalam kehidupan
C.     Oknum tersebut sudah menerapkan konsep jujur dalam kehidupannua
D.    Oknum tersebut belum menerapkan kejujuran dalam kehidupan
17.  Penggunaan media dikatakan efektif apabila dapat…
A.    Meningkatkan pencapaian hasil belajar
B.     Membantu guru mempercepat materi
C.     Meningkatkan motivasi siswa melalui bermain
D.    Menyelesaikan materi agar melebihi target
18.  Dalam menyelesaikan soal KPK dalam kelompok, sikap apa yang perlu dimiliki masing-masing anggota kelompok?
A.    Hanya mengerjakan soal yang mudah
B.     Selalu bertanya
C.    Kerjasama dan tanggung jawab
D.    Selalu menurut jika disuruh
19.  Sila keempat pancasila mengandung makna?
A.    Masyarakat Indonesia terkenal dengan kehidupan yang rukun dan saling menolong
B.     Masyarakat Indonesia memilih demokrasi pancasila
C.     Masyarakat Indonesia menjalankan demokrasi dengan memilih wakilnya di DPR
D.    Masyrakat Indonesia terkenal senang bermusyawarah
20.  Contoh sikap yang tidak menunjukan rasa cinta tanah air dan bangsa ditunjukan dengan cara…
A.    Senang mempelajari budaya barat
B.     Taat membayar pajak bumi dan bangunan
C.     Bangga menggunakan produk dalam negri
D.    Senang mempelajari budaya nusantara
21.  Salah satu contoh kegiatan guru melaksanakan proses pembelajaran utamanya pada kegiatan inti yang dapat membantu peserta didik menginternalisasi nilai-nilai karakter pada tahap elaborasi adalah…
A.    Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru,lingkungan, dan sumber belajar lainnya (kerjasama,saling menghargai,peduli lingkungan)
B.     Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh mengalaman belajar yang telah dilakukan (memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri)
C.    Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,diskusi,dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis(kreatif,percaya diri ,kritis, saling menghargai,santun)
D.    Memfasilitasi peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber (mandiri,berfikir,logis,kreatif,kerjasama)
22.  Contoh perilaku yang menggambarkan perlindungan HAM dalam kehidupan sehari-hari adalah…
A.    Menghsrgsi pendspst orsng lain yang berbeda dengan kita
B.     Memberi perlindungan pada pendidik yang dituduh main hakim sendiri pada siswanya
C.     Memberi sedekah kepada pengemis
D.    Menghormati orang yang tidak pakai helem pada saat mengendarai motor
23.  Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik untuk pengalaman belajar “menalar” adalah…
A.    Peserta didik mendengarkan bemacam-macan suara hewan
B.     Peserta didik bercerita tentang hewan peliharaan
C.    Peserta didik membandingkan hewan peliharaan dan hewan buas
D.    Peserta didik menggambar macam-macam hewan
24.  Pengendalian diri kita untuk selalu berlaku jujur merupakan contoh…
A.    Sikap moral kewarganegaraan
B.     Makna moral kewarganegaraan
C.     Prilaku moral kewarganegaraan
D.    Konsep moral kewarganegaraan
25.  Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah…
A.    Keaktifan siswa menulis karangan
B.     Kemampuan siswa mendalami materi
C.     Keterampilan siswa menulis cerita
D.    Keaktifan siswa belajar di kelas
26.  Perhatika KD 3.1 berikut “menjelasakn bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya”. Berdasarkan KD tersebut, rumusan indicator pembelajaran yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah…
A.    Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh tumbuhan
B.     Melakukan percobaan bentuk luar organ tubuh tumbuhan
C.     Melakukan pengamatan bentuk luar organ tubuh tumbuhan
D.    Menjelaskan susunan bentuk luar organ tunuh tumbuhan
27.  Hubungan dasar Negara pancasila dengan konstitusi (UUD 1945 ) dapat dikaji melalui …
A.    Dalam pasal 23 ayat 1 UUD 1945
B.     Alinea kedua dari pancasila
C.     Dalam batang tubuh UUD 1945
D.    Pembukaan dan pasal-pasal UUD 1945
28.  Berikut ini merupakan contoh moral kewarganegaraan , kecuali…
A.    Empati kita terhadap orang yang jujur
B.     Kesadaran perlunya kejujuran
C.     Cinta kita terhadap kejujuran
D.    Rasa percaya diri kita untuk senantiasa berlaku jujur pada orang lain
29.  Pancasila sebagai ideology dan Dasar Negara diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari . Bentuk dan upaya melaksakan nilai-nilai pancasila dalam praktek kehidupan berbangsa dan benegara tercermin dalam sikap dan perilaku…Pelaksanaan nilai-nilai pancasila dilingkungan sekolah antara lain dilaksanakan dengan cara…
A.    Menjaga keamanan lingkungan setiap saat
B.     Membantu korban bencana alam
C.     Menjaga keamanan lingkungan setiap saat
D.    Mentaati tata tertib sekolah
30.  Media pembelajaran yang tepat untuk indicator pencapaian kompetensi “ mengidentifikasi bahan dan alat yang digunakan untuk teknik mencetak dengan tepat” adalah…
A.    Krayon dan foto peserta didik
B.     Potongan buah apel dan gambar pohon apel
C.     Pelepah pisang dan buah manga
D.    Potongan buah belimbing dan pelepah pisang
31.  Berikut ini yang merupakan contoh penerapan norma hukum di lingkungan masyarakat adalah…
A.    Warga memberikan kesempatan untuk warga yang berlainan agama untuk beribadah
B.     Warga menjenguk tetangga yang sedang sakit
C.    Warga yang terbukti mencuri dihukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku
D.    Warga saling bergotong royong untuk membangun jalan
32.  Dalam menyelesaikan yang menganut demokrasi pancasila,maka masalah yang menyangkut kepentingan bersama mengedepankan cara…
A.    Musyawarah mufakat
B.     Harus menyelesaikan melalui jalur hukum
C.     Presiden
D.    Menyerahkan kepada pihak yang bersengketa
33.  Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran , hal-hal yang harus diperhatikan guru adalah …
A.    Menyusun kriteria penilaian,lembar pengamatan,contoh soal dan teknik penskoran
B.     Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok pembelajaran yang terdapat dalam silabus
C.     Menentukan alat,bahan,sumber belajar yang digunakan
D.    Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
34.  Contoh perilaku cinta tanah air serta bela Negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesia adalah…
A.    Senang menggunakan produk luar negri Karen lebih tinggi kualitasnya
B.     Mengundang investor asing untuk membuka usahanya di Indonesia
C.    Mencintai dan menggunakan produk dalam negri agar pengusaha local bias maju
D.    Melarang orang asing untuk berjkunjung ke indonesia 
35.  Pemilihan media dalam pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan…
A.    Kesesuaian kelengkapan dan kualitas media
B.     Kecanggihan media dengan paradigma pembelajaran
C.     Kesesuaian media dengan paradigma pembelajaran
D.    Kesesuain media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswa
36.  Contoh perilaku berdasarkan moral kewarganegaraan antara lain…
A.    Kebiasaan untuk selalu bersikap dan berbuat jujur
B.     Kesadaran perlunya kejujuran
C.     Kata hati kita tentang kejujuran
D.    Cinta kita terhadap kejujuran
37.  Kemampuan bersikap dan berlaku jujur ,kemauan untuk senantiasa berusaha jujur, dan kebiasaan untuk selalu bersikap dan berbuat jujur. Ketiga hal tersebut merupakan salah satu aspek dari teori Linchona (1992) tentang…
A.    Perilaku moral
B.     Sikap moral
C.     Teori moral
D.    Konsep moral
38.  Kebiasaan untuk selalu bersikap dan berbuat jujur merupakan contoh dari…
A.    Makna moral kewarganegaraan
B.     Perilaku moral kewarganegaraan
C.     Konsep moral kewrganegaraan
D.    Sikap moral kewarganegaraan
39.  Perhatikan KD 3.4 “menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.” Bedasarkan KD tersebut, rumusan indicator pemahaman peserta didik yang tepat adalah…
A.    Menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
B.     Menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng
C.     Membaca teks dongeng dengan nyaring
D.    Menyebutkan pokok pikiran dari teks bacaan
40.  Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan,sikap,nilai,perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran ppkn.
A.    Perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara dapat dilaksanakan dalam kegiatan
B.     Menjaga kemanan lingkungan sekitar
C.     Menganalisis contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara
D.    Mencontoh perilaku kebersamaan dalam keragaman budaya dalam masyarakat , berbangsa dan bernegara dapat dilaksanakan dalam kegiatan
41.  Media pembelajaran yang tepat untuk indikator pencapaian kompetensi “mengidentifikasi peristiwa siang dan malam (cuaca cerah dan hujan) secara lisan.” Adalah ....
a.       Teks tentang peristiwa siang dan malam
b.      Video peristiwa pada siang hari
c.       Gambar cuaca cerah pada siang hari
d.      Video peristiwa siang dan malam
42.  Materi yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran “memahami dasar pemikiran tindakan negara dari sumber segala sumber hukum negara” adalah ....
a.       Pancasila sebagai pedoman hidup, sebagai pandangan hidup dan budaya bangsa
b.      Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
c.       Pancasila sebagai dasar negara
d.      Pancasila sebagai ideologi bangsa
43.  Salah satu contoh perilaku yang tergolong pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia dan perlu mendapat perlindungan misalnya....
a.       Seorang hakim menjatuhkan hukuman mati terhadap bandar narkoba
b.      Guru yang menghukum siswanya yang tidak disiplin
c.       Sorang direktur yang melarang karyawannya melakukan ibadah
d.      Seoang polisi menembak mati perampok yang melawannya
44.  Berikut ini yang merupakan contoh penerapan norma agama di lingkungan keluarga adalah....
a.       Ibu mengajarkan cara berbicara yang sopan kepada anaknya
b.      Ayah mengajak anggota keluarganya untuk sholat magrib berjamaah
c.       Kakak menegur adiknya yang tidak mentaati nasihat orangtua
d.      Andi dan ana selalu membantu pekerjaan rumah
45.  Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik untuk pengalaman belajar “mengkomunikasikan” adalah....
a.       Siswa membandingkan pengembangbiakan hewan
b.      Siswa mengamati gambar macam-macam hewan
c.       Siswa brdiskusi tentang pengembangbiakan hewan
d.      Peserta didik membuat laporan tentang hewan peliharaan di rumah
46.  Para perumus Pancasila dalam bermusyawarah sangat menghargai perbedaan pendapat. Mereka menjunjung tinggi....
a.       Kerja keras
b.      Egoisme
c.       Kesukuan
d.      Toleransi
47.  Perhatikan KD 3.2 berikut “Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.” Berdasarkan KD tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran. Berikut ini indikator yang tidaka sesuai dengan KD tersebut adalah....
a.       Mengidentifikasi jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
b.      Membedakan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
c.       Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis
d.      Mengamati jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
48.  Aturan atau ketetuan yang mengikat warga masyarakat, dipakai  sebagai panduan, tatanan dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan diterima oleh masyarakat disebut....
a.       Kebiasaan
b.      Hukum
c.       Norma
d.      Konstitusi
49.  Dalam hidup berdampingan dengan negara lain, sebagai bangsa yang besar Indonesia haruslah menunjukan sikap prilaku, antara lain....
a.      Ikut berperan dalam menjaga perdamaian dunia
b.      Ikut serta menyelesaikan masalah yang terjadi di negara lain
c.       Menghargai hukum yang berlaku di negara lain
d.      Terlibat dalam memberantas teroris internasional
50.  Alasan guru mengunakan media dalam pembelajaran adalah....
a.       Tuntutan kurikulum
b.      Keberadaan media mengurangi beban tugas guru
c.       Media membantu siswa agarlebih mudah memahami
d.      Anjuran kepala sekolah
51.  Kegiatan belajar berikut yang dapat dievaluasi dengan tes kinerja adalah....
a.       Memecahkan masalah
b.      Melakukan percobaan
c.       Berhitung/matematika
d.      Membuat karya tulis
52.  Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan secara tematik sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PKn dalam dimensi....
a.       sikap, nilai dan perilaku
b.      pengetahuan, sikap, nilai dan perilaku
c.       pengetahuan dan sikap
d.      nilai, sikap dan perilaku
53.  Perilaku korupsi dan manipulatif ada di mana-mana. Secara teori semua orang mengajarkan untuk hidup jujur, akan tetapipada prakteknya justru cenderung menoloka kejujuran. Ada seseorang yang justru tersingkir dari jabatannya justru karena ia memilih untuk tetap jujur. Hal tersebut mengindikasikan....
a.       Rasa hormat yang besar kepada orang yang berlaku jujur
b.      Pengendalian diri kita untuk selalu berlaku jujur
c.       Rasa percaya diri yang besar untuk senantiasa berlaku jujur pada orang lain
d.      Kesadaran akan perlunya kejujuran masih rendah
54.. Di dalam tatanan kehidupan masyarakat terdapat aturan yang mengikat dengan berbagai aturan. Keunggulan norm ahukum dinading norma-norma yang lain terletak pada....
a.       Hukumannya yang bersifat fisik
b.      Luasnya ruang lingkup berlakunya norma itu
c.       Kekuatan mengikatnya
d.      Kepatuhan manusia terhadap norma itu

55.  Contoh soal tentang kesadaran perlunya kejujuran merupakan suatu usaha untuk mengetahui pemahaman siswa tentang....
a.       Definisi moral
b.      Konsep moral
c.       Perilaku moral
d.      Sikap moral

56.              Dalam silabus tertera KD 3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehar-hari.
Materi yang paling utama untuk KD tersebut adalah....
a.      Menentukan faktor persekutuan, FPB, kelipatan persekutuan, dan KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
b.      Faktor persekutuan, FPB, kelipatan persekutuam, dan KPK
c.       Faktor persekutuan, FPB, kelippatan persekutuan, dan KPK dari dua bilanga berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
d.      Menentukan faktor persekutuan, FPB, kelipatan persekutuan dan KPK

57.              Untuk memberikan penguatan, pengayaan dan remedial, maka salah satu prinsip perancangan RPP yang harus diperhatikan adalah....
a.       Penekanan keterlibatan, keterpaduan kompetensi dasar dan materi pembelajaran serta indikator pencapaian kompetensi
b.      Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP
c.       Mengakomodasikan pembelajara tematik terpadu
d.      Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

58.              Buku paket, video, film, bola dunia, grafik dan CD interaktif termasuk jenis sumber belajar....
a.       Pesan (message)
b.      Peralatan (device)
c.       Bahan (material)
d.      Lingkungan (setting)

59.  Berikut ini yang merupakan contoh penerapan norma kesopanan di lingkungan sekolah adalah ....
a.       Siswa yang terbukti mencuri diberi sanksi oleh sekolah
b.      Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran
c.       Siswa emberikan salam sambi mencium tangan guru
d.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang beragama lain untuk beribadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing

60.  Materi yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran “memahami konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa” adalah....
a.      Pancasila sebagai ideologi bangsa
b.      Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
c.       Pancasila sebagai pedoman hidup, sebagai pandangan hidup dan budaya bangsa
d.      Pancasila sebagai dasar negara

61.  Salah satu contoh kegiatan guru melaksanakan proses pembelajaran utamannya pada kegiatan inti yang dapat membantu peserta didik menginternalisasi nilai-nilai karakter pada tahap eksplorasi adalah....
a.       Menfasiitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik (percaya diri, saling meghargai, mandiri, kerjasama)
b.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
c.       Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoeh pengalaman belajar yang telah dilakukan (memahami) kelebihan dan kekurangan diri sendiri)
d.      Menfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan aggasan baru baik secara lisan maupun tertulis ( kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)

62.  Perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat dan bernegara dapat dilaksanakan dalam kegiatan....
a.       Mebangun tempat-tempat ibadah
b.      Menjaga dan menerapkan etika adat
c.       Pelaksanaan upacara adat
d.      Menjaga keamanan lingkungan

63.  Pancasila sebagai ideologi dan Dasar Negara diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk dan upaya melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara tercermin dalam sikap dan perilaku. Pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dilingkungan sekolah antara lain dilaksanakan dengan cara....
a.       Membantu korban bencana alam
b.      Menjaga keamanan lingkungan setiap saat
c.       Menjaga keamanan lingkungan setiap saat
d.      Mentaati tata tertib di sekolah

64.  Salah satu contoh kegiatan guru dalam merancang pembelajaran di dalam kelas utamannya pada kegiatan inti, guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses mengamati adalah....
a.      Membuka secara luas dan bervariasi memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan melihat, menyimak, mndengar, dan membaca
b.      Memberikan kesempatan peserta didik untuk menemukan pola dari keterkaitan informasi dan mengambil berbagai kesimpulan dari pola yang ditemukan
c.       Membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca, atau dilihat
d.      Memberiakn tugas peserta didik untuk membaca buku yang lebih banyak, memperhatikan fenomena atau objek yang lebih teliti atau melakukan eksperimen
65.  Berikut ini yang merupakan kegiatan pembelajaran PPKn secara tematik antara lain ...
a.      Siswa mempraktekkan salah satu jenis permainan
b.      Siswa menyebutkan macam-macam permainan
c.       Siswa menyebutkan sikap-sikap yang harus dimiliki dalam sebuah permainan
d.      Siswa menyebutkan salah satu contoh permainan

66.  Kegiatan Pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik untuk pengalaman belajar “mengumpulkan informasi” adalah peserta didik ....
a.       Membandingkan berbagai tanaman di lingkungannya
b.      Bercerita tentang berbagai tanaman di sekitarnya
c.       Melihat berbagai tanaman di sekitarnya
d.      Berdiskusi tentang berbagai tanaman di sekitarnya

67.  Sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesia
a.      Ikut aktif dalam politik luar negeri
b.      Menolak sikap individualistik
c.       Menerima ideologi liberalisme dan sosialisme
d.      Ikut aktif dan berpartisipasi dalam mempertahankan negara dari ancaman luar negeri

68.  Tindakan bijaksana yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat adalah ...
a.       Bermusyawarah dengan pertimbangan baik buruk
b.      Hasil keputusan diambil secara musyawarah
c.       Menerima bahwa perbedaan pendapat memang ada
d.      Mempertimbangkan pendapat orang yang lebih tua

69.  Bentuk pelaksanaan demokarasi di Indonesia adalah ...
a.      Pemilu dan pilkada
b.      Penunjukan langsung
c.       Voting
d.      Parlementer

70.  Salah satu nilai juang yang dapat diteladani dari para perumus Pancasila adalah musyawarah. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?
a.       Menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat sendiri
b.      Berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan pendapat yang diyakini kebenarannya
c.       Meninggalkan pendapat sendiri demi mengharapkan pujian dari orang yang berbeda pendapat
d.      Pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah

71.  Pancasila sebelum menjadi falsafah dan dasar negara nilai-nilai dasarnya telah ada dan berasal dari bangsa Indonesia yaitu ...
a.      Adat istiadat, kebudayaan dan nilai-nilai religius
b.      Cerita pewayangan yang menjadi kebudayaan
c.       Sejarah kehidupan masa lalu
d.      Ajaran nenek moyang sejak moyang sejak dahulu kala

72.  Media pembelajaran yang tepat untuk indikator pencapaian kompetensi “mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis makhluk hidup” adalah ...
a.      Video tentang daur hidup kupu-kupu
b.      Video tentang peristiwa hidup kupu-kupu
c.       Teks tentang daur hidup kupu-kupu
d.      Gambar tentang daur hidup kupu-kupu

73.  Pada tipe sistem pemerintahan presidensial tugas tugas pemerintahan dipertanggung jawabkan oleh ...
a.       Presiden bersama DPR
b.      DPD
c.       Presiden
d.      DPR

74.  Salah satu contoh kegiatan guru dalam merancang pembelajaran di kelas utamanya pada kegiatan inti, guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses menanya adalah ...
a.       Membuka secara luwes, bervariasi dan memberi kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan melihat, menyimak, mendengar dan membaca
b.      Memberi tugas peserta didik untuk membaca buku yang lebih banyak, memperhatikan fenomena atau objek yang lebih teliti, atau melakukan eksperimen
c.       Memberi kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca atau dibuat.
d.      Memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan pola dari keterkaitan informasi dan mengambil berbagai kesimpulan dari pola yang ditemukan

75.  Pernyataan yang tidak sesuai dengan rambu-rambu pelaksanaan demokrasi di Indonesia adalah ...
a.      Kebebasan sepenuhnya dalam menyampaikan pendapat
b.      Mengutamakan keadilan dan kebebasan dalam pengambilan setiap kebijakan umum
c.       Senantiasa mempertimbangkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara
d.      Penghormatan terhadap harkat dan martabat kemanusiaan
76.  Dalam silabus tertera KD 3.4 menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
Materi yang paling utama untuk KD tersebut adalah ...
a.       Organ peredaran darah, fungsi dan cara memelihara kesehatan pada manusia
b.      Fungsi dan cara memelihara organ peredaran darah pada hewan dan manusia
c.       Organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia
d.      Cara memelihara kesehatan organ peredaran darah hewan dan manusia
77. Instrumen pada setiap muatan pembelajaran mengacu pada indikator untuk KD pengetahuan dan keterampilan. Pernyataan di bawah ini yang benar tentang penilaian ....
a.      Penilaian pengetahuan terdiri dari bentuk soal dan instrumen penilaian
b.      Penilaian pengetahuan terdiri dari bentuk soal dan lembar observasi
c.       Penilaian keterampilan terdiri dari instrumen penilaian dan soal
d.      Penilaian keterampilan dilakukan dengan soal dan alat observasi yang terkait keterampilan siswa

Posting Komentar untuk "Latihan Soal UKG Modul G Kelas Atas SD"