PART 1 Soal Tes Akhir Modul (TAM) Pedagogik PPG Kemenag Guru Kelas MI

PART 1 Soal Tes Akhir Modul (TAM) Pedagogik PPG Kemenag Guru Kelas MI


Selamat datang di blog pendidikan BPI Abad 21! Dalam artikel ini, kami sajikan Part 1 25 soal lengkap Tes Akhir Modul (TAM) Pedagogik PPG Kemenag untuk Guru Kelas MI. Setiap soal dilengkapi dengan pilihan jawaban, kunci jawaban, serta penjelasan mendalam agar pembaca dapat memahami konsep pedagogik secara komprehensif.

Artikel ini sangat cocok bagi Anda yang sedang:

  • Mempersiapkan ujian TAM PPG Kemenag 2025

  • Mengulas kembali materi pedagogik PPG

  • Menyusun latihan soal bagi rekan sejawat


📘 Petunjuk Penggunaan

  • Bacalah setiap soal dengan saksama

  • Pahami penjelasan untuk memperkuat pemahaman konsep

  • Gunakan artikel ini sebagai bahan belajar mandiri atau kelompok


✅ Kumpulan Soal TAM Pedagogik PPG Guru Kelas MI PART 1

Berikut ini adalah soal nomor 1 sampai 25, lengkap dengan jawaban dan penjelasan.


Soal Nomor 1

Pertanyaan:
Dalam pelajaran IPS kelas 6, Bu Lestari meminta siswa menganalisis faktor-faktor penyebab kemacetan di kota mereka. Siswa diminta untuk mencari data dari berita atau melakukan observasi, lalu menyusun laporan yang berisi solusi untuk mengurangi kemacetan. Model PBL cocok untuk pembelajaran ini dikarenakan ...
Pilihan Jawaban:
A. Memungkinkan siswa mengalami masalah nyata dan mencari solusi sendiri
B. Mengurangi waktu diskusi agar siswa lebih cepat memahami teori
C. Membantu siswa menghafal faktor penyebab kemacetan
D. Mengarahkan siswa pada satu jawaban yang sudah ditentukan
E. Mengurangi kebutuhan siswa untuk berpikir kritis
Kunci Jawaban: A
Penjelasan:
Model Problem Based Learning (PBL) menekankan pada keterlibatan siswa dalam menyelesaikan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam kasus ini, siswa diminta mengobservasi dan menganalisis masalah kemacetan dan mencari solusi — sesuai dengan prinsip utama PBL.


Soal Nomor 2

Pertanyaan:
Dalam pelajaran IPA kelas 4, Anda meminta siswa untuk mencari tahu mengapa air hujan yang jatuh ke tanah bisa terserap dan sebagian mengalir ke sungai. Siswa diberikan waktu untuk melakukan eksperimen kecil dengan tanah, pasir, dan batu untuk memahami konsep daya serap tanah. Tahapan yang dilakukan dalam model PBL ini adalah ...
Pilihan Jawaban:
A. Mengumpulkan data dan mengeksplorasi informasi
B. Menghafal teori sebelum melakukan eksperimen
C. Mencari jawaban dari buku tanpa eksplorasi
D. Guru langsung memberikan penjelasan tentang daya serap tanah
E. Siswa menulis laporan tanpa melakukan eksperimen
Kunci Jawaban: A
Penjelasan:
Eksperimen siswa untuk memahami daya serap tanah menunjukkan tahap eksplorasi dan pengumpulan informasi dalam model PBL. Kegiatan ini sangat menekankan proses belajar aktif melalui pengalaman langsung.


Soal Nomor 3

Pertanyaan:
Seorang guru kelas 6 SD ingin mengajarkan tentang pentingnya pengelolaan sampah. Ia mengajak siswa untuk melakukan observasi ke lingkungan sekitar sekolah dan mencatat jenis-jenis sampah yang ditemukan. Setelah itu, siswa bekerja dalam kelompok untuk mencari solusi mengurangi sampah di sekolah. Peran guru dalam model PBL seperti ini adalah ...
Pilihan Jawaban:
A. Memberikan jawaban yang benar kepada siswa
B. Memastikan siswa mengikuti langkah-langkah yang ditentukan guru
C. Bertindak sebagai fasilitator yang membimbing proses berpikir siswa
D. Menyampaikan ceramah panjang sebelum siswa berdiskusi
E. Membatasi eksplorasi siswa agar tidak menyimpang dari topik
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Dalam PBL, guru bertindak sebagai fasilitator, bukan pemberi jawaban. Ia membantu mengarahkan, menstimulasi diskusi, dan membimbing proses eksplorasi siswa agar menemukan solusi sendiri.


Soal Nomor 4

Pertanyaan:
Anda merupakan seorang guru yang ingin mengajarkan tentang ekonomi sederhana kepada siswa kelas 5 SD. Anda memberikan sebuah pernyataan bahwa jika siswa memiliki warung kecil di depan rumah. Bagaimana cara mereka untuk mengatur uang hasil penjualan agar tetap bisa membeli stok barang. Model PBL dapat membantu siswa dalam pembelajaran ini dengan cara ...
Pilihan Jawaban:
A. Membantu siswa menghafal teori ekonomi lebih cepat
B. Mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi nyata
C. Mengurangi kebutuhan siswa untuk bertanya kepada guru
D. Menghindari pembelajaran berbasis diskusi
E. Mempercepat pemahaman karena guru langsung memberikan jawaban
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
PBL mendorong siswa berpikir kreatif, menyusun strategi, dan menemukan solusi terhadap masalah nyata seperti manajemen keuangan sederhana dari hasil usaha.


Soal Nomor 5

Pertanyaan:
Anda adalah seorang guru kelas 4 yang ingin mengajarkan konsep daur ulang dan pengelolaan sampah melalui PjBL. Anda ingin agar proyek yang diberikan memiliki dampak nyata bagi lingkungan sekolah. Proyek yang paling sesuai dengan prinsip PJBL adalah …
Pilihan Jawaban:
A. Siswa menghafal jenis-jenis sampah dan ujian teori tentang daur ulang
B. Siswa membaca buku tentang pengelolaan sampah dan membuat ringkasan
C. Siswa merancang dan menjalankan program pengelolaan sampah di sekolah, seperti bank sampah atau pembuatan kompos dari sisa makanan di kantin
D. Siswa menonton video tentang daur ulang tanpa melakukan aktivitas lanjutan
E. Guru memberikan tugas menulis esai tentang manfaat daur ulang tanpa adanya proyek praktik
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
PJBL menekankan pada proyek nyata dan kolaboratif. Merancang program pengelolaan sampah mencerminkan penerapan konsep dalam dunia nyata sekaligus membangun kesadaran lingkungan.


Soal Nomor 6

Pertanyaan:
Anda meminta siswa kelas 5 SD untuk membuat miniatur rumah ramah lingkungan dalam proyek mata pelajaran IPAS. Namun, beberapa siswa kesulitan memahami konsepnya dan kurang aktif dalam diskusi kelompok. Cara yang tepat untuk dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut adalah ....
Pilihan Jawaban:
A. Menyederhanakan proyek dengan meminta siswa menggambar rumah ramah lingkungan saja
B. Menjelaskan ulang konsep rumah ramah lingkungan dengan contoh konkret dan diskusi interaktif
C. Meminta siswa bekerja sendiri-sendiri agar lebih fokus
D. Menghapus proyek dan menggantinya dengan tugas tertulis
E. Memberikan nilai hanya kepada siswa yang aktif, tanpa memperhatikan kesulitan siswa lainnya
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Dalam pembelajaran berbasis proyek, penting bagi guru untuk membantu siswa memahami konsep secara konkret dan tetap melibatkan mereka secara aktif. Penjelasan ulang dan diskusi interaktif membantu mengatasi kesulitan siswa.


Soal Nomor 7

Pertanyaan:
Bu Inne telah melaksanakan proyek "Menanam Sayuran di Sekolah" bersama siswa kelas 2 SD. Setelah proyek selesai, ia ingin melakukan penilaian yang komprehensif terhadap keterampilan siswa. Jenis penilaian manakah yang paling tepat untuk digunakan?
Pilihan Jawaban:
A. Ujian tertulis tentang cara menanam sayuran
B. Observasi proses kerja siswa, rubrik penilaian keterampilan, dan refleksi siswa tentang pengalaman mereka
C. Memberikan nilai hanya berdasarkan hasil panen sayuran
D. Menilai proyek berdasarkan jumlah halaman laporan yang dibuat siswa
E. Menggunakan satu bentuk penilaian saja, misalnya hanya presentasi kelompok
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Penilaian dalam PjBL harus mencakup proses, keterampilan, dan refleksi siswa. Pendekatan ini memberikan gambaran utuh atas pembelajaran yang telah terjadi.


Soal Nomor 8

Pertanyaan:
Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa. Pernyataan berikut yang paling tepat menggambarkan perbedaan antara pembelajaran berdiferensiasi dengan pembelajaran individual adalah ....
Pilihan Jawaban:
A. Pembelajaran berdiferensiasi hanya dilakukan dalam kelompok besar
B. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan siswa belajar sesuai kemampuan, minat, dan kebutuhannya
C. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, semua siswa harus belajar secara mandiri
D. Pembelajaran berdiferensiasi memerlukan teknologi tinggi
E. Pembelajaran berdiferensiasi mengharuskan guru menghadapi siswa satu per satu
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Pembelajaran berdiferensiasi menyesuaikan proses, konten, dan produk berdasarkan kebutuhan belajar, bukan hanya untuk siswa berkebutuhan khusus.


Soal Nomor 9

Pertanyaan:
Berdasarkan karakteristik pembelajaran berdiferensiasi, pernyataan berikut yang paling tepat terkait konsep "menyediakan berbagai pendekatan dalam konten, proses pembelajaran, produk yang dihasilkan, dan lingkungan belajar" adalah ....
Pilihan Jawaban:
A. Hanya mengubah produk
B. Mengubah konten, proses, produk, dan lingkungan
C. Hanya proses yang disesuaikan
D. Tidak mengubah lingkungan belajar
E. Fokus hanya pada konten
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Pendekatan diferensiasi mencakup keempat aspek utama: konten, proses, produk, dan lingkungan, guna mengakomodasi gaya dan kebutuhan belajar siswa.


Soal Nomor 10

Pertanyaan:
Dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi, cara guru mengantisipasi keberagaman siswa dalam kelas menurut karakteristik "bersifat proaktif" dengan ....
Pilihan Jawaban:
A. Mengajarkan materi yang sama kepada semua siswa
B. Menunggu siswa kesulitan baru menyesuaikan
C. Merencanakan pembelajaran sejak awal berdasarkan kebutuhan siswa
D. Memberikan tugas tambahan tanpa mempertimbangkan kebutuhan
E. Menghindari pendekatan berbeda
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Pendekatan proaktif berarti guru menyesuaikan pembelajaran sebelum masalah muncul, berdasarkan asesmen awal kesiapan, minat, dan profil belajar siswa.


Soal Nomor 11

Pertanyaan:
Berdasarkan prinsip dasar pembelajaran berdiferensiasi, seharusnya kurikulum dirancang untuk mendukung keberagaman siswa di kelas dengan cara ....
Pilihan Jawaban:
A. Kurikulum harus sama untuk semua siswa
B. Kurikulum dirancang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan siswa
C. Kurikulum hanya untuk anak berkebutuhan khusus
D. Kurikulum mengutamakan kecepatan pencapaian
E. Kurikulum berfokus pada materi yang sama
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Kurikulum yang baik dalam pembelajaran berdiferensiasi harus fleksibel agar bisa menyesuaikan dengan kesiapan, minat, dan kebutuhan siswa.


Soal Nomor 12

Pertanyaan:
Menurut prinsip "pengajaran yang responsif" dalam pembelajaran berdiferensiasi, peran penting data asesmen dalam proses pengajaran adalah ....
Pilihan Jawaban:
A. Hanya untuk nilai akhir
B. Hanya digunakan di awal semester
C. Untuk menyesuaikan konten, proses, produk, dan lingkungan belajar
D. Untuk mengelompokkan siswa secara tetap
E. Hanya untuk laporan ke orang tua
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Data asesmen digunakan secara real-time untuk menyesuaikan pembelajaran sepanjang proses belajar berlangsung, bukan hanya di awal atau akhir.


Soal Nomor 13

Pertanyaan:
Bu Siti mengajar Matematika di kelas dengan siswa beragam. Ia memberi latihan lebih mudah bagi siswa yang kesulitan dan soal menantang bagi yang sudah menguasai. Pengaruh penyesuaian ini adalah ....
Pilihan Jawaban:
A. Siswa kesulitan jadi tertekan
B. Siswa belajar sesuai cara efektifnya
C. Siswa bingung dengan metode belajar
D. Siswa cepat bosan
E. Siswa merasa tidak dihargai
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Penyesuaian dalam proses pembelajaran meningkatkan pemahaman karena siswa belajar dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.


Soal Nomor 14

Pertanyaan:
Seorang guru menggunakan teks sederhana, grafik, dan video untuk mengajarkan sejarah kepada siswa yang beragam. Ini mencerminkan komponen pembelajaran berdiferensiasi yaitu ....
Pilihan Jawaban:
A. Penilaian berkelanjutan
B. Konten
C. Proses
D. Produk
E. Lingkungan belajar
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Guru menyajikan variasi dalam konten agar bisa diakses oleh semua siswa, sesuai dengan gaya belajar mereka.


Soal Nomor 15

Pertanyaan:
Seorang guru memberikan tujuan pembelajaran yang fleksibel dan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Langkah ini termasuk fase ....
Pilihan Jawaban:
A. Aktivitas belajar berdiferensiasi
B. Diskusi dan penyatuan konsep
C. Pemberian tujuan dan konteks
D. Refleksi
E. Penilaian berdiferensiasi
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Memberikan tujuan pembelajaran yang dapat dijangkau semua siswa adalah bagian dari fase awal pembelajaran: pemberian tujuan dan konteks.


Soal Nomor 16

Pertanyaan:
Dalam konteks pendidikan era digital, penerapan TPACK dapat memengaruhi peran guru dalam pembelajaran dengan ....
Pilihan Jawaban:
A. Fokus pada teknologi saja
B. Mengintegrasikan teknologi untuk mendukung konten dan proses belajar
C. Relevan hanya untuk mata pelajaran teknologi
D. Mengutamakan konten dibanding pedagogi
E. Mengabaikan perkembangan teknologi
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
TPACK menekankan integrasi teknologi, pedagogi, dan konten. Guru tidak hanya menguasai alat digital, tetapi menggunakannya secara tepat untuk pembelajaran efektif.


Soal Nomor 17

Pertanyaan:
Dalam kerangka kerja TPACK, integrasi CK, PK, dan TK memungkinkan guru untuk ....
Pilihan Jawaban:
A. Mengandalkan teknologi saja
B. Tidak berdampak besar
C. Merancang pembelajaran yang relevan dan menarik
D. Mengutamakan konten daripada pedagogi
E. TPK hanya untuk guru teknologi
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Integrasi ketiga komponen utama ini membuat guru mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan menarik bagi siswa.


Soal Nomor 18

Pertanyaan:
Penting bagi guru untuk menguasai CK, PK, dan TK dalam TPACK karena ....
Pilihan Jawaban:
A. Cukup menguasai satu komponen
B. Hanya perlu pedagogi
C. Ketiganya saling mendukung untuk pembelajaran efektif
D. Cukup memahami teknologi
E. CK dan PK tidak bisa digunakan tanpa teknologi
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Ketiga komponen dalam TPACK saling terkait dan harus diintegrasikan agar pembelajaran berjalan secara holistik dan efektif di era digital.


Soal Nomor 19

Pertanyaan:
Pendekatan integrasi teknologi dalam TPACK dapat meningkatkan keterlibatan siswa karena ....
Pilihan Jawaban:
A. Hanya mengurangi beban guru
B. Memberikan visualisasi interaktif dan relevan
C. Menggantikan peran guru
D. Digunakan hanya untuk administrasi
E. Digunakan hanya untuk hiburan
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Teknologi seperti video, simulasi, dan animasi membuat konsep menjadi lebih mudah dipahami dan meningkatkan motivasi belajar siswa.


Soal Nomor 20

Pertanyaan:
Dampak utama dari keterbatasan infrastruktur teknologi terhadap penerapan TPACK di kelas yaitu ....
Pilihan Jawaban:
A. Fokus ke metode tradisional
B. Mempermudah guru menggunakan teknologi
C. Menyulitkan penerapan TPACK
D. Meningkatkan kreativitas guru
E. Menggunakan teknologi non-digital
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Tanpa dukungan teknologi yang memadai, guru akan kesulitan mengimplementasikan pendekatan TPACK dalam pembelajaran.


Soal Nomor 21

Pertanyaan:
Penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika membantu siswa karena ....
Pilihan Jawaban:
A. Untuk hafalan rumus
B. Memberikan pengalaman visual dan interaktif
C. Mengurangi materi yang diajarkan
D. Mengurangi peran guru
E. Tidak cocok untuk geometri
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
GeoGebra membantu siswa memvisualisasikan konsep geometri secara interaktif sehingga lebih mudah dipahami dan menarik.


Soal Nomor 22

Pertanyaan:
Keuntungan utama penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika MI adalah ....
Pilihan Jawaban:
A. Untuk hafalan
B. Interaktif dan konkret
C. Mengurangi materi
D. Menggantikan guru
E. Tidak cocok untuk matematika
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Sama seperti soal sebelumnya, GeoGebra membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan relevan dengan kebutuhan belajar siswa.


Soal Nomor 23

Pertanyaan:
Dalam kerangka Deep Learning, guru sebaiknya merancang pembelajaran dengan ....
Pilihan Jawaban:
A. Fokus pada teknologi saja
B. Fokus pada teori
C. Mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi, kolaborasi, dan kemitraan
D. Terpusat pada guru
E. Fokus hanya pada kolaborasi
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Deep Learning mendorong keterlibatan aktif siswa, penggunaan teknologi, serta keterhubungan dengan kehidupan nyata dan komunitas.


Soal Nomor 24

Pertanyaan:
Guru dapat mengatasi keterbatasan kompetensinya dalam menerapkan prinsip mindful, meaningful, joyful dengan cara ....
Pilihan Jawaban:
A. Menghindari metode interaktif
B. Menggunakan penilaian tradisional
C. Meningkatkan keterampilan dan kolaborasi
D. Fokus pada teori
E. Mengabaikan pelatihan tambahan
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Guru perlu terus mengembangkan diri melalui pelatihan, refleksi, dan kolaborasi untuk mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.


Soal Nomor 25

Pertanyaan:
Hal yang harus diperhatikan dalam penilaian pembelajaran mendalam adalah ....
Pilihan Jawaban:
A. Fokus pada pilihan ganda
B. Gunakan rubrik untuk menilai proyek, refleksi, dan kolaborasi
C. Observasi sederhana saja
D. Fokus pada hafalan
E. Hindari proyek karena sulit diukur
Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Penilaian mendalam harus mencakup proses dan produk secara menyeluruh, menggunakan rubrik autentik agar pembelajaran bermakna dapat diukur dengan baik.


Bergabunglah dengan Komunitas Guru Belajar & Berbagi!

Untuk update soal terbaru, modul pembelajaran, serta diskusi antar guru se-Indonesia, silakan bergabung di kanal berikut:

Saluran WA Ruang Info Guru Kemdikdasmen : https://whatsapp.com/channel/0029VaruqvO5Ejxp6Q9CIo1D

Grup WA Ruang Info Guru Kemdikdasmen : https://chat.whatsapp.com/JWp4bMCvGilC9EqMMhW2zP

Grup Facebook INFO KEMDIKDASMEN PPG SIM PKB 2025 : https://www.facebook.com/groups/436184553443863/

Grup Telegram 1 : https://t.me/sharinggurubelajardanberbagi

Grup Telegram 2 : https://t.me/gurupembelajar

Posting Komentar untuk "PART 1 Soal Tes Akhir Modul (TAM) Pedagogik PPG Kemenag Guru Kelas MI"