Pedoman dan Juknis Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Tahun 2019

Assalamualaikum Wr. Wb. Sahabat ....
Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di tahun 2019, Kemdikbud melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menyelenggarakan Program Peningkatan Kompentensi Pembelajaran (PKP). Pelaksanaan program ini dilakukan berbasis zonasi. Zonasi yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan kelompok kerja guru yang ada di wilayah seperti  Pusat Kegiatan Guru (PKG) untuk jenjang TK, Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk jenjang SD, Musyawarah Guru Bimbingan dan Pembelajaran (MGMP) untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK. Mungkin untuk program PKP ini masih banyak yang bertanya, apa itu PKP? Apa berbedaan dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di tahun 2018 dan bagaimana pelaksanaan Program PKP tahun 2019. Dalam postingan kali ini, saya akan mencoba untuk sedikit memaparkan gambaran umumnya kepada Sahabat sekalian.


Apa itu Program PKP?


Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Pelaksanaan PKP ini berorientasi pada Higher Other Thingking Skill (HOTS).

Dalam program PKP ini guru akan dibekali dengan kemampuan, bagaimana membuat perencanaan pembelajaran (RPP) yang  berorientasi HOTS, melaksanakan pembelajaran berorientasi HOTS, dan melaksanakan penilaian yang juga berorientasi HOTS. Guru-guru yang memiliki kompetensi lebih atau dengan nilai UKG tinggi akan digunakan sebagai Narasumber/Instruktur/Guru Inti Program PKP Tahun 2019 ini.


Perbedaan PKP dengan PKB 2017-2018


Di tahun 2017-2018, kita mengenal adanya program PKB bagi peningkatan kompetensi guru. Di tahun 2019 dengan akan dilaksanakannya program PKP, tentu banyak yang bertanya apa perbedaan PKP dengan PKB. Berikut merupakan dua perbedaan utama PKP 2019 dengan  PKB 2017-2018 :
  1. PKB 2017-2018 (Program Diklat Guru) berorientasi pada peningkatan kompetensi pedagogik dan substansi/profesional guru, sedangkan PKP tahun 2019 berorientasi pada peningkatan kompetensi pembelajaran (How to teach)
  2. PKB 2017-2018 (Program Diklat Guru) berbasis pada hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015, sedangkan PKP Tahun 2019 berbasis pada hasil UN dan USBN.

Pedoman Program PKP Tahun 2019


Sebagai pedoman pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan PKP Tahun 2019, Dirjen GTK mengeluarkan Pedoman PKP Tahun 2019. Pedoman ini memuat:

  1. Program PKP
  2. Pelaksanaan PKP 
  3. Penilaian, Sertifikat, dan Pelaporan PKP
  4. Standar Penyelenggaraan PKP
  5. Penjaminan Mutu PKP
  6. Berbagai format penilaian pelaksanaan PKP

Bagi yang ingin memiliki Pedoman Program PKP Tahun 2019, bisa diunduh melalui link yang tersedia di bawah ini.

Juknis Program PKP Tahun 2019


Selain mengeluarkan Pedoman PKP Tahun 2019, Dirjen GTK juga mengeluarkan Petunjuk Teknis (Juknis) Program PKP Tahun 2019. Juknis PKP Tahun 2019 memuat:

BAB I PENDAHULUAN

BAB II GAMBARAN UMUM PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI

BAB III PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM ZONASI

BAB IV MONITORING, EVALUASI, SERTIFIKAT DAN PELAPORAN

BAB V PENUTUP

LAMPIRAN


Petunjuk Teknis Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) bisa diunduh melalui link yang tersedia di bawah ini.



Buku Pegangan Pembekalan Program PKP Bagi Narasumber, Instruktur, dan Guru Inti


Bagi yang terpilih/terpanggil oleh penyelenggara sebagai Narasumber (NS), Instruktur (IN) ataupun Guru Inti (GI) Program PKP Tahun 2019, berikut ini merupakan Buku Pegangan Pembekalan program PKP Bagi Narasumber, Instruktur, dan Guru Inti. Di dalam Buku Pegangan ini memuat materi:

KEGIATAN PEMBELAJARAN
  1. Topik Umum
  2. Topik Pokok
  3. Topik Penunjang
LEMBAR KERJA DAN RUBRIK

Buku Pegangan Pembekalan Bagi NS, IN dan GI bisa diunduh melalui link di bawah ini.



Sahabat, demikian informasi mengenai Program PKP bagi Guru Tahun 2019. Semoga bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Jika berkenan, silahkan dibagikan kepada Sahabat-sahabat guru lainnya.

Salam.
Sony, Juli 2019

1 komentar untuk "Pedoman dan Juknis Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Tahun 2019"

  1. terima kasih postinganya sangat membantu, kami bergerak pengembangan aplikasi absensi fingerprint sms gateway terintegrasi dengan nomor hp ortu, untuk lebih lanjut silahkan kunjungi website kami www.schoolmantic.com

    BalasHapus