Asesmen Pra Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar |
Sebelum memulai program, Anda diharapkan mengisi Asesmen Pra Program yang bertujuan mengenali pemahaman dan kemampuan awal Anda. Pada akhir program, Anda bisa mengisi Asesmen Pasca Program dan membandingkan hasilnya dengan Asesmen Pra Program. Dengan demikian, pada akhir program Anda bisa mengetahui kemajuan pemahaman dan kemampuan Anda.
Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan
1. Apa cara belajar guru yang keliru?
Menunggu
instruksi dinas pendidikan
Mencari
dan mencoba sendiri di kelas
Menyisihkan
gaji untuk membeli buku
Bertanya
pada teman guru yang lain
2. Apa ukuran keberhasilan seorang guru
merdeka belajar?
Murid
menjadi juara olimpiade
Murid
bisa memberi kontribusi
Murid
lulus dengan nilai terbaik
Murid
mengalahkan murid lain
3. Apa makna yang paling menggambarkan merdeka
belajar?
Belajar
itu melibatkan
Belajar
itu kewajiban
Belajar
itu kebutuhan
4. Apa pepatah yang paling sesuai dengan semangat merdeka belajar?
Guru
itu digugu dan ditiru
Semua
murid semua guru
Guru
kencing berdiri, murid kencing berlari
Guru
adalah pahlawan tanpa tanda jasa
5. Apa pendapat yang keliru tentang merdeka
belajar?
Komitmen
pada tujuan adalah elemen merdeka belajar
Keterlibatan
murid merupakan kunci merdeka belajar
Merdeka
belajar membuat murid menentukan pilihan
Kebebasan
murid menjadi syarat merdeka belajar
6. Apa makna guru merdeka belajar?
Guru
mengatur sendiri tujuan, cara dan penilaian belajarnya
Guru
bebas menentukan kapan waktu belajar yang tepat
Guru
bebas belajar apa saja, di mana saja dan dengan siapa saja
Guru
mengatur sendiri proses belajar sesuai kemauannya
7. Bagaimana cara yang efektif bagi guru
merdeka belajar melakukan perubahan pendidikan?
Mengajukan
nama menteri pendidikan yang tepat
Melakukan
demonstrasi perubahan pendidikan
Menjadi
kepala dinas pendidikan di daerahnya
Melakukan
perubahan praktik pengajaran
8. Apa kondisi pendidikan yang diresahkan guru
merdeka belajar?
Para
murid yang belum merdeka belajar
Orangtua
yang tidak mau bekerjasama
Sarana
dan kondisi fisik di sekolahnya
Dampak
negatif perkembangan teknologi
9. Manakah dorongan yang tepat bagi guru
merdeka belajar mengikuti pelatihan guru?
Narasumber
pelatihan sudah terkenal
Mendapat
sertifikat untuk naik pangkat
Janji
menawarkan solusi mudah dan cepat
Topiknya
sesuai kebutuhan guru belajar
10. Apa yang menjadi penghambat utama guru
belajar?
Pekerjaan
guru yang bertumpuk banyak
Tidak
ada dari dukungan kepala sekolah
Tidak
ada dana pengembangan buat guru
Belajar
hanya menambah beban bagi guru
11. Mana cara yang sesuai dengan konsep merdeka
belajar untuk membuat guru mengubah praktik pengajarannya?
Memberi
insentif yang besar untuk semua guru yang bertugas
Memberi
surat tugas bagi guru untuk melakukan perubahan
Memberi
hukuman/sanksi bagi guru yang menolak perubahan
Mengembangkan
komunitas guru untuk melakukan perubahan
12. Bagaimana proses belajar bagi seorang guru
merdeka belajar?
Penunjukkan,
pelatihan, penerapan, pencapaian
Mencari
cara, mencoba, gagal sebelum berhasil
Pelatihan,
mempraktikkan hasil pelatihan, berhasil
Belajar
dari teman, praktik dan berhasil
13. Siapa narasumber terdekat bagi guru merdeka
belajar untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi pengajaran?
Ahli
pendidikan dari kampus ternama
Guru
yang telah terbukti berhasil
Pejabat
dari dinas pendidikan daerah
Peneliti
yang lengkap data penelitiannya
14. Bagaimana cara belajar yang efektif dalam
pelatihan guru?
Ceramah
yang panjang dengan presentasi yang lengkap
Banyak
kegiatan dan permainan yang menyenangkan bagi guru
Guru
bisa mencoba, mendapat umpan balik dan memperbaiki
Cara
apa pun yang penting dilakukan pelatih dari ahli atau ternama
15. Bagaimana relasi antar guru yang mendukung
pengembangan guru merdeka belajar?
Persaingan
antar guru yang menjadi sumber motivasi
Setiap
guru fokus pada tanggung jawabnya sendiri
Pengakuan
terbuka terhadap guru paling berprestasi
Kolaborasi
antar guru untuk mengembangkan diri
16. Apa yang dilakukan guru merdeka belajar
ketika ditugaskan di sekolah yang kondisinya buruk?
Menyampaikan
pengaduan ke dinas pendidikan
Mempengaruhi
rekan guru untuk berubah
Menyampaikan
keluhan pada rekan guru
Melakukan
protes ke media massa
17. Apa arti berbagi praktik pengajaran bagi
guru merdeka belajar?
Merugikan
karena membuat guru lain menjadi guru berprestasi
Menambah
beban pekerjaan guru yang sudah sangat banyak
Saling
belajar dan mendukung untuk perubahan pendidikan
Sangat
membantu guru untuk meringankan beban pekerjaan
18. Apa ukuran guru berprestasi?
Jumlah
kemenangan di perlombaan
Jumlah
piala yang berhasil diraih murid
Tanda
jasa berprestasi dari pemerintah
Jumlah
karya yang dihasilkan oleh guru
19. Siapa penanggung jawab pengembangan karier
guru merdeka belajar?
Kepala
sekolah dan pengawas
Guru
itu sendiri
Dinas
pendidikan daerah
Menteri
pendidikan
20. Apa makna karier bagi seorang guru merdeka
belajar?
Menjadi
kepala sekolah
Berkarya
dan berkontribusi
Mendapat
tunjangan tambahan
Meluluskan banyak murid
Demikianlah postingan tentang Asesmen Pra Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Lengkap Dengan Kunci Jawaban yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.
Salam Guru Belajar dan Berbagi
Posting Komentar untuk "Aktivitas 2 : Asesmen Pra Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Lengkap Dengan Kunci Jawaban"