Aktivitas 2 : Asesmen Pra Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Asesmen Pra Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar

Sebelum memulai program, Anda diharapkan mengisi Asesmen Pra Program yang bertujuan mengenali pemahaman dan kemampuan awal Anda. Pada akhir program, Anda bisa mengisi Asesmen Pasca Program dan membandingkan hasilnya dengan Asesmen Pra Program. Dengan demikian, pada akhir program Anda bisa mengetahui kemajuan pemahaman dan kemampuan Anda. 

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan Asesmen Pra Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Lengkap Dengan Kunci Jawaban

1. Apa cara belajar guru yang keliru?

 Menunggu instruksi dinas pendidikan

 Mencari dan mencoba sendiri di kelas

 Menyisihkan gaji untuk membeli buku

 Bertanya pada teman guru yang lain

 

2. Apa ukuran keberhasilan seorang guru merdeka belajar?

 Murid menjadi juara olimpiade

 Murid bisa memberi kontribusi

 Murid lulus dengan nilai terbaik

 Murid mengalahkan murid lain

 

3. Apa makna yang paling menggambarkan merdeka belajar?

  Belajar itu menyenangkan

 Belajar itu melibatkan

 Belajar itu kewajiban

 Belajar itu kebutuhan

 

4. Apa pepatah yang paling sesuai dengan semangat merdeka belajar?

 Guru itu digugu dan ditiru

 Semua murid semua guru

 Guru kencing berdiri, murid kencing berlari

 Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa

 

5. Apa pendapat yang keliru tentang merdeka belajar?

 Komitmen pada tujuan adalah elemen merdeka belajar

 Keterlibatan murid merupakan kunci merdeka belajar

 Merdeka belajar membuat murid menentukan pilihan

 Kebebasan murid menjadi syarat merdeka belajar

 

6. Apa makna guru merdeka belajar?

 Guru mengatur sendiri tujuan, cara dan penilaian belajarnya

 Guru bebas menentukan kapan waktu belajar yang tepat

 Guru bebas belajar apa saja, di mana saja dan dengan siapa saja

 Guru mengatur sendiri proses belajar sesuai kemauannya

 

7. Bagaimana cara yang efektif bagi guru merdeka belajar melakukan perubahan pendidikan?

 Mengajukan nama menteri pendidikan yang tepat

 Melakukan demonstrasi perubahan pendidikan

 Menjadi kepala dinas pendidikan di daerahnya

 Melakukan perubahan praktik pengajaran

 

8. Apa kondisi pendidikan yang diresahkan guru merdeka belajar?

 Para murid yang belum merdeka belajar

 Orangtua yang tidak mau bekerjasama

 Sarana dan kondisi fisik di sekolahnya

 Dampak negatif perkembangan teknologi

 

9. Manakah dorongan yang tepat bagi guru merdeka belajar mengikuti pelatihan guru?

 Narasumber pelatihan sudah terkenal

 Mendapat sertifikat untuk naik pangkat

 Janji menawarkan solusi mudah dan cepat

 Topiknya sesuai kebutuhan guru belajar

 

10. Apa yang menjadi penghambat utama guru belajar?

 Pekerjaan guru yang bertumpuk banyak

 Tidak ada dari dukungan kepala sekolah

 Tidak ada dana pengembangan buat guru

 Belajar hanya menambah beban bagi guru

 

11. Mana cara yang sesuai dengan konsep merdeka belajar untuk membuat guru mengubah praktik pengajarannya?

 Memberi insentif yang besar untuk semua guru yang bertugas

 Memberi surat tugas bagi guru untuk melakukan perubahan

 Memberi hukuman/sanksi bagi guru yang menolak perubahan

 Mengembangkan komunitas guru untuk melakukan perubahan

 

12. Bagaimana proses belajar bagi seorang guru merdeka belajar?

 Penunjukkan, pelatihan, penerapan, pencapaian

 Mencari cara, mencoba, gagal sebelum berhasil

 Pelatihan, mempraktikkan hasil pelatihan, berhasil

 Belajar dari teman, praktik dan berhasil

 

13. Siapa narasumber terdekat bagi guru merdeka belajar untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi pengajaran?

 Ahli pendidikan dari kampus ternama

 Guru yang telah terbukti berhasil

 Pejabat dari dinas pendidikan daerah

 Peneliti yang lengkap data penelitiannya

 

14. Bagaimana cara belajar yang efektif dalam pelatihan guru?

 Ceramah yang panjang dengan presentasi yang lengkap

 Banyak kegiatan dan permainan yang menyenangkan bagi guru

 Guru bisa mencoba, mendapat umpan balik dan memperbaiki

 Cara apa pun yang penting dilakukan pelatih dari ahli atau ternama

 

15. Bagaimana relasi antar guru yang mendukung pengembangan guru merdeka belajar?

 Persaingan antar guru yang menjadi sumber motivasi

 Setiap guru fokus pada tanggung jawabnya sendiri

 Pengakuan terbuka terhadap guru paling berprestasi

 Kolaborasi antar guru untuk mengembangkan diri

 

16. Apa yang dilakukan guru merdeka belajar ketika ditugaskan di sekolah yang kondisinya buruk?

 Menyampaikan pengaduan ke dinas pendidikan

 Mempengaruhi rekan guru untuk berubah

 Menyampaikan keluhan pada rekan guru

 Melakukan protes ke media massa

 

17. Apa arti berbagi praktik pengajaran bagi guru merdeka belajar?

 Merugikan karena membuat guru lain menjadi guru berprestasi

 Menambah beban pekerjaan guru yang sudah sangat banyak

 Saling belajar dan mendukung untuk perubahan pendidikan

 Sangat membantu guru untuk meringankan beban pekerjaan

 

18. Apa ukuran guru berprestasi?

 Jumlah kemenangan di perlombaan

 Jumlah piala yang berhasil diraih murid

 Tanda jasa berprestasi dari pemerintah

 Jumlah karya yang dihasilkan oleh guru

 

19. Siapa penanggung jawab pengembangan karier guru merdeka belajar?

 Kepala sekolah dan pengawas

 Guru itu sendiri

 Dinas pendidikan daerah

 Menteri pendidikan

 

20. Apa makna karier bagi seorang guru merdeka belajar?

 Menjadi kepala sekolah

 Berkarya dan berkontribusi

 Mendapat tunjangan tambahan

 Meluluskan banyak murid

Demikianlah postingan tentang Asesmen Pra Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Lengkap Dengan Kunci Jawaban yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Salam Guru Belajar dan Berbagi

Posting Komentar untuk "Aktivitas 2 : Asesmen Pra Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Lengkap Dengan Kunci Jawaban"