1. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun
2010- 2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu
dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang
dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran
dibawah ini, kecuali .....
a. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
b. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
c. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
d. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.
e. Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa
2. Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk
berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun
meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima
surat,gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa
file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat
pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada
folder yang disediakan untuk itu disebut dengan....
a. Teleconverence
b. Email
c. Website
d. Chatting
e. Browsing
3. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip
alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi
antar- peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; danmemfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau apangandisebut kegiatan..............
a. Elaborasi
b. Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing
e. Contextual teaching learning
4. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi
pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melaluiberbagai sumber,
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar
pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melaluiberbagai sumber,
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar
5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan
bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal,
yaitudengan alur sebagai berikut ....
a. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3.respons peserta didik
untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
b. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta
didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta
didikuntuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
c. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap
responspeserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap
responspeserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
e. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugassebagai
undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta didik untuk
merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses
pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar
pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar
7. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah
ini
….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Bakat dan Minat siswa
e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
8. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
e. konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
e. konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
9. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada
rumusan….
a. kompetensi dasar
b. standar kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
e. sumber belajar
10. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang
menunjangpencapaian kompetensi dasar :
1. potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik
daerah
2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan
keluasan materi pembelajaran
4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5. relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan
antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 5, 6
c. 1, 2, 3, 5
d. 1, 2, 4, 5
e. 3, 4, 5, 6
Selengkapnya tentang 100 Soal UP PPG Daljab 2022 Pedagogik dan Kunci Jawaban bisa sahabat lihat pada file di bawah ini :
Posting Komentar untuk "100 Soal UP PPG Daljab 2022 Pedagogik dan Kunci Jawaban"