Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)
merupakan program yang diluncurkan oleh Kemendikbud di tahun 2019 ini. Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen
GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas
lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang
menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat
tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat
tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat
kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan
melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh
seorang guru professional.
Guru profesional memegang peranan yang sangat
penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa
30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka
guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan
keprofesian berkelanjutan. Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan
kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program
Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya
memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan
berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya
wilayah Indonesia. Zonasi diperlukan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman
mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat
berjalan secara masif dan tepat sasaran.
Kumpulan Materi PKP Guru SD tahun 2019 tertuang
dalam Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan
Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Unit Pembelajaran ini disusun
berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar, serta analisis soal-soal Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar
Nasional (USBN). UN dan USBN merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari
sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar
dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah
yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Hasil pengukuran capaian siswa
berdasar UN ternyata selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun
2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir
tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisis,
dan mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan
pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi
(Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Berikut ini merupakan Kumpulan Materi PKP
Guru SD tahun 2019.
Demikian informasi mengenai materi PKP Bagi Guru SD Tahun 2019.
Semoga bermanfaat. Amin
Salam
Sony, Juli 2019
Posting Komentar untuk "Kumpulan Materi PKP Tahun 2019 untuk Guru SD"